Robot Ubah Energi Cair Menjadi Mekanis

0
6
Sebuah robot atomatis mengembalikan bagian yang rusak dengan pisau turbin pada tempat pengasahan. (Foto/@: IWT TU Berlin)

Kompresor dan pisau-pisau turbin adalah komponen-komponen penting di dalam mesin pesawat dan turbin-turbin gas. Turbin mengubah energi cair menjadi energi mekanis. Turbin-turbin tersebut memastikan bahwa mesin-mesin pesawat menghasilkan daya dorong yang diperlukan dan generator pembangkit listriknya menghasilkan listrik yang memadai.

Sebuah robot atomatis mengembalikan bagian yang rusak dengan pisau turbin pada tempat pengasahan. (Foto/@: IWT TU Berlin)
Sebuah robot atomatis mengembalikan bagian yang rusak dengan pisau turbin pada tempat pengasahan. (Foto/@: IWT TU Berlin)

Sering terjadi pelepasan dan erosi pada saat pendaratan pesawat yang sulit di bandara atau pendaratan darurat. Akibatnya, benda-benda besar—berupa kompeonen—berukuran besar masuk ke ruang mesin dan hal itu dapat menghalangi kinerja mesin pesawat. Keadaaan itu bahkan bisa menyebabkan komponen-komponen yang secara geometris demikian rumit—sebagian besar terbuat dari baja bercampur titanium atau nikel—membengkok atau patah dan tentu saja rusak sehingga tidak berfungsin lagi.

Sebuah pisau turbin harganya ribuan euro. Jika sebuah pesawat memerlukan 80 pisau dan suatu hari rusak, maka biaya untuk pengadaan ke-80 pisau yang baru, hal itu menyebabkan operator pesawat menderita kerugian yang besar. Kenapa tidak memperbaiki pisau saja? Biaya perbaikan 80 pisau hanya membutuhkan biaya setengah dari biaya untuk membeli perangkat pengganti. Yang menjadi masalah baru adalah proses perbaikan karena sangat rumit dan membingungkan. Apakah para ahli mengerjakan bagian-bagian yang rusak dengan tangan atau dengan peralatan-peralatan mesin yang diadaptasi secara khusus?

Advertisement

Untuk mengatasi keadaan sulit itu, para peneliti Fraunhofer Institute for Production Systems and Design Technology IPK (Berlin) bekerja sama dengan Institute of Institute for Machine Tools and Factory Management IWF lembaga milik Technische Universität  (Berlin) bekerja sama dengan para ahli di bebeapa  industri manufaktur penghasil mesin turbo. Perusahaan itu adalah   MAN, MTU, Rolls-Royce, dan Siemens.

Baca juga :   Rosetta Eksplorasi Tata Surya

Tim ahli mengembangkan sebuah teknik otomatisasi yang dibantu oleh robot. Para ilmuwan tidak hanya mengusahakan agar langkah-langkah proses individual menjadi sesuai dengan otomatisasi. Mereka juga mengembangkan suatu prosedur sehingga robot dapat melewati beberapa stasiun perbaikan di dalam sebuah sel produksi tunggal. Teknik tersebut membersihkan komponen yang rusak, mengukur geometri, mencari kerusakan, dan memengaruhi perbaikan mesin. (Sumber: Fraunhofer.de/magazine)

Advertisement

Tulis Opini Anda