Peran Machining Center yang Bekerja Produktif

0
74
Machining center vertical NBV 400 dengan CAM yang terintegrasi. Keuntungannya, program CNC untuk bagian kerja dapat diuji pada mesin virtual (gambar kiri) dan gambar kanan, mesin berporos X 180 diperbesar menjadi 1100 mm dan Z-Weg 80 ke 900 m pada pusat produksi DMF 260-11 linear dengan NC-Rundtisch yang terintegrasi. (Sumber foto: MM)

Mesin yang berperan machining center  yang bekerja produktif mampu mengerjakan proses drilling, milling, boring, tapping, dan lain-lain.  Apa perbedaan cara kerja kedua jenis machining center? Bagaimana daya bor terhadap logam keras?

Machining center vertical NBV 400 dengan CAM yang terintegrasi. Keuntungannya, program CNC untuk bagian kerja dapat diuji pada mesin virtual (gambar kiri) dan gambar kanan, mesin berporos X 180 diperbesar menjadi 1100 mm dan Z-Weg 80 ke 900 m pada pusat produksi DMF 260-11 linear dengan NC-Rundtisch yang terintegrasi. (Sumber foto: MM)

Bagaimana dan apa  peran machining center  yang bekerja produktif? Suatu  mesin perkakas yang umumnya  dioperasikan pada proses manufaktur dengan kontrol komputer  atau  disebut  computer numerical control (CNC).

Oleh karena itu, CNC Machining Center  adalah satu jenis CNC (mesin machining) yang dioperasikan pada pabrikasi (manufacturing).  Sebagai mesin yang berperan machining center  yang bekerja produktif mampu mengerjakan proses drilling, milling, boring, tapping, dan lain-lain.

Advertisement

Mesin machining  center terdiri dari dua jenis yakni vertical machining center yang arah kerjanya berproses dari atas ke bawah. Sedangkan mesin yang arah kerjanya berproses secara horizontal—maju atau mundur bergantung pada desain mesin dan program—dinamai horizontal machining center.

Bagaimana dan apa peran machining center yang bekerja produktif ? Machining center yang berada di  ruang yang luas berperan untuk pengerjaan benda-benda yang berukuran lebih besar dengan kolom bidang yang terintegrasi  seperti mesin DMF 260-11 buatan produsen mesin tool Gildemeister.

Sebagai perbandingan dengan mesin terdahulu, machining center DMF 260—1 ini berporos X 180 yang dapat diperbesar hingga  1.100 mm dan Z-Weg 80 menjadi 900 mm. keistimewaan lainnya adalah kecepatan mesin Eilgang  yakni 80 m/menit.

Baca juga :   Kebocoran Tinggi di Pengerjaan Logam dan Pabrik Baja, Ini Solusinya

Opsi poros B dan C membuat mesin dalam keadaan fit untuk produksi simultan 5 poros. Spektrum kumparan memberikan varian dengan pengambilan SK-40 dan HSK-A-63 dengan waktu putaran per menit hingga 8000 min–1  dan sebuah momen putar sampai 150 Nm hingga model dengan pengambilan SK-50 dan  HSK-A-100 dengan putaran per menit 10000 min-1 dengan momen putar 288 Nm.

Untuk fleksibilitas produksi komponen besar pada pusat portal vertikal VPZ-Baureihe SSB-Maschinenbau GmbH di Bielefeld, Jerman,  menyediakan kumparan ganda yakni kepala siku untuk produksi horizontal, dan perlengkapan perubahan NC menjadi rotary milling seperti dari segmen bundar dengan radius yang berbeda.

Hal itu sama seperti kepala putar opsional yang tidak hanya mengarah pada form milling, melainkan juga memungkinkan produksi lima sisi yang kuat dan bagian penuangan yang besar.

Cara membangun portal menawarkan kekakuan dan ketepatan yang tinggi pada permukaan milling,  demikian penjelas pemimpin perusahaan Thomas Beyer dan menekankan keuntungan prinsip konstruksi.

Baca juga :   Cara Kerja Mesin Miling Maksimal, Lebih Hemat Energi

Dua meja kerja mesin tidak hanya memungkinkan produksi bandul rasional, melainkan juga pengerjaan bagian yang panjang dengan ketepatan yang tinggi melalui sinkronisasi kedua poros meja karena dengan metode kerja besar, penempatan meja tidak mengganggu ketepatan geometri produksi seperti yang dipastikan Beyer.

Meskipun pada produksi komponen besar, metode kerja menempuh hingga 6.000 mm yang hasil akhirnya adalah ketepatan tertinggi hingga wilayah mikrometer. Mesin portal ini menampilkan toleransi  yang ketat.

Cara berperan machining center  yang bekerja produktif  juga berkaitan dengan hasil pengurangan tegangan, mesin tidak perlu “disembunyikan”  seperti yang ditunjukkan oleh Beyer. Daya kerja bor dengan perkakas logam keras pada ST 650 terletak pada diameter 65 mm dan daya kerja frais pada 100 cm3/menit.  (Bahan diolah dari tulisan Bernhard Kuttkat, majalah MM Jerman)

Simak Bagaimana Cara Mengganti Tool dari Mesin?

Advertisement

Tulis Opini Anda