Rapidex-1000, ekstruder screw tunggal berkecepatan tinggi yang terbaru dari Cincinnati Extrusion

0
5

Dalam pameran Plast 09 di Milan, Italia, Cincinnati Extrusion GmbH, perusahaan Austria yang berbasis di Wina, sekali lagi mendemonstrasikan kepemimpinannya dalam inovasi dengan mempertontonkan secara perdana konsep ekstruder satu screw berkecepatan tinggi dalam versi yang lebih kecil dengan penggerak langsung.

Gambar 1. Ekstruder screw tunggal Rapidex 1000 dengan diameter screw 60 mm mampu menghasilkan output hingga 1.000 kg/jam.

Dalam pengolahan HDPE, ekstruder screw tunggal Rapidex 1000 ini mampu menghasilkan output hingga 1.000 kg per jam. Ini berarti, hasil itu telah berlipatganda dibandingkan dengan ekstruder satu screw konvensional yang memiliki diameter screw 60 mm. Sama dengan model yang lebih besar Rapidex 1500, lompatan kinerja yang besar ini telah memungkinakan untuk memperpanjang unit pengolahan hingga 37D, sebuah konsep screw inovatif dan peningkatan yang signifikan dalam power drive.

Melalui perbandingan, ekstruder-ekstruder dengan diameter screw 90 mm biasanya memerlukan satu hari untuk mencapai tingkat output yang sama. Dengan demikian, manfaat yang diberikan oleh Rapidex 1000 sangat nyata. Terlebih lagi, Rapidex menampilkan pengurangan tingkat suara produksi yang substansial. Terkait dengan konsumsi energi, unit plasticizing yang lebih kecil ini juga lebih efisien, karena hanya sedikit saja kehilangan radiasi yang terjadi. Penggerak langsungnya berkontribusi juga terhadap pemotongan konsumsi energi, karena semua yang menyebabkan kehilangan dalam sistem transmisi (seperti kehilangan karena adukan atau pembangkitan panas) benar-benar dieliminasi. Selain kebutuhan akan ruang yang lebih kecil, Rapidex juga hanya memerlukan sedikit saja pelumas, interval servicenya dilipatgandakan, dan biaya suku cadang juga berkurang signifikan.

Gambar 2. Die pipa KryoS, yang baru saja dikembangkan, adalah komponen inti dari lini ekstrusi KryoSys, sebuah solusi yang sangat inovatif yang terbaru dari Cincinnati untuk ekstrusi pipa yang lebih efisien.
Advertisement

Bersama dengan die pipa merk baru, KryoS, yang baru saja diperkenalkan, Rapidex bisa diintegrasikan ke dalam Kryosys untuk menghasilkan sistem yang khusus untuk efisiensi produksi pipa. Kryosys menawarkan keuntungan dari bagian pendinginan pipa yang benar-benar efisien sekaligus dengan pemulihan panas.

Baca juga :   Sistem penyambungan NC elektromekanik ringkas untuk efisiensi perakitan

KryoSys cocok untuk pembuatan pipa-pipa berlapis tunggal atau multi yang halus yang dibuat dari PE atau PP, dengan diameter berkisar dari 110 hingga 2.000 mm. Panjang bagian pendinginan bisa dibagi dua bila dibandingkan dengan lini-lini ekstrusi konvensional, bahkan untuk diameter pipa yang besar. Sebagai contoh, bagian pendinginan 40 m cukup untuk memproduksi pipa PO 400 mm dengan ketebalan dinding 36,4 mm pada Rapidex 1500. Sebaliknya, bagian pendingin harus sepanjang 85 m pada lini ekstrusi pipa konvensional dengan asumsi output sama 1.300 kg/jam. Selain itu, total investasi modal untuk lini KryoSys lebih rendah dibandingkan dengan lini ekstrusi pipa konvensional.

Suatu keuntungan dari KryoSys adalah penghematan biaya energi yang cukup signifikan dalam proses produksi. Total konsumsi energi yang terpotong mencapai 186 kW. Berdasarkan pada harga energi 0,1 EUR/kWh dan 6.000 jam operasi setiap tahun, maka penghematan bisa bertambah sekitar 100.000 EUR.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda