Saluran-Saluran yang Sangat Tipis

0
2
Mikrostruktur
GambarMikrostruktur komponen gelas dengan menggunakan proses ISLE (foro/@:Fraunhofer ILT)

Chip-chip biologi dengan saluran-saluran mikrober diameter 100 mikrometer, yang sama tipisnya dengan sehelai rambut manusia, digunakan untuk perlengkapan tes medis gawat darurat.

Mikrostruktur
GambarMikrostruktur komponen gelas dengan menggunakan proses ISLE (foro/@:Fraunhofer ILT)

Saluran-saluran yang tipis itu mewadahi setetes kecil cairan yang pada umumnya adalah darah, untuk dianalisis dengan bantuan perlengkapan medis khusus. Chip-chip biologi itu dibuat dari bahan plastik yang digunakan untuk jenis aplikasi ini. Namun, bahan-bahan dari plastik bisa bercampur dengan cairan yang dites dan mengacaukan hasil-hasil tes.

Sebaliknya, chip-chip yang dibuat dari kaca secara kimiawi bersifat netral. Namun, hingga saat ini tidaklah ada proses manufaktur pembuatan saluran-saluran mikro di dalam komponen-komponen kaca.

Advertisement

Proses In-volume Selective Laser Etching (ISLE) yang dikembangkan oleh Fraunhofer Institute for Laser Technology ILT membuat struktur-struktur berukuran mikrometer bisa dibuat di dalam bahan-bahan yang transparan seperti kaca silika, kacaboro silika, safir, dan jamrud.

Tantangan yang terbesarnya adalah untuk menghindari rusaknya kaca. Maklum proses kerjanya menghasilkan tekanan-tekanan tinggi yang bisa menyebabkan bahan kaca dan plastik terpecah sehingga komponennya tidak bisa dipakai lagi. (Sumber: Fraunhofer.de/magazine)

Baca juga :   Menemukan Informasi Lebih Cepat
Advertisement

Tulis Opini Anda