HEMAT ENERGI (2)

Potonglah Konsumsi Energi

0
2
Grafik (kiri) memerlihatkan peningkatan efisiensi energi sedangkan grafik kanan menunjukkan pengurangan emisi C02. (Sumber/@: LEEN GmbH)

Para pengelola perusahaan tidak menyadari jumlah dana yang dapat mereka hemat. Syaratnya? Mereka bersedia memotong konsumsi energi.

Grafik (kiri) memerlihatkan peningkatan efisiensi energi sedangkan grafik kanan menunjukkan pengurangan emisi C02. (Sumber/@: LEEN GmbH)
Grafik (kiri) memerlihatkan peningkatan efisiensi energi sedangkan grafik kanan menunjukkan pengurangan emisi C02. (Sumber/@: LEEN GmbH)

Sekarang terdapat 60 macam aliansi efisiensi di Jerman. Setelah menghimpun 30 nasihat ahli selama periode lima tahun. ISI telah memproduksi sebuah ringkasan untuk menunjukkan bahwa 366 perusahaan yang mengambil bagian dapat mengurangi kebutuhan energi mereka sekitar 10 persen selama lima tahun.

Emisi CO2 turun sekitar 350.000 ton per tahun dalam periode yang sama. Masing-masing perusahaan menginvestasikan rata-rata 580.000 euro untuk meraih penghematan tahunan sebesar 180.000 euro dalam biaya energi.

Advertisement

Dengan kata lain, tiap tahun penghematan dapat menutup sekitar 30 persen dari pengeluaran, yang berarti investasi dibayarkan untuk investasi itu sendiri dalam 3 tahun.
Bagaimana tepatnya jaringan seperti ini bekerja? Bersama dengan proyek partner, tim ISI melakukan standardisasi proses untuk menetapkan sebuah jaringan dan–untuk melindungi standar ini–mendirikan LEEN GmbH, perusahaan yang disebutkan dengan Learning Energy Networks.

Langkah pertama adalah upaya terhadap dukungan perusahaan yang bisa berbentuk penyedia energi, platform bisnis, commune atau kamar industri dan dagang–untuk menemukan paling tidak selusin partisipan yang sesuai. Partisipan harus memiliki kelebihan tagihan energi sebesar setengah juta euro per tahun—berusaha bekerja bermanfaat sebagai bagian dari jaringan.

Partisipan sektor bisnis aktif di dalamnya adalah tidak relevan, semenjak hampir setiap perusahaan menggunakan udara terkompresi, pendingin, uap atau air panas, butuh pencahayaan dan menggunakan limbah panas.

Moderator eksternal bertanggungjawab untuk mengatur pertemuan reguler, dan tiap jaringan juga memiliki akses terhadap penasihat energi tersertifikasi yang dapat memproyeksikan bantuan kalkulasi tried-and-tested. Setelah tugas awal operasi produksi, grup tersebut setuju pada sebuah target jaringan gabungan untuk mereduksi konsumsi energi dan emisi CO2.

Baca juga :   Energi Berbasis Baterai Ion Litium

Mengatur konsumsi energi dan kesempatan

Tiga atau empat tahun kemudian, pertemuan jaringan diselenggarakan satu kali per kuarter, dengan tiap pertemuan termasuk sebuah kunjungan ke tempat perusahaan dan sebuah presentasi ahli untuk pertukaran pemikiran yang didapatkan.

Sebagian besar jaringan lanjut untuk beroperasi dalam waktu tersebut, walaupun keanggotaan mereka kadang berubah. Ada beberapa alasan untuk kesuksesan mereka, hal yang terpenting adalah pertukaran pengalaman di antara mereka yang bertanggungjawab untuk mengatur konsumsi energi dan kesempatan yang diberikan jaringan untuk seluruh partisipan mengunjungi pengoperasian satu sama lain.

Banyak perusahaan tidak menyadari berapa banyak uang yang dapat mereka hemat jika mereka memotong konsumsi energi. “Terdapat potensial tersembunyi di setiap perusahaan,” kata Lars Greiner dari Vigar Deutschland, pabrikan bahan karet. (Diolah dari Together we are strong tulisan Klaus Jacob, Fraunhofer.de/magazine,

Simak artikel selanjutnya dengan topik HEMAT ENERGI (3)
Dukung Politisi dan Pelaku Industri

Advertisement

Tulis Opini Anda