SISTEM DISTRIBUSI DAYA

Portofolio Distribusi Daya Sesuai Switchgear Tegangan Menengah

0
43
Switchgear tegangan menengah meliputi aspek-aspek kunci untuk menentukan pilihan (Sumber gambar: Simens)

Jika ingin memilih pembangkit, beragam merek/label, teknologi, varian, jenis,  dan disain. Pemnting dilakukan koordinasi yang efektif antarsistem karena hal itu merupakan kunci untuk mencapai keandalan yang tinggi, efisiensi, dan ketersediaan pembangkit listrik. Artikel ini merupakan presentasi Krishnamoorthi Srinivasan Kepala Pusat Kompetensi Konsep Totally Integrated Power Siemens India.

Switchgear tegangan menengah meliputi aspek-aspek kunci untuk menentukan pilihan (Sumber gambar: Simens)
Switchgear tegangan menengah meliputi aspek-aspek kunci untuk menentukan pilihan (Sumber gambar: Simens)

Ketika memilih pembangkit daya (listrik) harus memenuhi spesifikasi kebutuhan, anggaran, dan harus bisa mengimplementasi aplikasi yang diinginkan. Hanya sistem yang cocok akan mengatasi setiap kemungkinan terjadinya masalah, dan sekaligus mengantisipasi personil atau para pekerja di pabrik yang merasa aman dan mengetahui kepastian kondisi saat bekerja.

Switchgear tegangan menengah (lihat Gambar 4) harus dilakukan uji golongan sesuai dengan IEC 62271-200. Kondisi mesin ini harus memadai dan harus memastikan keselamatan tingkat tinggi para operator misalnya partisi PM yang memiliki semua perangkat keselamatan, pengoperasian vakum pemutus sirkuit tegangan menengah. Dengan demikian hal itu memungkinkan kondisi tertutup pintu dan lain-lain.

Advertisement

Hal di atas tadi dapa dicapai dengan dengan menggunakan AIS atau Switchgear udara terisolasi atau GIS (Switchgear gas terisolasi). Pilihan itu didasarkan pada faktor-faktor penentu seperti peringkat pendek sirkuit, investasi modal, ketersediaan ruang (derajat kekompakan), pemanfaatan dan aplikasi perangkat lunak.

Gambar 4 Switchgear tegangan menengah udara terisolasi dan gas terisolasi
Gambar 4 Switchgear tegangan menengah udara terisolasi dan gas terisolasi

Keselamatan, ketersediaan, dan perawatan yang mudah adalah kualifikasi penting yang harus ditentukan dengan menggunakan klasifikasi terstandar.

  • Sebagai contoh, kategori ketersediaan operasional menggambarkan sejauh mana switchgear akan tetap beroperasi jika kompartemen dibuka untuk pekerjaan pemeliharaan. Dengan kata lain, ini disebut sebagai ‘Kehilangan kelangsungan pelayanan’ misalnya LSC 1, LSC2, LSC 2A, LSC 2B, dan lain-lain.
  • Jenis aksesibilitas kompartemen juga diklasifikasikan. misalnya interlock yang dikendalikan, akses yang bergantung pada prosedur, alat, tidak dapat diakses dan lain-lain.
  • Standar tersebut mendefinisikan lebih banyak klasifikasi seperti umur dan karakteristik lain dari perangkat switching.
  • Klasifikasi busur intern (kualifikasi IAC) menggambarkan tingkat aksesibilitas, kemungkinan cara pemasangan di ruangan, serta uji saat dan waktu pengujian.

Compactsubstation (CSS)konsep plug and play

Gambar 5 Compactsub-station
Gambar 5 Compactsub-station

Seperti kita ketahui, selama ini  jaringan distribusi listrik selalu berada di atas kepala kita—melalui bentangan jaringan kabel. Di bawah reformasi arus urbanisasi di tiap negara, jaringan itu kini digantikan oleh sistem bawah tanah. Dengan demikian terjadi peningkatan  pemanfaatan optimal lahan yang tadinya digunakan untuk jaringan kabel listrrik.

Penggunaan compact sub-station (CSS) adalah solusi untuk kebutuhan pembangkit dengan kemudahann pemeliharaan, disain yang praktis, dan keamanan terpadu (lihat Gambar 5). Pembangkit ini terdiri atas MV switchgear, Distribusi trafo, dan LV switchgear sebagai unit yang terpadu dan tipe ini telahj diuji sesuai dengan IEC 62271-200. Pada rekening steker dan konsep penggunaan hal itu menghemat waktu instalasi yang berlaku untuk sebagian besar pembangkit.

