TEKNOLOGI AUDIO (2)

Peran Stasiun Pengukuran di Ruang Bawah Tanah

0
1
The Media Technology Department (DTM) has several equipments and facilities, which allow performing a large variety of audio, acoustics and vibration measurements. (Sumber foto/@: www.salleurl.edu)

Tebalnya hanya 11mm, namun mengandung semua komponen yang dibutuhkan oleh transduserberupa membran dengan coil di permukaan belakangnya dan magnet permanen.

The Media Technology Department (DTM) has several equipments and facilities, which allow performing a large variety of audio, acoustics and vibration measurements.  (Sumber foto/@: www.salleurl.edu)
The Media Technology Department (DTM) has several equipments and facilities, which allow performing a large variety of audio, acoustics and vibration measurements. (Sumber foto/@: www.salleurl.edu)

Pengeras suara masih terlalu besar. Wadah speaker demonstrator yang dibangun dari dalam Acoustics Lab IDMT masing-masing memerlukan volume dua centiliter, dengan menggunakan gelas pengukur. Panjang seluruh susunan pengeras suara 34 sentimeter dan tebalnya empat sentimeter sehingga perangkat ini pun belum cocok untuk dipasang ke atap mobil.

Oleh karena itu,speakernya harus disusutkan. “Salah satu kendalanyaadalah dengan menyusutkan setiap bagian wadah,” jelas Beer. Tangan kirinya membentuk ruang imajiner yang mendekati tangan kanannya,mendekat dan lebih dekat.

Advertisement

“Jika kita membuat wadahnya terlalu kecil, udara dalam tindakan interior, seperti attenuator, yang membatasi getaran membran Anda bisa bayangkan seperti pompa udara yang tertutup, dimana udara dalam pompa tidak dapat ke luar dan piston harus bergerak untuk memompa udarayang terjebak. Hal yang sama akan terjadi pada membran pengeras suara yang terlalu kecil.”

Dapatkah melakukannya tanpa wadah? “Secara teoritis ya,” jawab insinyur tersebut. “Tanpa wadah, suara yang dihasilkan oleh transduser yang mengubah sinyal listrik menjadi sinyal yang akustik akan berpencar ke segala arah.” Hal ini akan mengakibatkan hilangnya besar kualitas suara, karena gangguan dari suara yang berasal dari sisi depan dan sisi belakang membran akan menghapus bagian yang baik dari gelombang suara frekuensi rendah. Singkatnya, wadah diperlukan. Wadah ini adalah elemen penting dari suara yang bagus.

Daya yang digunakan sangat kecil jika dibandingkan dengan speaker lainnya yang rakus daya. Speaker masa depan ini dipastikan akan memiliki harga yang efisien. (Sumber foto/@: http://i44.tinypic.com/)
Daya yang digunakan sangat kecil jika dibandingkan dengan speaker lainnya yang rakus daya. Speaker masa depan ini dipastikan akan memiliki harga yang efisien. (Sumber foto/@: http://i44.tinypic.com/)

Seberapa jauh wadah itu dapat dikurangi ukurannya? Untuk mengetahui hal itu, tim Beermendirikan stasiun pengukuran di ruang bawah tanah dari Institut untuk menentukan volume wadah minimum untuk masing-masing transduser. Ada desain baru pada alas tes hari ini, yang istimewa datar, istimewa kecil. Meski tebalnya hanya 11mm, namun mengandung semua komponen yang dibutuhkan oleh transduser, yang berupa membran dengan coil di permukaan belakangnya dan magnet permanen.

Magnet dari magnet permanen

Baca juga :   BATAN Seeks Partnership with Russia’s Rosatom

Beer menyingkapkan penutupnya dan menghidupkan transdusernya. Karena medan elektromagnetik sekarang berkembang di sekitar kumparan, yang magnetis tertarik atau ditolak oleh magnet permanen, maka membran mulai bergetar. “Karena saat ini sinyal dalam kumparan bergerak melalui medan magnet dari magnet permanen, maka operator saat ini yang berupa kawat kumparan merasa kekuatan tegak lurus sebanding dengan arus sinyal dan kumparan serta membran yang melekat padanya bergerak.”

Software menghitung volume yang diperlukan wadah terhadap perilaku getaran. Transduser baru memerlukan volume satu sentiliter, sekitar setengah gelas pengukurnya. Oleh karena itu, telah berkurang setengahnya dibandingkan dengan demonstratornya. Volume bahkan dapat dikurangi lebih lanjut menggunakan trik teknis. “Dengan menggunakan perangkat yang mengatasi pelemahan melalui udara, kita dapat menyimpan tambahan yang ketiga,” jelas Beer. Wadah untuk transduser yang lebih rendah justru dibangun di bengkel institut sendiri. Apakah miniatur pengeras suara masih memberikan kinerja yang diinginkan?

Untuk uji asam, kita kembali ke Acoustics Lab. Dan lagi menghadapi kesunyian ini. Suara Beer terdengar diredam. “Memang, itu adalah sesuatu yang harus Anda biasakan. Tetapi aku suka berada di sini. Ini adalah tempat yang ideal untuk menguji pengeras suara karena tidak ada refleksi untuk mengganggu pengukuran.”

Ruangan ini hampir tidak bisa mengujikan sinyal akustik. Hampir, karena refleksinya pernah dapat dihilangkan 100 persen, meskipun yang digunakan adalah irisan tebal wol mineral. Jadi, para peneliti merujuk ke laboratorium mereka sebagai “pemantulan yang buruk.” (Diolah dari  Sound of silence  tulisan Monika Weiner, Fraunhofer)

Simak artikel terkait dengan topikteknologi audio (3)
Perbedaan Speaker Internal dan Eksternal

Advertisement

Tulis Opini Anda