Papua Bangun Pabrik Semen Curah

0
27

Pemerintah Provinsi Papua sedang melakukan studi kelayakan untuk membangun (sebuah) pabrik semen curah di Timika dalam waktu dekat.  Pejabat Gubernur Papua,  Drh Constant Karma,  mengatakan pabrik semen curah tersebut rencananya akan dibangun di kawasan Pelabuhan Paumako,  Timika.

130219-02a

Pabrik Semen Papua tersebut  akan dikelola oleh Perusahaan Rakyat Papua Sejahtera (RPS),  sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Papua.

Advertisement

“Dengan membangun perusahaan semen itu, kami mengharapkan harga semen di Papua bisa turun dan rakyat bisa lebih mudah mendapatkan material semen untuk membangun rumah,” kata Constant Karma.

Menurut dia,  saat ini PT Semen Tonasa juga sedang membangun pabrik semen curah di Depabre Jayapura.

Sementara itu,  Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pembangunan dan Potensi Daerah,  Dr Agus Sumule mengatakan pada tahap awal pabrik tersebut sebatas pengepakan material semen yang dibeli dari pabrik semen lain dengan diberi logo “Semen Papua”.

“Darimana pun asalnya tidak jadi soal,  asal kita packing (bungkus) dengan nama Semen Papua,” tutur Agus.

Ia mengatakan,  fasilitas pengepakan Semen Papua itu dibangun di kawasan Pelabuhan Paumako,  Distrik Mimika Timur,  terpisah dari lokasi pelabuhan umum.  Saat ini Pemprov Papua sedang melakukan studi engineering.  Pemprov Papua juga mengharapkan keterlibatan Pemkab Mimika untuk menanamkan investasi dalam pembangunan Pabrik Semen Papua tersebut.   

Guna mewujudkan rencana tersebut,  sejauh ini Pemprov Papua telah melakukan studi banding ke Pabrik Semen Kupang di NTT,  Pabrik Semen Tonasa di Makassar dan Pabrik Semen Gresik di Jawa Timur untuk kerja sama memasok material atau bahan baku semen. (Sumber: tender-indonesia.com)

Baca juga :   Masterplan P3EI Koridor Ekonomi Indonesia

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda