Semuanya Terkendali

0
7

Bernhard Kuttkat

Kinerja sarana produksi modern juga tergantung pada bagaimana mesin dan sistem jepitan benda kerja dikoordinasikan satu sama lain. Machining center dan mesin bubut hanya menjadi sangat produktif bila jepitan dan tatal membentuk sebuah simbiosis kinerja yang kuat.

Sistem tegangan vakum dapat dioperasikan dengan kompresi udara - dan tanpa venturi eksternal – dan juga dengan pompa vakum.

Setiap rantai proses bergantung pada kekuatan sambungannya. Mengacu pada cutting berarti: penjepit benda kerja yang optimal merupakan persyaratan mutlak untuk memanfaatkan potensi kinerja dari mesin tool. Cepat, akurat, dan dan mudah diadaptasikan dengan sedikit usaha. Oleh karena itu, banyak produsen clamping membuat sistem yang modular yang memungkinkan pengguna untuk mengubah sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan dalam waktu sesingkat mungkin. Persyaratan ini diperlukan untuk machining center yang bekerja multisisi dan bebas gangguan dan akses tak terhalang pada benda kerja.

Klem sentris Quadrok memungkinkan lima fungsi tegangan yang berbeda: dasar sekrup, sentris, dasar sekrup ganda, sentris dan dasar sekrup ganda dan juga sentris ganda.
Advertisement

Peralatan klem standar dapat menggantikan solusi-solusi khusus

Produsen peralatan klem telah berusaha keras membuat penjepitan benda kerja lebih efisien. Di masa mendatang, user depan dapat mengirit solusi-solusi khusus yang mahal dan kompleks, ujar Marbach, spesialis clamping hornbeam yang mengacu pada penjepit dual sentris Quadrok baru, yang cukup kuat pada machining lima-sisi dan berfungsi untuk selalu menyesuaikan benda kerja. ”Tegangan empat sisi yang terlampir, tegangan yang sangat pendek dan nilai pengurangan tegangan maksimal oleh mekanisme bawah aktif dengan ukuran benda kerja maksimal 250 mm × 250 mm adalah hal yang menarik dari semua clamp praktis ini, yang memungkinkan untuk memudahkan potongan-potongan bekerja maksimal seperti bagian penuangan yang kompleks,” kata manajer produk Daniel Schadt. Pengguna memiliki pilihan antara lima fungsi clamp yang berbeda: visa, konsentris, dual visa, sentries dan sentries ganda. Dan tidak soal apakah pemrosesan sisi pertama atau kedua, Quadrok mencakup semua – sangat fleksibel, baik dari luar maupun dalam. Juga, tegangan chuk atau mandrel dapat dicapai dengan itu. ”Pengguna memproduksi dengan sistem klem baru tidak hanya lebih cepat dan lebih fleksibel, tapi juga jelas lebih hemat biaya,” janji Schadt.

Sistem tegangan modular juga tersedia dalam varian jembatan dan menara dengan modul tegangan yang terkendali secara individual berjumlah hingga dua belas modul.

 

Sistem klem multi dan kompak klem sangat diperlukan oleh banyak perusahaan dan perangkat  klem standar serbaguna dalam produksi modern. Q2cube Automatische Spannsysteme GmbH & Co. KG di Muggensturm telah mengembangkan beberapa sistem klem modular yang dapat digunakan dengan sangat fleksibel. Seperti dijelaskan, perbedaan dengan yang sebelumnya, sistem klem konvensional, adalah rancangan sistem klem modular ini dilengkapi dengan unit rotasi tambahan. Sebagai hasil dari proses rotasi ini alur kerja bahkan untuk jumlah menengah dan kecil mendapat pengurangan biaya. Ketika memproses dalam jumlah besar dan produksi massal, sistem klem pada machining center dilengkapi dengan sistem otomasi. Desain sistem modular ini memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan individual.

Dua chuck pneumatik dikontrol secara penuh oleh unit kontrol Elke 24/2 F, dengan tekanan dan pengukuran diferensial tekanan yang dapat mendeteksi kebocoran sangat kecil dan kesalahan lain.

Sistem klem vakum  menguncil lembaran dan part-part tipis

Pengkleman benda kerja pada machining center sering membawa kesulitan, misalnya, ketika material pelat atau part-part tipis direntangkan. Terutama pelat-pelat benda kerja non-magnetik, seperti aluminium atau baja tahan karat, selalu menimbulkan masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah. Di sini, sistem klem vakuum dapat memainkan peran untuk menguatkan. Terutama karena material-material baru dan benda kerja memiliki struktur tipis dan ringan, maka hanya akan ekonomis bila dihubungkan dengan teknologi sistem klem vakum.

