APLIKASI ANAVIGO (2)

Siap Membantu Pengendara, Begini Caranya

0
6
Seorang teknisi AstraWorld  memperbaiki mesin mobil pelanggan. (Sumber foto: AstraWorld)    

Kenapa hanya pemilik mobil Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot yang  dapat menggunakan perangkat lunak ini? Apa sih  syaratnya menjadi member?

Seorang teknisi AstraWorld  memperbaiki mesin mobil pelanggan. (Sumber foto: AstraWorld)

AstraWord menurunkan tim teknisinya yang berjumlah 1.752 orang untuk membantu masyarakat yang mudik mau pun setelah berlebaran (2017) di berbagai tempat di Jawa dan Bali. Tahun 2017, AstraWorld menyiapkan 3 menu tambahanik berupa fitur Pos SiagaBengkel Siaga,  dan Mudik Hondabentuk pelayanan baru setelah memulainya pada tahun 2016 .

Dengan menggunakan 3 fitur itu, para  pelanggan atau pengendara mudah mengetahui lokasi pos Siaga Astra dan lokasi bengkel resmi Astra di lokasi-lokasi  tertentu di sepanjang jalan yang dilintasi kendaraan. Bahkan pengguna sepeda motor HONDA melalui smartphone dapat mengetahui lokasi Balai Santai Honda yang disediakan oleh Astra.

Advertisement

Sedangkan fitur traffic report berguna bagi setiap customer  untuk mendapatkan informasi yang membantu selama berkendara. Informasi yang update itu berasal dari channel terpercaya milik TMC Polda atau dari layanan MMS. Fitur bantuan darurat kendaraan online AstraWorld yang dapat diakses melalui Panic Button dikembangkan sebagai fitur Car Emergency dalam aplikasi Anavigo.

Para pelanggan dilayani melalui pusat pengendali yakni customers service center yang berlokasi di kantor pusat Astra.  Pengendalian semua pengembangan dan monitoring operasional dikelola di kantor pusat sementara penggunanya bisa saja berloksi di daerah  Jawa, Bali, Medan, Balikpapan,  dan Makassar. Menurut Bambang Gunawan CEO  AstraWord, pihaknya terus mengembangkan konsep pelayanan berbasis plikasi Anavigo agar mudah diakses dari seluruh kawasan Indonesia.

Setiap gangguan teknis yang menimpa kendaraan milik anggota AstraWord dapat meminta bantuan melalui car emergency yang terdapat di aplikasi Anavigo. Bahkan pengendara dapat menghubungi nomor 1500898 tanpa menggunakan kode area jika terjadi sesuatu terhadap kendaraan seperti cara mengatasi gangguan alarm di dalam mobil.

Apakah ada semacam alat yang dipasang dalam mobil yang menjadi anggota AstraWorlddan bagaimana sistem kerjanya? Apakah setiap alat dan sistem sama atau berbeda sesuai dengan jenis/tipe kendaraan? Bambang menjelaskan bahwa pihaknya, menggunakan sistem database kendaraan yang dianalisis secara rutin dalam tiap interaksi dengan Astra—baik di bengkel atau pun saat memerlukan bantuan darurat.

Sebaiknya bergabung dengan AstraWorld

Dengan sistem database,  tim teknisi AstraWord mudah melihat dan mengetahui kondisi mobil yang digunakan oleh customer. Akan tetapi, meski seseorang memiliki dan sedang menyetir mobil Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, danatau Peugeot, namun jika mobil itu belum terdaftar sebagai anggota  AstraWord maka pemiliknya belum dapat menggunakan pemesanan pelayanan melalui aplikasi Anavigo. Oleh karena itu, pemilik mobil merk di atas, sebaiknya bergabung dengan AstraWord.

Keanggotaan AstraWorld bersifat otomatis yang diberikan saat membeli mobil melalui  jaringan dealer resmi Astra International. Keanggotaan berlaku selama 5 tahun sejak hari pembelian mobil. Setiap anggota AstraWorld memperoleh pelayanan yang istimewa untuk dapat memanfaatkan layanan Emergency Roadside Assistance AstraWorld dan tanpa biaya. Jadi, syarat utama ya pemilik mobil harus menjadi anggota dan mobil berada di wilayah cakupan yang dapat dijangkau oleh aplikasi Anavigo.

Baca juga :   Kemudahan Memindahkan Data dari Cloud

Apa saja data yang harus didaftarkan di database AstraWorld? Data mobil meliputi nomor VIN/chassis dan  nomor polisi mobil. Bagaimana jika kepemilikan mobil pindah tangan? Jangan kuatir. Menurut Bambang, sebelum batas waktu 5 tahun tersebut habis, pemilik berikutnya tetap dapat menikmati layanan AstraWorld secara gratis.

Setelah 5 tahun, pemilik kendaraan dapat memperpanjangn waktu keanggotaan secara tahunan. Apakah setiap pemilik mobil diterima menjadi anggota AstraWorld? Pemilik dapat menggunakan layanan AstraWorld asalkan mobil itu bermerk Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot dalam naungan bendera Astra. Secara khusus layanan darurat AstraWorld diberikan kepada brand otomotif dengan bendera Astra. Pemberian itu merupakan nilai tambah dan peace of mind on the road—memperkuat layanan Astra kepada pelanggan yang menggunakan produk Astra.

AstraWorld memberikan nilai tambah kepada pemilik kendaraan yang membeli mobil di dealer resmi PT Astra International Tbk. Oleh karena itu, AstraWorld untuk saat ini secara khusus hanya melayani pemilik kendaraan yang dijual oleh Astra.

Jumlah anggota AstraWorld mencapai lebih dari 1,7 juta yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Medan, Padang, Palembang, Lampung, Jabodetabek, Serang, Bandung, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Yogya, Solo, Surabaya, Malang, Madiun, Kediri, Jember, Denpasar, Makassar, Manado, dan Banjarmasin.

Aplikasi Anavigo dapat membantu setiap pengendara atau pemilik untuk merencanakan perjalanan melalui fitur trip plan dan caranya pun mudah. Saat merencanakan suatu perjalanan, setiap pengguna aplikasi dapat memilih tujuan, rute yang mau ditempuh, hari/tanggal keberangkatan, dan mengisi lokasi-lokasi yang hendak disinggahi oleh pengendara.

Misalnya, Anda membutuhkan lokasi restoran, ATM, tempat ibadah, obyek rekreasi atau hotel yang akan diinapi tinggal isi. Dan fitur trip plan akan me-reminder pengguna aplikasi saat di perjalanan mau pun ketika kendaraan mendekati lokasi yang dituju. Bagaimana jika panduan yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan misalnya ada hambatan karena kondisi jalan?

Jangan kuatir, jika suatu hambatan itu sudah diketahui dan diumumkan resmi oleh TMC Polda, maka secara otomatis  informasi itu telah tersedia di fitur Traffic Report. Akan tetapi, jika suatu hambatan bersifat insidensial pengguna, maka pengguna aplikasi dapat melaporkan hambatan yang ditemukan melalui fitur Traffic Report tersebut agar informasi tersebut juga didapatkan oleh pengguna lainnya.  Artinya, pengendera yang menyebarkan informasi telah berbuat baik kepada para pengguna kendaraan lainnya.

 

Advertisement

Tulis Opini Anda