FOOD & HOTEL EXPO (2)

Peralatan Dapur Buatan Lokal Saingi Produk Mancanegara

0
72
Beragam peralatan untuk industri makanan dan minuman (gambar kiri) dan seorang chef memperagakan cara manggang daging sapi dengan menggunakan oven UNOX buatan Italia. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Mesin pengolah kopi  buatan Italia dicari untuk mengolah kopi yang tumbuh di Indonesia. Italia tidak mengenal kebun kopi, namun beragam citarasa kopi dibuatnya.

Beragam peralatan untuk industri makanan dan minuman (gambar kiri) dan seorang chef memperagakan cara manggang daging sapi dengan menggunakan oven UNOX buatan Italia. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Beragam peralatan untuk industri makanan dan minuman (gambar kiri) dan seorang chef memperagakan cara manggang daging sapi dengan menggunakan oven UNOX buatan Italia. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Pertumbuhan sektor industri makanan dan minuman menarik bagi para pembuat mesin dan peralatan dapur untuk hotel dan restoran. Puluhan perusahaan dari Amerika, Eropa, Asia, dan Australia mengikuti Food & Hotel Indonesia 2017. Total investasi di sektor industri makanan dan minuman mencapai Rp50 triliun (2016) meningkat 16 persen dari tahun 2015 (Rp43 triliun). Industri perhotelan pun bertumbuh.

PT Bimatama Inter Kreasi menggelar pameran sejenis di Jakarta International Expo Kemayoran pada 10-12 Agustus 2017. Bertemakan Creative Innovation on Food Ingredients beragam teknologi inovatif dapat dipelajari dari para pembuat peralatan industri makanan dan minuman.  Apa dan bagaimana kesan peserta Food & Hotel Indonesoa 2017?

Advertisement

Peserta PT Trevi Fontana Indonesia menawarkan produk merek LaCimbali, Faema, dan Casadio—mesin pemanas air untuk kopi dan keperluan lainnya—ketiganya buatan Italia. Kita tahu bahwa di Italia tidak ada kebun kopi seperti di Indonesia. Sebagian besar mesin menggunakan baja dan aluminium. Sementara PT Agro Boga Utama yang dikomandani oleh Achmad Rachmi menyediakan beragam produk bahan makanan beku seperti daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan beku, kentang, dan sayuran—semua produk itu digunakan pada industri makanan. Dengan merek Aviko, Agro Boga mempunyai gudang, fasilitas logistik, dan didukung oleh 500 orang pekerja profesional.

Lokasi pabrik PT Gastro Gizi Sarana di Kawasan Industri Sentul Bogor, Jawa Barat. Gastro mempunyai 3 anak perusahaan yakni ditribusi dan manufaktur. Selain memproduksi 20-an jenis peralatan memasak, Gastro memberikan konsultasi, desain, instalasi (mesin), testing commissioning, dan servis repreasi peralatan. Di sela kesibukannya, Yen Lie menyatakan kualitas produksi Gastro bisa bersaing dengan peralatan dapur buatan negara maju.

Made in Indonesia

Dua perusahaan warehouse adalah PT Kawan Lama dan PT Exinergy Indonesia.  Menurut Lukas Hardinata Purba sales representative warehouse, Kawan Lama menyediakan beragam racking dan robot cerdas yang dilengkapi dengan storage otomatis sistem perangkat lunak secara cloud agar para pelanggan mudah membeli beragam pallet racking.

Sementara Rendy Akmilius supervisor business menjelaskan, Exinergy Indonesia adalah distributor eksklusif untuk storage & racking system, pallet & containers, warehouse utility & equipment, aerial working platform, lifting equipment, pressure washer, pressure water blaster, auto scrubber dryer, sweeper, vacuum cleaner, pneumatic conveyors, dan sebagainya.

Jingcheng Electric Energy Equipement Hong Kong Limited melalui cabangnya PT Cheng Xin Hongkong Indonesia menawarkan alat pemotong, pembersih, dan alat masak daging, ketel, alat mie rebus, dan alat pemasak otomatis dan produl lannya.  Sementara PT Bintang Delta Mandiri menyediakan beragam test dan measurement dengan merek DVpower, ROHDE&SCHWARZ, HAEFELY HIPOTRONICS, SATEC Powerful SolutionsKYORITSU, dan elspec.

Sedangkan produk merek UNOX dari PT Multi  Flashindo Karisma mewakili perusahaan UNOX s.p.a perusahaan dari Italia memperagakan cara memanggang daging sapi dalam oven. Menurut Dika Yuda Febriani dengan menggunakan alat mereka, maka akan terwujud: The idea in your mind, the solutions in your hand, dan sign your cooking process. UNOX juga menawarkan oven khusus untuk membuat roti berkualitas dunia dan higenis.

Baca juga :   Bisnis yang Menggairahkan dan Ancaman Penyakit

Perusahaan dari Jerman, Werner & Pfleiderer GmbH atau dikenal dengan WPBAKERY GROUP menyediakan mesin dan sistem yang mampu mengcover seluruh kebutuhan para pelaku industri roti. Beragam perusahaan di semua benua telah menggunakan mesin pembuat roti merek WP.

Divisi proses makanan PT OMETRACO ARYA SAMANTA menawarkan refrigeration system yang tepat digunakan di supermarket, toko roti, dan industri makanan. Sementara JAPFA menawarkan alat pemanggang steak dengan merek Tokusen Bifuteki. Perusahaan HOSHIZAKI yang berdiri di Nagoya, Jepang, pada tahun 1947, memproduksi beragam mesin seperti vending machines, penyaring air, server, refrigerators, dispenser, dan mesin pembuat es. Sementara PT FONTERRA BRANDS INDONESIA menawarkan packaging makanan buatan perusahaan di Selandia Baru.  Jika ingin membuat makanan segar, ungkapnya, gunakanlah Fonterra.

Demikian pula produk buatan Maschinenfabrik Kurt Neubauer GmbH dari Jerman dengan merek FlexCombi menawarkan paket peralatan memasak, tempat memasak sayuran, dan oven—semua bahan terbuat dari steel. Sedangkan perusahaan dari Inggeris, GRANULDISK menawarkan mesin pencuci perkakas dapur yang bisa menghemat penggunaan air 91,7 persen. Kebersihan produk yang dicuci dijamin kualkitasnya, imbuh Cho Seng LIM Area Sales Manager yang berkantor di Singapura itu.

PT GREAT GIANT LIVESTOCK menawarkan beragam buah, jus, susu, daging beku, roti, dan mempunyai perkebunan di Lampung. Beragam mesin dan kemasan makanan dapat dipesan dari PT FERMERA FOODS. Perusahaan ini juga menjual keju dan margarine  kualitas internasional dengan merek Elle&Vire.   PT HORECABA JAYA MAKMUR, PT DELISARI NUSANTARA, dan PT DELI FOOD menawarkan beragam sayur segar dan  buah segar.

Butuh kunci atau penutup pintu kamar dengan teknologi canggih? Perusahaan yang ikut menggelar alat atau kunci pintu kamar hotel adalah Kenari Jaya, PT Mitra Global Kencana, dan Onity yang bermarkas di Duluth, GA. Produk Onity telah digunakan di 25.000 hotel seluruh dunia, rumah sakit, universitas dan gedung-gedung perkantoran.

Sampai ketemu pada Food & Hotel Indonesia 2017 yang (mungkin) lebih meriah karena pameranakan dilengkapi dengan konsep (tambahan) retail.

Simak Food & Hotel EXPO (1)
Dari Gorengan Hingga Mesin Canggih

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda