Reproduksi Gloss Tinggi Dengan Teknologi Sederhana

0
7

Josef Kraus

Proses finishing implan sambungan membutuhkan permukaan gloss yang mengkilap yang dapat direproduksi, tidak tergantung dari kontur permukaan. Ini adalah teknologi proses yang sederhana.

Sebuah instalasi penggilingan memungkinkan pengolahan implan individu dengan sedikit usaha dalam penyesuaian kontur seperti pada grinding dan polishing mekanis dan yang disokong oleh robot.

Endoprosthesis adalah sendi buatan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan bio-kompatibel. Ia terinspirasi dari bentuk dan fungsi “asli” dan mengganti permukaan tulang rawan yang rusak. Jadi, implan sendi lutut terdapat pada bagian atas dan bawah tulang kaki, dari logam – lengkap dengan tatahan geser atau inlay dari polietilen. Di antara mereka, tidak boleh ada yang mengganggu gerakan. Hal ini mensyaratkan area kontak yang sangat rata/halus dan mengkilap pada bagian pengecoran pada paha atas.

Advertisement

Pada permukaan, kekasaran Ra yang berlaku maksimum 0,05 mikron. Bidang kontak tidak hanya bersinar, namun juga mencerminkan. Ketika Anda berjalan, Anda mendapatkan/ merasakan efek permukaan yang dibutuhkan dalam tahap produksi multi-proses yang dikombinasikan: pada grinding kasar, grinding halus dan polesan sangat mengkilap. Untuk penggunaan terdapat instalasi grinding seret, di mana implan sendi ditegangkan dalam pegangan dan berputar di sekitar sumbunya sendiri. Sepanjang permukaan yang tenggelam sejumlah besar alat grinding atau polishing kecil bergerak secara otomatis.

Menurut penjelasan produsen peralatan, ini merupakan proses yang lebih sederhana dan aman. Hal ini didukung oleh proses teknis, dimana permukaan kilap cermin dapat diproduksi kembali. Kondisi untuk dapat direproduksi adalah sebuah argumen penting. Ragam bagian dan varian yang tinggi dari implan sendi menuntut sebuah proses permukaan yang sesuai untuk setiap bagiannya. Di sini terlihat keuntungan dari grinding seret: dalam penyesuaian “otomatis” dari grinding dan polishing dengan bentuk benda kerja masing-masing, kata Christopher Cruse, Sales Manajer Walther Trowal GmbH & Co KG, Hahn.

Kemampuan penyesuaian otomatis ini menyederhanakan kontrol proses. Ini menghilangkan gerakan alat/perangkat kerja yang kompleks, seperti yang diperlukan dalam proses dengan robot atau mesin CNC. Hasilnya adalah gambar grinding atau polishing tanpa jeda. Tidak seperti mesin penggiling konvensional atau robot-baris, untuk bagian berbentuk kompleks tidak terdapat perubahan kontur, kata Rüdiger Bohm, Wakil Pimpinan dan Kepala Rekayasa Proses/Testing Center di Rösler Oberflächentechnik GmbH, Untermerzbach. “Kesetiaan pada bentuk absolut” dijamin.

Juga tidak perlu memprogram ulang kontrol pada bagian dengan kontur permukaan yang berbeda. Manfaat ini terdapat terutama dalam pengolahan bentuk permukaan bebas, kata Helmut Gegenheimer, pimpinan perusahaan Otec Oberflächenfinish GmbH, Straubenhardt. Penghematan di sini terletak dalam suatu program pengurangan secara signifikan. Ini ditunjukkan dalam kontrol proses dalam instalasi grinding seret. Lama proses, kedalaman perendaman, kecepatan rotasi dan penarikan adalah parameter kontrol. Mereka didasarkan pada pemilihan abrasif dan aditif. Tidak seperti pada perangkat mesin,  proses ini bekerja tidak terarah.

Dengan keunggulan ini, produsen instalasi dapat memperoleh keuntungan dalam proses implan. Hal ini awalnya tidak terjadi. Selama lebih dari 30 tahun Rösler  membangun instalasi untuk industri teknologi medis: pertama untuk instrumen medis, dan kemudian untuk piringan tulang dan kuku, di tahun sembilan puluhan muncul proses implan sendi. “Waktu yang lama,” tutur Boehm, “Grinding seret sering hanya dianggap sebagai teknik universal dan hemat biaya untuk proses deburring dan pembulatan. Masih terdapat pekerjaan manual grinding dan polishing untuk implan pinggul dan lutut.

Jadi kombinasi teknik grinding dan polishing teknologi selama bertahun-tahun dalam industri ini mendapat sedikit perhatian. Namun sekarang berubah. “Kami memperhatikan tren yang jelas dalam teknik Finishing permukaan,” kata wakil dan manajer proses rekayasa Rösler. Perhatian yang meningkat tidak hanya didasarkan pada alasan kualitas. “Orang mengharapkan sebuah transparansi proses absolut,” kata Boehm. “Semua  senyawa grinding dan polishing seperti kompon dan media polishing harus diuji dan disetujui di bawah kompatibilitas dan faktor lingkungan” – termasuk proses pengolahan air yang mengalir ke hilir.

Instalasi standar yang dimodifikasi dengan proses canggih

Bahkan dalam desain dan manufaktur instalasi kriteria ini diamati. Dengan demikian, pemegang benda kerja dan komponen yang menggunakan air dihasilkan di baja stainless. Dalam adaptasi spesifik ini, pemilik perusahaan Otec Gegenheimer tidak melihat konstruksi yang khusus. Sebaliknya, ia berbicara mengenai ”instalasi standar yang dimodifikasi”: Karena keamanan proses dituntut, orang meraih kembali instalasi dan rekayasa proses. Sebagai dasar untuk itu,  desain modular ditetapkan.

