Puninar Logistics Distribusi Coil Produk Krakatau Steel dengan Truk Marcedes-Benz Axor

0
124

Setelah sukses membeli 1000 unit truk Hino dari  PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI)—guna mendukung program ekspansi tahun 2012—PT Puninar Logistics yang dikomandani oleh Tjahjadi Lukiman dan  Eddy Korompis itu dipercaya oleh PT Krakatau Steel mendistribusikan 200 ribu ton coil ke beberapa daerah. Puninar menggunakan truk Marcedes-Benz Axor  dari dealer PT Alun Indah.

Presiden Direktur PT Krakatau Steel Tbk Fazwar Bujang menyerahkan cinderamata kepada Tjahjadi Lukiman Direktur Utama PT Puninair Logistics yang juga diterima oleh Dr. Claus Weidner Presiden Direktur & Chief Executive Officer PT Mercedes-Benz Indonesia (Foto: Arsip Puninar)

Sejak April 2012, truk-truk mengangkut minimal 50 ton coil—berupa gulungan kawat baja—sekali kirim ke  derah tujuan seperti  Jawa Timur, Jawa Tengah, Cilegon, dan  daerah Jabodetabek. Jumlah poduk berupa cold rolled, hot rolled, dan wire rod yang didistribusikan  mencapai 20.000 ton coil setiap bulan. Puninar harus kerja ekstra keras mengamankan pendistribusian produk Krakatau Steel (KS) itu, maklum kerja sama yang ditanda tangani di Cilegon pada April 2012 itu berlangsung selama 5 tahun. Jika sukses, kerja sama itu dapat diperpanjang lagi.

Kenapa memilih truk Mercedes-Benz Axor? Mercedes-Benz Axor  mempunyai kelebihan dan keandalan  dan selalu memrioritaskan faktor keamanan, serta penggunaan bahan bakar yang irit. Acara penandatanganan kerja sama dan pelepasan truk dihadiri pimpinan  perusahaan seperti Eddy Korompis Presiden Komisaris Puninar Logistics, dan dari PT Krakatau Steel Tbk., Fazwar Bujang Direktur Utama dan Dadang Danusiri Direktur SDM & Umum, sedangkan dari PT Mercedes-Benz Indonesia Clause Weidner Presiden Direktur dan Roland Schneider Direktur Sales &  Marketing Commercial Vehicle  DCAA Daimler AG, dan dari PT Alun Indah,  Jonathan Prasetya Direktur Utama dan Frankie Makaminang National Sales Manager.

Advertisement

Pernah terseok-seok

Meski Puninar Logistics adalah salah satu pelopor di bidang jasa pengiriman barang dan broker kepengurusan dokumen bea cukai (customs brokerage), perusahaan ini pernah terseok-seok dan vakum selama 4 bulan tanpa ada pekerjaan dari KS. Puninar yang berdiri pada  tahun 1969—kini memiliki tiga kantor cabang dan 8 agen-kantor di berbagai daerah—kembali mendapatkan pekerjaan pada Juli 2011 dengan mengangkut coil 50 ton menuju Surabaya, Gresik, dan Mojokerto. Waktu itu, KS memberikan porsi cargo sebanyak 12.000 ton yang diangkut  Puninar ke daerah tujuan.

Puninair pernah dikalahkan oleh perusahaan lain saat mengikuti tender. Kekalahan itu  kembali  diperjuangkan dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kredebililtasnya diakui oleh KS. Sebenarnya, kerja sama antara Puninar dan KS sudah berlangsung sejak tahun 1989, dan pernah mendapatkan penghargaan transpoerter terbaik tahun 1991—berdasarkan survei yang dilakukan oleh Traffic Section FG Krakatau Steel.

Baca juga :   Pameran Energi dan Pertambangan terbesar di Asia kembali di gelar
Acara pelepasan truk-truk Marcedes-Benz Axor penangkut coil di Cilegon yang dilakukan oleh pimpinan PT Krakatau Steel, PT Puninair Logistic, dan disaksikan oleh pimpinan PT Alun Indah dan PT Mercedes-Benz Indonesia (Foto: Arsip Puninar)

Puninar memiliki gudang seluas 150.000 m2 (indoor) dan 250.000 m2 (outdoor), dan mengoperasikan armada transportasi 1500 armada—terdiri dari berbagai jenis dan ukuran—yang didukung oleh  lebih dari 2500 orang karyawan profesional dan andal. Di bawah pimpinan Tjahadi Lukiman dan Eddy Korompis, Puninar bertekad menjadi: the biggest fleet operation di Indonesia.

“Jangan lupa vendor management, kalau dulu kita ditinggalkan oleh vendor karena kelakuan kita sendiri. Mulai tahun 2012 ini, hal itu tidak bisa terulang. Kita harus menjadikan setiap vendor sebagai partner strategis Puninar,” tandas Tjahjadi Lukiman pada rapat kerja bertema Kick of & Apreciation Day saat memasuki tahun 2012.  Pada acara awal tahun 2012 itu, manajemen memberikan penghargaan kepada karyawan terbaik. Penghargaan itu berupa cincin dan kenaikan gaji pokok. Sedangkan, Tjahjadi Lukiman dan Eddy Korompis mendapat hadiah dengan membersihkan (mencuci) sebuah truk raksasa yang disaksikan oleh ratusan anak buah perusahaan itu.

Foto bersama pihak Puninar Logistics dan PT Hino Motors Sales Indonesia (Foto: Arsip Puninar)

Sementara itu, seusai menandatangani penandatanganan memorandum of understanding di Pusat Perakitan Hino di Kota Bukit Indah Purwakarta, Jawa Barat, pada Desember 2011, President Director HMSI Toshiro Mizutani mengatakan bahwa Puninar Logistics adalah salah satu konsumen premium Hino.

Kontrak pembelian 1000 unit truk Hino merupakan satu tindak lanjut kerja sama antara Hino dan Puninar. Program ekspansi Puninar tentu membutuhkan armada truk yang berkualitas. Hino memiliki produk truk yang tangguh dan berkualitas tinggi sesuai kebutuhan Puninar. Hino  menyediakan layanan purna jual yang lebih baik kepada setiap konsumen Hino. Nilai pembelian ke-1000 truk Hino diperkirakan sebesar satu triliun rupiah.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda