Robot Bawah Air dengan Sensor Sentuhan

0
10
Model robot bawah air dengan sensor sentuhan. (Sumber foto/©: DFKI Bremen)
Model robot bawah air dengan sensor sentuhan. (Sumber foto/©: DFKI Bremen)
Model robot bawah air dengan sensor sentuhan. (Sumber foto/©: DFKI Bremen)

Robot bawah air melakukan sejumlah tugas laut yang berbeda, termasuk pemeliharaan alat pengeboran lepas pantai dan pengumpulan sampel sedimen. Kemudian, para peneliti berusaha untuk melengkapi robot dengan sensor sentuh sehingga mereka dapat menyesuaikan diri lebih baik di bawah laut. Sensor akan membantu untuk mendeteksi lingkungan sekitarnya secara mandiri, bahkan pada kedalaman air laut.

Pengukur yang persis tepat adalah komponen kunci dari kemampuan yang memadai ini. The German Research Center for Artificial Intelligence (DFKI) telah mengembangkan sebuah model robot di mana para ilmuwan dari Fraunhofer Institutefor Manufacturing Engineering and Applied Materials Research IFAM di Bremen telah menempatkan banyak pengukur yang persis tepat tersebut. Jika robot menyentuh sesuatu, satu atau lebih pengukur ini menjadi cacat dan merubah hambatan listrik mereka. Sebuah fitur khusus dari pengukur yang semacam itu adalah dengan mencetak pengukurnya di atas substrat, alih-alih menggunakan perekat. Sensor-sensornya dikemas untuk melindungi mereka dari air garam.

Untuk menghasilkan pengukur yang persis tepat, para ilmuwan penelitian menyemprotkan suatu cairan larutan yang mengandung nanopartikel untuk membuat aerosol. Sebuah sistem software memandu aliran aerosol ke posisi yang tepat. Gas yang disemprot terbungkus dan dipastikan bahwa gasnya itu tidak menyebar.

Advertisement

Sumber: Diolah dari Underwater robots with a sense of touch, Fraunhofer

Baca juga :   Pegangan yang Hangat
Advertisement

Tulis Opini Anda