 

Implan sendi setelah (a) pengolahan dengan abrasif (b) dan polishing cermin dengan bola porselen. Hasilnya adalah kekasaran minimal.

Hal ini memungkinkan bobot yang berbeda dari proses grinding dan polishing, tergantung pada keadaan awal benda kerja. Suatu modifikasi bisa dilakukan dengan biaya yang hemat”, kata manajer penjualan Trowal Cruse, yang mementingkan produksi yang efisien, investasi yang cepat dan biaya operasi yang rendah. Permintaan terbesar menyangkut pada kualitas permukaan yang tinggi, yang harus diverifikasi hingga 100%. Jadi, produksi implan sendi berkisar mengenai, menurut Cruse, “pencapaian kualitas tertinggi di seluruh dunia” – dan dengan bagian penuangan campuran dari kobalt atau paduan titanium, yang tidak mudah secara mekanis untuk diproses kembali.

Baca juga :   Pengerjaan Permukaan Membuka Peluang Bagi Robot

“Untuk grinding geser, bahan ini dapat dikelola,” jelas Boehm. Kondisi ini adalah upaya yang ekstensif untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang menyangkut intensitas pengolahan bagian masing-masing. Kemudian kita telah meneliti pengaruh semua parameter proses, jelas kepala rekayasa proses / pusat pengujian di Rösler. Oleh karena itu, pengalaman yang diperoleh dengan proses seperti pada rekayasa presisi, sering membantu.

Sekarang, untuk menghasilkan getaran tinggi pada permukaan gloss sangatlah mudah. Untuk itu, menurut Gegenheimer, prosesnya dapat diaktifkan pada garis grinding. Nilai output kekasaran Ra biasanya 1,5 mikron, yang dapat meminimalkan instalasi finishing sampai dengan 0,01 mikron. Untuk tujuan ini, proses grinding dan polishing biasanya bergabung pada pengontrol proses: proses pra grinding dengan keramik, grinding halus dengan bahan plastik dan proses polishing dengan tubuh porselen. Pada akhirnya, diikuti dengan pembersihan bagian untuk memenuhi persyaratan steril.

Dibandingkan dengan penyelesaina akhir pada  pada mesin grinding dan polishing CNC,, menurut Cruse, “setara secara teknis”. Di pasar terdapat konsep produksi berbeda. “Siapa yang memilih grinding, melakukannya dengan latar belakang individu,” jelas manajer penjualan Trowal. Dengan demikian, penelitian untuk produksi implan benar-benar spesifik dengan produksi optimal. Untuk produsen instalasi seperti Trowal, teknologi medis adalah “permintaan pasar,” seperti kata Cruse – berbeda dengan aplikasi klasik.

Ragam bagian dan varian besar memerlukan prosedur yang disederhanakan

Tren terbaru adalah penyederhanaan dan reproduksibilitas proses otomatisasi. Produsen instalasi memperoleh perkembangan ini dari ragam bagian dan varian implan. Secara khusus, ini adalah tentang minimalisasi kontrol dan proses pasca produksi. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah intervensi manual. Jadi, menurut Cruse, sekarang ini pembahasan tendensi perkembangan yang menjadi tema dalam pertemuan dengan konsumen adalah  tren komite dan minimalisasi biaya. Teknik penegangan dan penanganan bagian menjadi fokus daripada proses itu sendiri

”Tampaknya kita bisa tetap dengan teknologi kami, walau tidak memberi keuntungan,” kata Cruse. Ini bukan hanya kasus pada implan sendi, yang berdasarkan angka yang lebih besar dan berbagai bentuk instalasi yang diposisikan dalam pasar, tetapi juga berlaku pada permukaan tulang yang telah selesai dalam instalasi sentrifugal, serta pada sekrup tulang dalam bel poles dan instalasi drum. Bahkan untuk bagian berbentuk kompleks dalam jumlah yang lebih kecil, baru-baru ini diperkenalkan solusi: sistem multi-getaran dari Trowal, kata Cruse. (MM/gesamt-001-2010 p-36)

Bahan Baku Khusus

Setiap hari pada Gleitschleifen

Gleischleifen pada tempat implan meminta persyaratan yang tinggi pada sarana proses. Alasannya terletak pada komponen bentuk. Sebaliknya, bagian dari bahan baku bertanggung jawab untuk hal itu: terutama campuran kobalt (Co-Cr-Mo) dan bahan baku titanium. Dari bahan-bahan baku inilah, dibuat protheses. Gleitschlafen logam ini umumnya mudah dikelola. Untuk hal ini, pengetahuan sehari-hari terkait tentang hal yang diterima produsen instalasi sebelumnya dan untuk apa mereka memiliki biaya operasi yang sangat besar. Semua parameter proses diuji, terutama pengaruh prosedur yang berarti, grinding dan polishing serta senyawa aditif kimia. Semua komponen disetel sedemikian rupa hingga dua sampai tiga tahap proses grinding dan polishing, seperti roda gigi jam yang meraih satu sama lain. Ada berbagai upaya: penampilan visual/optik yang tidak optimal atau tingkat kekasaran yang terlalu besar. Selain itu, metode ini telah diperiksa/diuji menurut aspek ekonomi: waktu pemrosesan singkat, seluruh bagian yang tinggi dan biaya unit yang rendah. Hasilnya adalah implementasi positif dalam banyak referensi.

Advertisement

Tulis Opini Anda