Perlindungan peralatan pabrik dan keamanan maksimum

Penting memerhatikan bahwa sistem perlindungan bereaksi terhadap kesalahan dengan cepat, andal, dan yang terpenting sistem itu benar. Dengan relai numerik yang komprehensif (lihat Gambar 6) proses dapat dikendalikan secara efisien, sistem dapat diandalkan, dilindungi, dan kesalahan dapat segera  dianalisis dengan tepat dan cepat sehingga memungkinkan alat untuk dengan cepat diperbaiki dan dibersihkan.

Baca juga :   Jaringan Listrik yang Mampu Memindahkan Arus Bolak-balik

Hal itu menjamin ketersediaan pembangkit tingkat tinggi hanya sebagai sirkuit pengumpan kerusakan masing-masing atau jaringan distribusi terisolasi. Alat ini memiliki perlindungan, pemantauan, dan pengendalian banyak fungsi dan juga alat yang mampu salihg tersambungkan (yakni alat Profibus, Modbus, IEC61850 dan lain-lain). Sekarang, semakin banyak pelanggan lebih memilih relai numerik dibandingkan dengan relai elektro mekanik konvensional.

Gambar 6: Relai numerik
Gambar 6: Relai numerik

Transformer Distribusi faktor-faktor yang mengatur pemilihan

Transformer distribusi bisa menghasilkan tenaga dengan penggunaan batrei atau diisi dengan minyak. Operasi alat ini harus dapat diandalkan, efisien dan pada saat digunakan secara otomatis tidak mengeluarkan suara bising. Konstruksi, kemampuan listrik, tingkat tegangan dan jenis aplikasi merupakan faktor-faktor kunci yang menentukan pilihan transformator dan disain.

Di mana pun trafo distribusi ditempatkan, bila langsung berada di dekat orang, harus terjamin keamanan yang tinggi, dan transformer bertenaga batrei merupakan solusi yang sempurna. Transformer bertenaga batrei telah memungkinkan untuk menghindari pembatasan transformator yang berisi cairan, sambil tetap mempertahankan uji coba dan uji sifat seperti keandalan operasional dan umur lama untuk digunakan. Alat itu juga harus tahan api dan secara otomatis padam sendiri—jika terjadi kebakaran—serta  tidak mengeluarkan gas beracun saat terjadi kebakaran itu serta terjamin keamanan yang maksimum (lihat Gambar 7).

Gambar 7: Transformator distribusi
Gambar 7: Transformator distribusi

Sistem distribusi transformator yang tertutup rapat mencegah penetrasi oksigen, nitrogen atau unsur  basah ke dalam cairan pendingin. Ini cocok untuk digunakan dalam kondisi iklim yang ekstrim dan untuk instalasi di ruang yang sangat terbatas.

Sumber energi cadangan dan dasar seleksi dan pengukuran

Generator Diesel/UPS digunakan sebagai sumber energi cadangan. Ini diambil sebagai unit siaga untuk menghadapi situasi darurat pemadaman listrik atau untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, ketergantungan dan kinerja mekanik dan listrik yang dapat diandalkan adalah sangat penting.

Pilihan atas generator-generator tersebut dilakukan baik untuk 100 persen dari total beban untuk proses yang sangat penting/aplikasi atau cadangan parsial misalnya 30 persen hanya menangani atau memenuhi beban penting dari pembangkit selama masa darurat.

Hal itu harus dipastikan bahwa sistem keamanan yang relevan harus tetap beroperasi untuk jangka waktu waktu tertentu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Sistem alarm kebakaran
  • Instalasi untuk memeringatkan dan memerintahkan pengunjung/karyawan
  • Pencahayaan keselamatan
  • Sistem ventilasi untuk tangga keselamatan, angkat sumur dan kamar mesin dari lift pemadam kebakaran. Untuk itu selama 90 menit waktu minimum dari operabilitas bawah kondisi api penuh harus dipastikan
  • Air sistem tekanan meningkatnya untuk pasokan dari air pemadam kebakaran
  • Sistem ekstraksi asap

(Bersambung dengan tulisan penutup: Switchboard Cerdas Masa Depan)

Krishnamoorthi Srinivasan
Krishnamoorthi Srinivasan

Krishnamoorthi Srinivasan Kepala Pusat Kompetensi Konsep Totally Integrated Power Siemens India.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda