Saringan untuk Pendonoran Darah

0
2

Pengawetan darah bisa menyelamatkan banyak nyawa. Di Jerman, sebuah peraturan yang dibuat pada tahun 2001 menetapkan bahwa intisari yang dihasilkan dari darah yang didonorkan haruslah disaring untuk mengurangi jumlah kandungan sel darah putihnya.

140410-09a

Darah menyelamatkan hidup banyak orang, namun kualitas darah harus dijaga seperti serangan penyakit “demam sapi” melalui tranasfursi darah. (Sumber foto: http://i.telegraph.co.uk/)

Advertisement

Para ilmuwan Fraunhofer Institute for Manufacturing Engineering and Automation IPA telah mengembangkan suatu sistem pengawasan penyaringan yang memastikan bahwa darah tertentu mempunyai kualitas yang sempurna.

Sebanyak 24 unit darah yang disimpan bisa disaring dan diawasi hanya dalam sekali kerja. Sensor-sensor optik mendeteksi aliran darahnya. Durasi dari masing-masing proses penyaringan individual, yang mempunyai suatu pengaruh besar terhadap kualitas darah, didokumentasikan di dalam sebuah simpanan data.

Setelah proses penyaringan dimonitor dengan cara ini, data tersebut dialihkan pada sistem penjaminan kualitas bank darah dan lalu diarsip.

Sistem tersebut dikembangkan melalui kerja sama dengan lembaga pusat pengobatan transfusi, dan sudah digunakan oleh rumah sakit Katharinen di Stuttgart. (Fraunhofer)

Baca juga :   Manfaat Software bagi Kemenangan Red Bull
Advertisement

Tulis Opini Anda