EFISIENSI TAMBANG (3)

Pelumas ExxonMobil Mampu Menahan Lemak

0
48
Seperti tabung pasta gigi yang dapat melembek atau bentuknya berubah, demikian juga wadah pelumas yang dapat roboh jika dilakukah secara konvensional. (Foto: Rayendra L Toruan) 

Sistem GOLD  dapat  menekan biaya operasional dan menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan wadah pelumasan konvensional.

Seperti tabung pasta gigi yang dapat melembek atau bentuknya berubah, demikian juga wadah pelumas yang dapat roboh jika dilakukah secara konvensional. (Foto: Rayendra L Toruan)

 

Sistem GOLD (Grease One-Way Logistics and Distribution)  ExxonMobil adalah wadah Flexi-Flam Flam yang fleksibel dan mampu menahan hingga 1.800 pon lemak—setara dengan hampir lima drum lemak khas  dan mencegah kontaminan yang berasal dari  udara dan air yang memasuki wadah.

Advertisement

Ditempatkan di atas palet transportasi yang mudah untuk manuver, wadah multi-layered Fluid-Bag Flexi berfungsi seperti tabung pasta gigi yang tadinya tegak, secara bertahap isi pasta itu kian habis sehingga tabungnya mengendor. Demikian juga wadah yang bisa roboh karena minyak dilepaskan melalui unit pengeluaran secara otomatis.

Bila waduk minyak di dalam tas habis, wadah Fluid-Bag Flexi sekali pakai dapat dengan mudah dibuang, dan tentu menghilangkan biaya serta usaha untuk mengatasi drum atau totum yang dapat dikembalikan.

Kebanyakan perusahaan mengandalkan drum baja berat, baja (atau plastik) totes atau drum tangki massal permanen, untuk menangani, menyimpan, dan mengangkut minyak.

Dengan sistem GOLD yang baru dan manfaat dari wadah Fluid-Bag Flexi, maka manajer pemeliharaan dapat menghilangkan biaya dan waktu yang diperlukan untuk menangani dan mengangkut drum atau tangki massal, yang seringkali menempati area penting dari ruang lantai yang berharga dan mempersulit pengelolaan inventaris.

Grease adalah pelumas semisolid. Grease umumnya terdiri dari sabun yang diemulsi dengan minyak mineral atau nabati. Ciri khas minyak gemuk adalah bahwa bahan ini memiliki viskositas awal yang tinggi, yang pada saat aplikasi geser, turun untuk memberi pengaruh bantalan minyak yang dilumasi dengan minyak kira-kira viskositas yang sama dengan minyak dasar yang digunakan dalam minyak. Perubahan viskositas ini disebut shear thinning.

Mempertahankan kualitas produk

Bahan grease dapat juga digunakan untuk menggambarkan bahan pelumas yang hanya berupa padatan lunak atau cairan viskositas tinggi. Akan tetapi, bahan ini tidak menunjukkan karakteristik penipisan geser dari minyak klasik. Misalnya, jeli minyak bumi seperti Vaseline umumnya tidak digolongkan sebagai gemuk.

Baca juga :   Galian Tambang Emas Naik 30 Persen di Menado, Apa Rahasianya?

Grease hanya diaplikasikan pada mekanisme yang jarang dapat dilumasi dan minyak pelumas tidak akan bertahan. Bahan pelumas juga “bertindak” sebagai sealant untuk mencegah masuknya air dan bahan yang mampat. Bantalan dilumasi oli yang memiliki karakteristik gesekan yang lebih besar karena viskositas tinggi.

Manajemen ExxonMobil memiliki tradisi pengujian produk yang dilaksanakan secara ketat, dan hati-hati untuk mengevaluasi sistem Liquid-Bag untuk transportasi minyak. Tim ahli  menemukan bahwa sistem       GOLD tersebut mampu mempertahankan kualitas asli dari produk gemuk—berlangsung tidak   hanya selama transportasi dan penyimpanan, namun juga saat bahan itu dibuang.

Pihak PT ExxonMobil Lubricants Indonesia melakukan uji coba di lapangan dengan sistem di berbagai operasi industri besar. Dengan uji coba hal itu menunjukkan bahwa sistem GOLD dapat menghasilkan penghematan biaya yang besar jika dibandingkan dengan jumlah pokok dan drum konvensional. Bagaimana di perusahaan Anda?

 

 

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda