TEKNOLOGI SIMULASI (2)

Perusahaan Kecil Mudah Mendunia, Begini Caranya

0
15
Perhatikan gambar di atas, para pengguna tersambung dengan kualitas pelayanan meningkat,  keamanan pengguna terjamin, berkesempatan memperluas  jaringan bisnis dan hubugngan lainnya, dan merupakan bagian dari simulasi jaringan  Intelligent Transport Systems sehingga users  semakin mudah mengakses informasi. (Sumber foto: http://www.mdpi.com/)

Karakteristik utama komputasi awan yaitu akses berdasarkan permintaan, elastisitas, efektivitas biaya, skalabilitas, pengelolaan infrastruktur minim, dan independensi lokasi.

Perhatikan gambar di atas, para pengguna tersambung dengan kualitas pelayanan meningkat,  keamanan pengguna terjamin, berkesempatan memperluas  jaringan bisnis dan hubugngan lainnya, dan merupakan bagian dari simulasi jaringan  Intelligent Transport Systems sehingga users  semakin mudah mengakses informasi. (Sumber foto: http://www.mdpi.com/)

Mari kita simak kekuatan Cloud4E yang menyediakan akses ke Modelica dan simulasi FEM dalam bentuk aplikasi model yang membuat insinyur atau tehnisi dapat memeriksa kerusakan pada prototipe.

“Perangkat lunak dasar berjalan dengan solid dan kami akan memiliki sebuah aplikasi demo untuk dipertunjukkan pada akhir 2014,” kata André Schneider dari Design Automation Division (EAS) Fraunhofer.

Advertisement

Pada saat merencanakan tujuannya adalah untuk menawarkan sebuah pilihan dari berbagai solusi perangkat lunak simulasi melalui cloud. Perangkat lunak dapat dipesan secara fleksibel baik dalam jangka waktu tertentu atau dengan biaya flat.

Dengan cara ini, Cloud4E  menyediakan bagi insinyur atau teknisi akses yang luas ke seluruh sumber daya yang dibutuhkan. Bagi Schneider, manfaat bagi perusahaan-perusahaan sangatlah nyata: hal ini berarti pengurangan biaya untuk membeli kebutuhan atau pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, dan mengupah sumber daya manusia. Para pelaku bisnis pun tidak menanggung biaya operasional pemasangan dan pemeliharaan perangkat lunak simulasi.

Menggunakan cloud juga secara signifikan meningkatkan reabilitas sistem tanpa menimbulkan biaya besar sebab sumber daya di cloud bekerja dalam konsep redundansi dan dapat diakses dengan cepat. Hal inilah yang perusahaan kecil-menengah (SMEs) yang jarang dapat menjangkaunya, murni karena alasan biaya.

Slosusi fleksibel dan efektif biaya cukup atraktif bagi high-tech start-ups. Schneider telah mengetahui beberapa kasus yang dialami perusahaan yang baru berdiri atau masih muda saat menggunakan sumber daya on-demand dari provider cloud untuk seluruh simulasi computer-intensive, dan perkembangan pekerjaan–sebuah keputusan yang juga termotivasi karena keinginan untuk menghemat biaya utamanya dari energi.

 

Aman, jangan takut

Tim peneliti mengakaui bahwa pengadaan  servers dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pendinginan merupakan bagian penyedot energi nyata. Banyak perusahaan masih ragu untuk mempercayakan data sensitif milik mereka pada provider cloud. Ini adalah situasi spesifik yang dikonfirmasi oleh studi penelitian pasar IT Cloud Index Techconsult tentang perusahaan ukuran menengah.

Contohnya peristiawa pada awal tahun 2013, perusahaan ukuran menengah di Jerman lebih reseptif terhadap layanan data cloud dibandingkan sebelumnya. Penyebabnya adalah skandal Edward Snowden menimbulkan kepercayaan yang merosot tajam atas layanan cloud.  Sekitar dua pertiga dari perusahaan yang melaporkan bahwa mereka memiliki kekhawatiran keamanan. Banyak perusahaan lainnya yang berkata, mereka ingin menghindari cloud karena was-was akan kehilangan kontrol atas sistem teknologi informasi (TI) milik mereka sendiri. Sejak saat itu, para analis hanya melihat “erosi lambat dari keraguan bisnis ukuran menengah dalam penggunaan layanan cloud”.

Baca juga :   Instrumentasi Perangkat All-in-one Berbasis Software

Ketidakpercayaan ini menghalangi penyebaran teknologi, paling tidak sepanjang di sana tak ada standar keamanan binding data.

“Keamanan dan integritas dari seluruh data pengembangan sensitif selama transmisi, proses, dan penyimpanan di cloud ada di jantung solusi ini,” Schneider menenangkan.

Oleh karena itu, program Cloud4E mengombinasikan berbagai metode keamanan–termasuk teknik untuk manajemen identitas, autentikasi, serta transmisi, proses, dan penyimpanan data terenkripsi. Hasilnya adalah sebuah keamanan tingkat tinggi secara khusus.

Manfaat lainnya adalah sementara banyak SMEs tidak dapat menjangkau untuk mempekerjakan ahli keamanan data, provider cloud memiliki spesialis mereka sendiri untuk melindungi data dari serangan eksternal. Infrastruktur Cloud4E juga cocok untuk pusat komputer yang lebih kecil, tidak termasuk industri raksasa di Amerika Serikat seperti Amazon, Google, dan Microsoft.

Hal ini berarti perusahaan-perusahaan dapat dengan mudah menggunakan provider–beserta hukum perlindungan data seperti yang berlaku di tiap negara.

Sebagai catatan (tambahan), komputasi awan merupakan kemajuan di bidang teknologi informasi (TI) yang tidak dapat kita hindari. Infrastruktur dan aplikasi TI disediakan untuk pengguna akhir sebagai layanan, menggunakan model bayar sesuai dengan penggunaan yang standar. Dengan komputasi awan, para pelaku bisnis mendapatkan fasilitas di bidang  virtualisasi, komputasi grid, komputasi Web, komputasi utilitas, dan teknologi terkait lainnya.

Dengan komputasi awan, kita mempunyai alat ampuh untuk mengakses komputasi berkinerja tinggi (high-performance computing), dan infrastruktur penyimpanan dengan harga murah melalui Internet. Karakteristik utama komputasi awan adalah akses berdasarkan permintaan, elastisitas, efektivitas biaya, skalabilitas, pengelolaan infrastruktur yang minimal, dan independensi lokasi.

Oleh karena itu, makin banyak perusahaan kecil dan menengah mampu masuk ke pasar dunia berkat penggunaan layanan cloud.

Kita di Indonesia, jangan ketinggalan agar tidak tersapu badai kemajuan teknologi pada era digital driver. Alih-alih masuk ke pasar global, bersaing di dalam negeri juga kita bakal kewalahan.  (Bahan diolah dari Security for cloud simulations tulisan  Chris Löwer, Fraunhifer dan sumber lainnya)

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda