TEKNOLOGI AUDIO (3)

Perbedaan Speaker Internal dan Eksternal

0
34
Para peneliti menyebut manfaatnya meliputi bidang robotik, komputasi mobile, dan optik adaptif.

Para peneliti menyebut manfaatnya meliputi bidang robotik, komputasi mobile, dan optik adaptif.

Mendengar lagu Let the Sun shine yang dipopulerkan oleh NANA Kiryu. (Sumber foto/@: http://th05.deviantart.net/)
Mendengar lagu Let the Sun shine yang dipopulerkan oleh NANA Kiryu. (Sumber foto/@: http://th05.deviantart.net/)

Beer telah memasangpengeras suara di atas alas yang berputar, dan kemudian dia  menutup pintu dari luar. Tidak boleh ada orang  di dalam ruang  selama pengujian. Berlangsung. Lagi pula, sekecil apa pun gelombang suara yang memantul dari tubuh manusia dapat mengganggu uji coba.

Kemudian Beer memulai uji coba standar untuk jarak jauh dari kamar pengendali yang terletak di sebelahnya. Dia mengamati apa yang terjadi melalui kamera. Pengeras suara baru berputar mengelilingi porosnya sendiri di kursi satu derajat pada satu waktu, kemudian posisinya berubah menghadap ke atas dan berputar lagi sampai semua arah di dalam ruangan telah tertutup.

Advertisement

Pengeras suara menghasilkan nada yang sama di setiap titik pengukuran yang terdengar seperti jeritan marmot. Mikrofon menangkap gelombang sinus menyapu nada ini dan mengirimkan sinyal ke unit komputasi. Sekarang, kurva muncul pada layar monitor. Beer tersenyum menunjukkan kepuasan, karena pola radiasi yang baik.

“Jika kita meningkatkan pengeras suara sedikit lebih keras, harus cukup kuat dan cukup keras untuk mengatasi kebisingan jalan.” Delapan dari pengeras suara terletak di samping, yang satu sama lain bisa membuat kita mendengarkan kesenangan individual bagi penumpang kendaraan, berkat teknologi Suara Zona Personal.

Speakermini yang baru tersebut tidak hanya cocok untuk aplikasi suara mobile. Susunan speaker datar berisi puluhan sumber suara kecil yang terhubung dapat membuat suara optimal di dalam ruang keluarga dan ruangan konferensi.

“Kualitas suara sebanding dengan pengeras suara stereo berkualitas tinggi,” tandas Beer. Berkat wadah terpadu yang kecil, jenis-jenis speaker datar dapat dipasang langsung pada dinding, yang membuka aplikasi yang sama sekali baru. Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam gambar dekoratif monitor layar datar, atau pintu lemari. Suara masa depan tidak akan lagi mengalihkan perhatian mata.

Speaker smartphone dan televisi

Umumnya ada dua jenis speaker yaitu eksternal dan internal. Speaker internal  sebagian besar bisa dikatakan lemah sedangkan eksternal cenderung lebih kuat, bergantung pada voltase hingga hambatannya. Speaker internal kurang terlihat dan tidak perlu dipikirkan. Sementara itu, speaker eksternal cenderung kerlihatan sehingga faktor desain penting diperhatikan oleh pembuatnya.

Apakah terompet ini memiliki speaker sehingga suaranya bisa melengking? (Sumber foto:/2:  www.kissthegroom.com)
Apakah terompet ini memiliki speaker sehingga suaranya bisa melengking? (Sumber foto:/2: www.kissthegroom.com)

Banyak produsen peralatan audio membuat berbagai desain speaker untuk membuatnya terlihat menarik atau setidaknya tidak terlihat jelek. Ada yang membuatnya transparan namun tetap saja kabel dan sejumlah komponen lainnya terlihat, hanya bisa dirapikan. Bagi yang ingin speaker dengan desain sangat minimalis, bisa melirik inovasi yang satu ini.

Baca juga :   China’s Nanshan to Build Smelter in First Quarter of 2014

Foto di atas mungkin memperlihatkan sebuah disk besar transparan yang lebih cocok disebut sebagai piring atau asbak besar. Namun ternyata disk transparan itu adalah speaker yang benar-benar berfungsi layaknya speaker yang selama ini kita kenal seperti dikutip dari The Verge. Inovasi ini berhasil dibuat berkat sebuah tim peneliti dari Harvard’s School of Engineering and Applied Sciences.

Speaker ini pada dasarnya adalah aplikasi dari konduktivitas ionik dengan membuat bahan artifisial transparan yang mampu menghasilkan suara dengan jangkauan semua spektrum yang bisa didengar. Walau konduksi ionik bukanlah ide yang benar-benar baru, selama ini dikenal tidak praktis karena bahan ionik yang memiliki reaksi lemah terhadap voltase tinggi.

Tim peneliti memecahkan hambatan kemajuan penelitian tentang speaker dengan meletakkan sebuah lapisan karet di antara dua lapisan gelombang konduktif transparan tadi. Maka, sistem ini dapat bekerja dalam voltase dan aktuasi tinggi karena reproduksi suara mengandalkan kualitas dari kedua syarat tadi.

Wala nantinya dapat menghasilkan speaker dengan desain sangat minimalis, teknologi ini memiliki potensi manfaat yang lebih besar lagi. Para peneliti menyebut manfaat ini meliputi bidang robotik, komputasi mobile, dan optik adaptif. (Diolah dari  Sound of silence  tulisan Monika Weiner, Fraunhofer dan www.indonesiarayanews.com)

Simak artikel terkait dengan topik teknologi audio (1)
Mengendalikan Gelombang Suara  

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda