REVIEW

Perawatan Mesin Turbin yang Teratur Meningkatkan Kinerja

0
57
Mesin turbin harus dirawat secara teratur dan periodi agar  agar kinerjanya selalu sesuai dengan rencana. Pilihan jenis pelumas pun harus tepat. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Artikel pekan ini

Jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak hal itu bisa disebabkan kinerja mesin pembangkit listrik seperti mesin turbin yang menurun atau ada gangguan. Oleh karena itu, perawatan mesin  turbin wajib dilakukan secara teratur  yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja.

Mesin turbin harus dirawat secara teratur dan periodi agar  agar kinerjanya selalu sesuai dengan rencana. Pilihan jenis pelumas pun harus tepat. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Perawatan mesin turbin bertujuan untuk mengethui tingkat vibrasi sehingga kesinambungan kinerja mesin dan fungsi  komponen-komponen pendukung mesin selalu terjaga dengan baik dan konsisten. Jika perawatan mesin  turbin tidak dilakukan secara periodik—berdasarkan waktu operasional—mesin mengalami kelelahan bekerja.

Bagaimana cara pengawasan operasional mesin turbin dilakukan terus-menerus yang fokus utama adalah perawatan mesin  turbin? Operator mesin khususnya turbin uap melakukan perawatan dengan cara: perawatan dengan melakukan:  cek vibrasi turbin minimal sekali setahun sekitar 8000 jam (operasional  mesin), turbine vibration yang dilakukan sekali dalam dua tahun atau  selama 16000 jam (operasional  mesin), dan inspeksi  serius atau overhoul yang dilakukan setiap empat tahun atau jam kerja sekitar 32000 jam (operasional  mesin).

Baca juga :   Digitalisasi Berdayakan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan
Advertisement

Selama proses perawatan mesin  turbin dilakukan—bertujuan untuk perbaikan yang rusak—dengan melakukan pengawasan blade turbine apakah ada yang korosi, retak, erosi dan lain-lain, melakukan pengukuran  suhu tekanan pada turbin, mengawasi  nozzle  dengan evaluasi data,  pengawasan kondisi minyak pelumas serta bantalan (bearing), dan pengontrolan rotor serta  komponen-komponen mesin.

Salah satu cara perawatan mesin turbin adalah dengan pemilihan jenis pelumas yang tepat.  Simak  penjelasan Presiden Direktur PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Osman Durrin.

Ikutlah mencerdaskan dan menginspirasi kerabat sendiri dengan membagi informasi yang bermanfaat dari media ini. Terima kasih, Anda melakukannya sekarang. Pilih cara Anda untuk berbagi. Tinggal klik. Salam sukses untuk Anda.

Baca juga :   Industri Galangan Kapal Serap Jutaan Tenaga Kerja

 

Advertisement

Tulis Opini Anda