Pegangan yang Hangat

0
1
CNT
Material gabungan CNT di dalam suatu pegangan menghangatkan dengan cepat dan tepat. (Sumber foto: Fraunhofer TEG)

Para pekerja konstruksi dan penebang kayu tetap bekerja di alam terbuka pada musim dingin. Untuk sedikit membantu meringankan beban pekerjaan mereka, para ilmuwan di Fraunhofer Technology Development Group TEG mengembangkan pegangan yang hangat bagi peralatan mesin yang menggunakan pegangan.

CNT
Material gabungan CNT di dalam suatu pegangan menghangatkan dengan cepat dan tepat. (Sumber foto: Fraunhofer TEG)

Dengan demikian, para pengendara sepeda motor dan kendaraan beroda dua tidak perlu lagi menderita kedinginan khususnya pada tangan mereka. Untuk mewujudkan maksud tersebut, material gabungan carbon nanotube atau CNT dilekatkan ke dalam pegangannya dan menghubungkan suatu sumber listrik pada lapisan CNT tersebut.

Ketika suatu aliran listrik dinyalakan, material gabungan CNT berlaku sebagai resistor dan dihangatkan oleh arus listrik yang mengalirinya. Dengan cara ini, energi listrik diubah menjadi panas yang menyebar dengan cepat dan akhirnya mengelilingi keseluruhan permukaannya.

Advertisement

Melalui cara ini, cermin di kamar mandi, sistem pemanasan di bawah lantai, tangki air minum, dan penghangat ruangan yang semuanya bisa ditambahkan dengan material CNT. (Fraunhofer)

Baca juga :   Cara Mudah Membuat Kapal
Advertisement

Tulis Opini Anda