TEKNOLOGI FUIDA

Pick up Rp50 Juta, Mesin Hidrolik Ubah Cairan Menjadi Energi

0
22
Harga pick up mini INFINI buatan China hanya Rp50 juta dan cocok digunakan oleh para petani dan pedagang (gambar kiri). Sedangkan mesin SINMIC mampu memahat beragam bentuk sesuai pesanan para pembuat interior. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Artikel pekan ini

Sebanyak 128 perusahaan dari China menggelar aneka mesin industri dan produk elektronik di Kemayoran. Meski sepi pengunjung, model bisnis negeri Panda ini layak dipelajari.

Harga pick up mini INFINI buatan China hanya Rp50 juta dan cocok digunakan oleh para petani dan pedagang (gambar kiri). Sedangkan mesin SINMIC mampu memahat beragam bentuk sesuai pesanan para pembuat interior. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Pameran bertarjuk China Fluid Machinery dan China Machinery & Electronic Brand Show 2017 merupakan acara rutin tiap Mei yang diselenggarakan di Kemayoran, Jakarta. Organizer dilakukan (sepenuhnya) oleh Biro Pengembangan Perdagangan China yang didukung oleh beragam organisasi dan asosiasi di China dan Indonesia. Hal itu ditandai oleh sambutan yang diwakili oleh 12 pejabat pemerintah dan pengurus organisasi/asosiasi terkait.

Peserta pameran-pameran yang diselenggarakan oleh event organizer (EO) lain juga didominasi oleh perusahaan dari China dan Taiwan. Sebagian (kecil) dari negara lain dan Indonesia. Sedangkan pameran China Fluid Machinery dan China Machinery & Electronic Brand nyaris 100 persen dari China—termasuk EO dan penjaga booth yang diwakili oleh manajemen atau karyawan.

Advertisement

Hebatnya, para petugas di booth/stan seperti amoi yang berusia muda hingga big bos yang tampak seperti kakek atau nenek, bekerja sangat serius dan profesional menjelaskan gelaran mereka. Demikian seriusnya mereka bekerja sampai lupa untuk tersenyum kepada pengunjung walau tetap ramah.

Beragam mesin dan peralatan industri yang dipajang seperti pompa, kompresor, blower, kipas, pipa, kabel, sensor, dan beragam mesin yang digunakan untuk sektor industri kimia, tambang, manufaktur, elektronik, otomotif, energi, dan sebagainya. Yang menonjol adalah fluid machinery—merupakan mesin atau perangkat yang mengubah energi dalam cairan yang diolah menjadi energi mekanik. Energi itu tersimpan dalam massa cairan yang pemunculannya dalam bentuk potensi energi, kinetik, dan antarmolekul.

 

Cara fluid machinery mengubah cairan menjadi energi

Nah, fluid machinery buatan China ini menggunakan cairan—terutama air untuk menghasilkan tujuan praktis—yakni sebagai mesin hidrolik. Secara teori, aplikasi fluida hidrolik mempunyai 4 fungsi: 1. Aplikasi fluida sebagai penerus gaya yang dapat mengalir melalui komponen salurannya. Kelancaran aliran menghasilkan tenaga besar. Fluida harus tidak kompresibel agar gerakan yang terjadi pada saat pompa dihidupkan atau katup dibuka dan mudah dipindahkan.

Fungsi ke-2: Sebagian besar komponen hidrolik, pelumasan bagian dalam disediakan oleh fluida cair. Elemen pompa dan komponen lain-lainya bergesekan satu dengan dengan lainnya. Oleh karena itu, kedua bidang dilapisi film minyak agar pemakian komponen hidrolik lebih lama.  Perlu kandungan oli yakni bahan-bahan tambah untuk menjamin karakteristik anti keausan. Jenis pelumas oli hidrolik memberikan perlindungan yang baik terhadap pemakaian pompa dan motor tentu usia pemakaiannnya panjang.

Fungsi ke-3: Fluida adalah sebagai pengisi (penutup) terhadap tekanan di dalam suatu komponen hidrolik, dan ke- 4:  Sirkulasi minyak oli melalui pipa-pipa penghantar dan seluruh dinding bak penampung (reservoir) akan menyerap panas yang ditimbulkan dalam sistem hidrolik.

Menurut penjelasan beberapa peserta, penggunaan fluida hidrolik  lebih baik jika mesin dapat mencegah korosi, adanya pembentukan endapan, getah oli dan pernis, tidak mudah membentuk buih-buih oli, memelihara kestabilan, mampu menjaga nilai kekentalan walau dalam perbedaan temperatur tinggi, memisahkan kandungan air, dan cocok dengan penyekat dan gasket yang dipakai pada komponen.

Baca juga :   BRI Siap Mendanai Proyek Kelistrikan

China demikian gencar membanjiri pasar Indonesia dengan produk dan peralatan industri. Badan Pusat Statistik melaporkan total nilai impor nonmigas dari China sebesar  US$21,99 miliar pada 2016. Kebanyakan perusaaan berasal dari provinsi Zhejiang, Jiangsu, Fujian, Shandong, Liaoning,  dan Sichuan.

Perusahaan Changhai menggelar cara pengembangan diesel,  gasoline, dan generator. Sedangkan permesinan diwakili  oleh Shenyang Blower Group, Dalian Deep Blue Pump, Lianheng GroupKaiquan, Zibo Vacum Equipment Plant, Baiyun Pump, Kingda Pump Industry, Shanghai Pump Works, Hermetic Pump, Valve General Factory, Super Fan’s, Changsha Blower, Nantong Dart-Pollrich Fan, PowerChina, Xiblei Air Compressor, Denair Group, dan Tianhang Special Material & Technology.

Demikian juga Mobo desain Italia yang diproduksi di China. Huancheng menjual pump, PT Maju Adil Sejahtera dan PT Delta Prima Makmur yang menggelar mesin laser untuk mengukir atau memahat kayu untuk membuat interior. Perusahaan lain yang ikut adalah Linhui Electronics, Apollo MachinerySBW Electro-Machanies, Naipute Gas Power, Rotexmasrer, Road-Brother, Cutop, Huaneng Food Packing Machinery, Haolifa Valve Manufacturing, Leize Intelligent Technology, PT Leo Pump Indonesia, East Pump, Bosheng Power Technology, Tiec International, dan perusahaan lainnya.

Bagi peminat mobil pick up mini, harganya dipatok Cuma Rp50 juta. Pick up mini ini cocok digunakan di daerah pertanian atau mengangkut barang dagangan di pasar. Kita layak mengapresiasi cara China berbisnis. Pejabat, legislative dan para pengusaha demikian kompak—bahu membahu memasarkan mesin dan peralatan industri ke pasar dunia.

Para pihak yang dilibatkan adalah Kementerian Perindustrian Indonesia, Kedutaan Besar China untuk Indonesia, Indonesia Industrial Machinery & Electronics Products, Indonesian Chinese Entrepreneur Association, Asosiasi Perusahaan Teknik Mekanikal & Elektrikal Indonesia, Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia, Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia, Indonesia Exhibition Companies Association, Asosiasi Industri Penunjang Migas, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia, Building Owners and Managers Association Indonesia, dan China Chamber of Commerce for Import & Export of Machinery & Electronics Products. Penyelenggara pun memberikan direktori/katalog kepada pengunjung secara gratis, tidak seperti EO lainnya yang menjual juga kepada wartawan yang meliput.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda