Peningkatan Produksi Komposisi Termoplastik

0
5

Giuseppe Ponzielli dan Dirk Zimmermann

Untuk menyempurnakan infiltrasi lelehan serat panjang menjadi lelehan termoplastik maka dikembangkanlah pompa dengan banyak saluran. Dalam setiap pompa dengan paling banyak memiliki 24 saluran serat untai dibasahi dengan termoplastik. Hasilnya aalah komposisi dengan sifat yang lebih baik.

Cakram-pompa lelehan, dengannya tiga helai putih serat dikumpulan keatas. Hasilnya dibasahi dengan filamen thermoplastik dari samping.

Untuk menyederhanakan dan meningkatkan produksi erat panjang yang diperkuat dengan komposit termoplastik (LFT), sebuah perusahaan Italia yang bergerak di bidang daur ulang dan teknik peracikan, RTC s.r.l, mengembangkan sistem Nexxus Channel-F (Gambar 1). Penggunaan bahan-bahan yang sekarang ini digunakan tidak mampu menguraikan uraian serat menjadi lelehan dan di saat yang sama membasahi dengan sempurna, tanpa memperpendek panjang serat secara berlebihan. untuk mendapatkan kelembaban secara sempurna pada setiap bagian, penggulung terus menggunakan helaian serat yang telah tersedia sampai sekarang tapi seringkali komponen sekrup kembar ekstruksi tidak bisa diandalkan. Pengaduk dan penggiling sangat dibutuhkan untuk membasahi serat sesempurna mungkin.

Advertisement

Ini adalah masalah klasik yang biasa terjadi pada komposisi yang sangat tidak homogen dengan sifat optik dan mekanis yang buruk. Entah karena pendistribusian serat panjang yang biasanya di bawah wilayah serat panjang yang kritis atau, pada serat yang lebih panjang, pembasahannya tidak benar-benar sempurna. Ini mengakibatkan terdapatnya “daerah putih” dengan serat yang tidak terbasahi, yang secara estetika tidak dapat diterima, misalnya dalam industri otomotif. Komposisi dengan serat panjang penguat thermoplastik biasanya terbuat dari polypropylene, polietilen atau poliamida dengan serat gelas, serat kabon atau kadang-kadang dengan serat penguat alami. Jika, seperti yang sudah umum dilakukan saat ini, dihantarkan dengan  serat dengan nilai TEX mulai dari 2400 helai per 1m/s, maka pembasahan bisa tercapai hingga 4,4 m2 per detik permmukaan serat yang terbasahi per perbaris 1m/s. Hal ini menjelaskan, mengapa sampai saat ini hal ini merupakan problem, karena permukaan yang sangat besar ini dibasahi dalam waktu yang sangat singkat dan mengapa pada sistem masa kini sangat sering terdapat untaian serat yang tidak dibasahi dalam produknya.

Baca juga :   Kecanggihan Mobil Inggeris, Ini Rahasia Teknologinya

Nexxus Channel-F akan merubah hal ini secara signifikan: untaian serat akan dihantarkan kedalam proses ekstrusi atau proses peracikan dengan sangat mudah. Di sana, serat akan dilengkapi dengan infiltarsi lelehan dan diselesaikan dengan pembuangan cairan ke sistem hilir. Pengembangan ini pada dasarnya merupakan sistem cakram dan pompa lelehan dengan banyak saluran yang mengalir, dengan dalam setiap saluran, untaian serat akan diresapi dan diinfiltrasi. (gambar 2).  karena pergeseran aliran yang besar, serat dapat teresap dengan baik dan diventilasikan saat pengolahan sistem hilir selesai (Pull-Push-Trusion). Dengan aliran lelehan yang telah ada, kadar serat dapat sangat mudah dikontrol dengan melihat kecepatan cakram.  Untuk desain dan instalasi, contoh pompa lelehan ada di Benelux-Staaten untuk wilayah Jerman, perusahaan Extruder Experts di Rusia, Monnschau yang bertanggung jawab.

Helaian serat bekelanjutan (merah) dibasahi dengan lelehan thermoplasik (biru). Hasilnya adalah komposisi dengan sifat yang lebih bagus.

Dengan perkembangan ini bahan matriks yang berbeda semacam serat penguat seperti serat gelas, serat alami (rami), serat sintesis (aramid) dan serat karbon dapat diproses. Dengan syarat, penggulung serat adalah barang berkelanjutan. Cakram-pompa lelehan ini dapat memiliki jumlah saluran yang berbeda-beda: antara 3 sampai 24 helai serat. Setiap saluran memungkinkan output sekitar 20-30 kg/jam per helai serat. Unit pompa yang kompak dapat dengan mudah beradaptasi dengan mesin yang ada. (MM/gesamt 004/2010  p-35)

Dr. Giuseppe Ponzielli direktur perusahaan RCT s.r.l I-21040 Vedano Olona. Dipl.-Ing. Dirk Zimmermann adalah direktur  perusahaan Extruder Experts GmbH & Co. KG in D-52156 Monschau.

Advertisement

Tulis Opini Anda