Pabrik Besi Patungan Krakatau-Antam Rampung Pertengahan 2012

0
4

Penyelesaian pembangunan pabrik besi patungan antgara  PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) molor dari rencana semula akhir 2011 menjadi ke semester II tahun 2012.

Menurut Corporate Secretary KRAS,  dengan molornya penyelesaian pabrik milik anak usaha patungan bernama PT Meratus Jaya Iron & Steel (MJIS) itu maka peluang KRAS mendapatkan pasokan bahan baku dari MJIS ikut tertunda.

Advertisement

“Bahan baku dari MJIS lebih kompetitif karena menggunakan bahan baku lokal,” katanya.

Pabrik tersebut sebelumnya diprediksi akan rampung pada akhir 2011 sesuai dengan prospektus ringkas yang diterbitkan KRAS sebelum melangsungkan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) tahun lalu.

Namun,  tidak disebutkan alasan dari molornya pembangunan pabrik tersebut.  Perusahaan baja plat merah itu hanya menyebut proses pembangunan pabrik besi (Rotary Kiln) berkapasitas 315.000 DRI/tahun mencapai 96,05%.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baja itu juga membangun pembangkit listrik berkapasitas 2×14 MW/tahun untuk kebutuhan pabrik tersebut,  prosesnya sudah mencapai 63,85%.

“Dengan demikian penyelesaian pembangunan diperkirakan akan selesai pada semester II-2012,” tambahnya. (Sumber: tender-indonesia.com)

Baca juga :   Bangun pabrik di Tuban, Holcim sediakan US$ 200 Juta
Advertisement

Tulis Opini Anda