KONSTRUKSI BANDARA

Pembangunan Bandara Sepinggan Telan Rp1,9 triliun

0
18

Anggaran Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sepinggan (PPBIS) di Kalimantan Timur  diperkirakan mengalami eskalasi dari Rp1,6 triliun menjadi Rp1,9 triliun. Hal itu terjadi karena adanya perubahan desain dan arsitektur bandara yang diproyeksikan menjadi yang ketiga terbesar di Indonesia.

130422-02a

Deputi Bidang Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden Tirta Hidayat mengatakan perubahan desain dan penyesuaian arsitektur bertujuan untuk menyempurnakan bandara agar lebih baik.

Advertisement

Beberapa desain yang berubah seperti fly over dan tambahan pembangunan gedung parkir yang dapat menampung kendaraan pengantar maupun penjemput di bandara tersebut.

Akibat penyesuaian ini,  ada sedikit keterlambatan pekerjaan fisik dari rencana target gabungan sebesar 83,19% per 7 April 2013 hanya terealisasi sebesar 65,99%.

“Namun,  kami tetap optimistis proyek bisa selesai pada pertengahan Oktober mengingat telah ada komitmen dari pelaksana proyek di lapangan,” ujar Tirta.

Dia mengharapkan molornya proyek tidak sampai akhir Oktober karena akan berdampak pada peresmian yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Karena itu,  seluruh penanggung jawab lapangan perlu menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pengerjaan proyek tersebut.

PPBIS pada awalnya terdiri atas tiga paket pembangunan yang meliputi pembangunan gedung,  fasilitas penunjang serta infrastruktur pendukung lainnya.

Untuk pekerjaan Paket I,  dengan kontraktor PT Waskita Karya telah merampungkan pekerjaannya pada awal tahun ini.

Adapun untuk Paket II dengan kontraktor KSO PT Wijaya Karya,  PT PP,  dan PT Adhi Karya serta Paket III dengan kontraktor KSO PT Jaya Konstruksi dan PT Istaka Karya proses pekerjaan masih berlangsung.

Baca juga :   Bukit Asam Gunakan Teknologi Catalytic Hydrothermal Australia

General Manager PPBIS Wendo Asrul Rose memaparkan kendala untuk pekerjaan Paket II salah satu penyebabnya yakni keterlambatan penyelesaian pekerjaan Paket I.

Adapun untuk Paket III,  kendala banyak disebabkan oleh kontur tanah yang mengganggu pembangunan jalan akses menuju bandara.

Pihaknya juga mengusulkan dua tambahan paket proyek untuk PPBIS yakni Paket IV untuk pembangunan tower pengawas dan Paket V untuk pembangunan gedung parkir.

Wendo menuturkan dua paket ini juga telah memasuki masa lelang termasuk untuk Paket V yang diharapkan bisa mendukung operasional Bandara Sepinggan. (Sumber: tender-indonesia.com)

Advertisement

Tulis Opini Anda