DEBURRINGEXPO 2017 (1)

Produksi Meningkat dan Lebih Hebat, Begini Caranya

0
52
Suasana pameran Deburring dengan teknologi canggih. (Sumber foto: fairXperts GmbH & Co. KG)

Sebanyak 150 perusahaan menggelar spektrum solusi ekstensif meliputi teknologi deburring, rounding, dan manufaktur yang berlangsung pada 10–12 Oktober 2017 di Karlsruhe, Jerman. Produsen keramik cocok mengunjungi pameran ini.

Suasana pameran Deburring dengan teknologi canggih. (Sumber foto: fairXperts GmbH & Co. KG)

Kita dapat menambah ilmu pengetahuan teknologi dari setiap pameran skala internasional seperti DeburringEXPO (Trade Fair for Deburring Technology and Precision Surface) yang diselenggarakan di bagian Selatan Jerman pada 10–12 Oktober 2017.

Selain produk berupa mesin dan alat industri serta software teknologi yang dipresentasikan oleh 150 perusahaan dari 16 negara—penyelenggara tidak menyebutkan apakah ada peserta dari Indonesia—yang tentu saja berbeda namun saling melengkapi bergantung pada kebutuhan pengguna yakni para pekaku industri.

Advertisement

Para ahli di bidang teknologi juga berkesempatan membeberkan rahasia teknologi tercanggih yang bermanfaat bagi para pengunjung profesional yang ingin tahu perkembangan inovatif, contoh praktiknya di lapangan, dan solusi standar yang terkomputerisasi pada sektor industri. Harap diingat bahwa presentasi disajikan dalam Jerman dan Inggeris.

Menurut penyelenggara DeburringEXPO 2017, pameran yang berlangsung sekali dalam dua tahun ini, kenaikan peserta pameran meningkat 40 persen dibanding tahun 2015. Pameran perdagangan yang menonjolkan teknologi deburring dan permukaan presisi dari kaca mata internasional lebih signifikan karena peserta dari negara-nehara lain  22 persen.

CEO (chief executive officer) penyelenggara pameran fairXperts GmbH & Co. KG, Harmut Herdin, menjelaskan, pihaknya semakin senang mendapatkan minat yang besar dari banyak perusahaan dari luar Jerman. Informasi tentang serangkaian solusi komprehensif bagi para pengunjung profesional disediakan lengkap.

 

Produktivitas manufaktur meningkat

Contohnya bidang otomotif, drive, teknologi transmisi, pesawat,  penjelajahan luar angkasa, teknik mesin, produk/alat medis, juga sanitary, pembuatan jam dan industri peralatan, fluidik, hidrolik, teknik presisi, mikroteknologi, dan masih banyak peralatan sektor industri lainnya yang menyajikan informasi seperti solusi cross-technology lengkap dengan teknologi inovasi.

Melalui DeburringEXPO, pengunjung mendapatkan beragam perkembangan baru tentang sistem robot-deburring untuk permesinan bagian die-cast, alat potong yang didesain khusus  memproduksi tepi deburring yang seragam dan sempit (berukuran sangat kecil) pada bagian cast aluminium.

Selain itu, jelas Harmut Herdin, sistem blasting yang efisien penggunaan energi (listrik) dan terotomasi untuk memproses komponen kecil juga dipresentasikan. Sebuah plant dari enterprise content management (ECM) yang inovatif—didesain khusus untuk melakukan finish pada permukaan bagian logam yang dicetak dengan tiga dimensi (3-D) dan cara menghilangkan microburr yang dipertunjukkan.

Baca juga :   Trakindo Luncurkan Articulated Truck CAT® 745C dan Wheel Loader CAT® 950GC

ECM merupakan singkatan enterprise content management  adalah sarana yang dibuat  untuk mengatur dan menyimpan dokumen organisasi, dan konten lainnya yang berhubungan dengan proses organisasi itu sendiri mencakup strategi, metode, dan alat yang digunakan selama siklus hidup suau mesin.

Sementara 3-D (tiga dimensi) menggambarkan suatu gambar yang memberikan persepsi kedalaman sebuah image ketika gambar 3-D itu dibuat interaktif agar pengguna merasa terlibat dengan pemandangan dan pengalaman yang disebut virtual reality.

Orang biasanya memerlukan penampil plug-in khusus untuk browser di Web untuk melihat dan berinteraksi dengan gambar 3-D. Biasanya untuk memperoleh pengalaman realitas virtual (mungkin) dibutuhkan tambahan  peralatan.

Oleh karena itu, sebuah mesin finishing episiklis baru dengan mekanisme gearing yang dapat dikontrol dengan bebas dipresentasikan, juga sistem grinding plug-and-play yang mudah dipraktikkan untuk finishing pada area tertentu dari bagian tunggal dalam sebuah proses presisi yang tinggi dan terotomasi dengan mudah yang kemudian diintegrasikan pada jalur produksi.

Hal-hal baru juga diekspos di sektor peralatan deburring, seperti peralatan yang menggunakan proses permesinan yang secara otomatis melakukan deburr intersecting boreholes dengan tepi batas yang jelas.

Perusahaan yang menawarkan teknologi atau alat  deburring memberikan solusi pada finishing permukaan sehinnga meningkat produktivitas manufaktur secara signifikan namun menciptakan efisiensi ongkos produksi.

Teknologi deburing bisa digunakan oleh pabrikan penghasil sikat, batang, dan batu dari serat keramik. Produk serat keramik dapat digunakan dengan perangkat CNC, robot atau perangkat genggam pada bahan. Bagaimana menghilangkan benda hitam dari produk? (Diolah dari bahan yang dikirimkan oleh penyelenggara pameran)
Simak DeburringEXPO 2017 (2)
Rahasia  Kecanggihan Alat Potong Baja dan Keramik

Advertisement

Tulis Opini Anda