 

Oleh karena itu, AMF Andreas Maier GmbH & Co KG mengembangkan sistem klem vakum baru. ”Sistem kami dapat dioperasikan dengan udara terkompresi – tanpa nosel venturi eksternal – sebagaimana juga bisa dioperasikan dengan pompa vakum,” kata manajer produk AMF Wilfried Braun. Venturi yang terintegrasi memungkinkan klem yang aman, hemat biaya dengan udara kompresi dari jaringan. ”Jika udara kompresi tidak tersedia, Anda dapat menggunakan pompa vakum eksternal tanpa modifikasi,” kata Willfried. Pada piringan tegangan vakuum yang hanya setinggi 40 mm dari aluminium kekuatan tinggi disediakan hingga sembilan sedotan yang saling berhubungan satu sama lain dan secara individu harus ditutup untuk kekuatan tinggi ke benda kerja. Dengan cara ini, bagian dengan klem kemudian dapat diproses dengan hanya satu klem pada benda kerja. Potongan dapat diposisikan dengan mudah dengan bantuan bor terintegrasi untuk sisi yang dapat dengan mudah diubah.

Baca juga :   Bagaimana Mesin Frais Membuat Perkakas yang tak Beraturan?

 

Klem fleksibel mengurangi waktu persiapan dan penyempurnaan

Sasaran dari semua pengembangan, dengan kemudaham menggunakan klem untuk meminimalkan waktu persiapan dan penyempurnaan – dan ini berlaku untuk proses bubut. Karena penurunan ukuran dalam produksi, muncul kecenderungan terhadap klem yang fleksibel dan berubah secara otomatis bahkan untuk ukuran yang kecil.

 

Markus Michel Berger, direktur marketing Schunk GmbH & Co KG mengatakan, ”Sistem yang ada di pasar belum memenuhi persyaratan ini sepenuhnya. Di sini jelas terletak potensi untuk pengembangan yang memang sedang dikerjakan oleh Schunk, hingga akhir tahun kaimt harus mampu mengintroduksi sebuah solusi.” Tren lain, kata Michel, adalah bubut yang hemat pemeliharaan – terutama dalam produksi seri besar, ”Schunk telah mengembangkan chuck dengan tiga dan enam jaw Rota NCS yang dapat digunakan dalam kondisi optimal sampai dengan enam bulan dalam keadaan terus beroperasi.”

Pendulum jembatan Inozet sudah terpasang dalam beberapa menit menutupi seluruh area tegangan.

Sudah jelas bahwa kombinasi yang sempurna mesin tool dan klem merupakan syarat penting untuk mencapai efisiensi maksimum. Para user pelat jepit tiga dengan klem enam titik mengetahui masalah ini: polusi dari mekanik pendulum di mana efek pendulum ini dicabut. ”Masalah lain adalah pendulum jepit hanya menutup sedikit saja karena sifat-sifat geometrisnya,” kata Volker Henke, Managing Director HWR Spanntechnik di Oyten, dan menawarkan Inozet sebagai solusi yang dapat dipasang hanya dalam beberapa menit saja pada dasar jepit yang tersedia. Seperti dijelaskannya, ini dapat dimasukkan pada ayunan jembatan atas konsentris rahang gigi terus menjalankan standar “. ”Hal ini dapat ditutupi dengan pendulum jepit kami dan menetapkan set jepit standar di seluruh area chip, terutama saat peregangan benda kerja dan bagian kosong non-lingkaran pendulum Inozet dapat memainkan perannya.

 

Control unit monitors the pneumatic chuck

During tensioning, however, it is not just about work pieces to be fixed quickly and easily, but also safe. And in this respect, it is turning for improvement, knows Michel Berger: “Everyone on the market pneumatic lathe chucks have gaps when it comes to control them with maximum security and is based on the demands of customers.”

 

Unit kontrol memonitor chuck (pelat cakar) pneumatik

Namun, selama tekanan tidak hanya menyangkut benda kerja yang bisa diperbaiki dengan cepat dan mudah, tapi juga aman. Dan dalam hal ini, terdapat perbaikan, jelas Michel Berger: ”Semua orang di pasar chuck bubut pneumatik memperlihatkan kesenjangan ketika diaktifkan dengan keamanan maksimum dan didasarkan pada kebutuhan pelanggan.”

Chuck-chuck pneumatic dirancang bukan beroperasi pada suatu kondisi yang tersuplai udara secara permanen. Untuk alasan ini masalah keamanan harus dapat dipercaya selama proses tegangan, dan bahwa menangani cara apa pun yang berbeda yang digunakan pelanggan. ”Dengan unit kontrol baru kami Elke 24/2F, ini dimungkinkan dengan standar-standar baru,” kata Michel Berger. ”Itu bisa mengendalikan satu atau dua chuck dalam lima mode yang berbeda.” Unit kontrol memiliki sebuah pertanyaan keamanan ganda terintegrasi: Dengan tekanan dan pengukuran diferensial tekanan, kebocoran sangat kecil dan kesalahan lain dapat terdeteksi. ”Sebagai sorotan, dapat diintegrasikan sebuah pemantauan radio nirkabel sehingga chuck dapat dipantau terus selama beroperasi, dan menjadi satu kekhasan di pasar,” jelas Michel Berger. (MM/gesamt 001-2010 p-53-55)

Advertisement

Tulis Opini Anda