INVESTASI

Qatar Butuh Ribuan TKI untuk Piala Dunia 2022

0
23
Para pekerja (gambar kiri) sedang bekerja pada pembangunan stadion World Cup 2022 di Qatar. (Sumber foto/©: AFP). Desain stadion World Cup 2022 yang dibangun di Doha,  Qatar, (Sumber foto: https://www.ft.com/content/)

Qatar menguasai 65 persen saham Indosat, memiliki saham di Qatar  National Bank, dan  Matahari Mall. Apakah pembangunan stadion utama World Cup 2022 terganggu setelah negara koalisi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar?

Para pekerja (gambar kiri) sedang bekerja pada pembangunan stadion World Cup 2022 di Qatar. (Sumber foto/©: AFP). Desain stadion World Cup 2022 yang dibangun di Doha,  Qatar, (Sumber foto: https://www.ft.com/content/)

Pembangunan delapan stadion utama, infrastruktur, pelabuhan, dan fasilitas lainnya yang akan digunakan pada penyelenggaraan Word Cup 2022 di Qatar, sedang giat-giatnya dilaksanakan. Alat dan sistem transportasi bagi kota berpenduduk 250.000 orang juga sedang dibangun.

Uniknya, kebanyakan bahan baku seperti batu, semen, besi, baja, mesin, dan peralatan mekanis harus diimpor. China dan Amerika Serikat termasuk pemasoknya. Pengangkutan bahan bangunan (konstruksi) tadinya lancar melalui negara tetangga  Uni Emirat Arab (UAE).

Advertisement

Akan tetapi, UEA yang berkoalisi dengan Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar belum lama ini. Pemutusan hubungan diplomatik itu tentu saja berpengaruh terhadap kelancaran arus bahan bangunan konstruksi stadion utama World Cup 2022 yang diselenggarakan FIFA itu. Semua kantor bisnis seperti kantor maskapai penerbangan milik Qatar yang berada di negara koalisi ditutup.

Bahkan Qatar tidak bisa mengangkut bahan material lagi dari pelabuhan di UAE. Qatar harus mengalihkan rute logistik yang dilalui oleh armada pengangkut bahan baku melalui pelabuhan laut yang tidak bersenggolan dengan otoritas negara koalisi. Akibatnya pengalihan rute logistik itu menambah waktu dan biaya. Mungkin alokasi biaya sebesar US$270 miliar bertambah.

Akan tetapi,   kementerian ekonomi Qatar mengatakan bahwa penutupan perbatasan darat Saudi-Qatar, “Cuma berdampak kecil dari impor.”  Qatar—selain mengalihkan rute logistik dari laut—sebagian bahan bangunan dimasukkan melalui udara. Sebuah sumber menyebutkan bahwa pembangunan konstruksi World Cup 2022 sudah mencapai 45 persen.

Qatar butuh ribuan TKI

Apakah ada tenaga kerja dari Indonesia (TKI) yang bekerja di berbagai proyek World Cup 2022 di Qatar? Qatar yang berpenduduk tidak lebih dari 3 juta itu, mempekerjakan TKI sebanyak 40.000 (2015). TKI bekerja di bidang migas, kesehatan, jasa, perbankan, pariwisata, dan infrastruktur. Meski jumlahnya sudah lumayan, pihak Qatar masih mengharapkan pengiriman tenaga kerja profesional. Bahkan Qatar siap bekerja sama untuk melakukan pelatihan bagi calon tenaga kerja Indonesia.

Qatar mengharapkan Indonesia meningkatkan pengiriman TKI yang dapat bekerja di berbagai proyek besar persiapan Piala Dunia 2022. Bahkan pada Mei 2016, Qatar telah mengirimkan pejabatnya ke Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah menghentikan pengiriman  TKI ke kawasan Timur Tengah—termasuk Qatar—jika TKI itu akan bekerja sebagai pembantu

Sementara itu, hubungan bisnis Qatar-Indonesia termasuk kondusif. Qatar melalui QTel mempunyai 65 persen saham di Indosat, Qatar  National Bank (eks Bank Kesawan), dan  Matahari Mall. Bahkan Indonesia telah menyelenggarakan Trade Expo Indonesia (TEI) sebuah bisnis forum ASEAN Embassies-Kadin Qatar (QCCI) pada  2016. Forum itu diikuti oleh 200 pelaku usaha yang berasal dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan perwakilan Qatar.

Menlu RI Retno Marsudi yang yang pernah menemui Emir Qatar, telah menawarkan Qatar agar berinvestasi bidang pertanian, energi, infrastruktur, kemaritiman, dan perikanan di Indonesia. Emir Qatar siap berbagi pengalaman dengan Indonesia mengenai Sovereign Wealth Fund (SWF). Qatar memiliki sebesar US$175 miiyar untuk investasi luar negerinya. Negara yang kaya gas alam ini memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia yaitu US$103.000.

Kita tunggu peningkatan investasi Qatar di Indonesia. (Bahan diolah dari berbagai sumber seperti https://www.ft.com/. Kompas.com, dan lain-lain)

Advertisement

Tulis Opini Anda