EFISIENSI MANUFAKTUR

Optimalkan Kinerja Pabrik dan Fungsi CAD/CAE Aman

0
7
Dengan menggunakan software SIMATIC PCS 7, suatu pabrik yang dioperasionalkan dalam proses produksi suatu jenis barang seperti semen, mengendalikan berbagai fungsi dan pekerjaan meliputi: integrated engineering, plan asset management, APC optimization, energy management, batch process, material transport, safety integrated, integrated field devices, integrated MCC & drives, integrated switchgear, integrated package unit, information management, dan life cycle & remote services. (Sumber foto: SIEMENS)

Fungsi SIMATIC PCS 7 cukup unik yang berhubungan dengan penambahan COMOS—bagan  alir perencanaan yang terintegrasi dari deskripsi proses hingga ke program otomatisasi. Data pabrik bisa diimpor tanpa menimbulkan masalah terhadap fungsi peralatan CAD/CAE.

Dengan menggunakan software SIMATIC PCS 7, suatu pabrik yang dioperasionalkan dalam proses produksi suatu jenis barang seperti semen, mengendalikan berbagai fungsi dan pekerjaan meliputi:  integrated engineering, plan asset management, APC optimization, energy management, batch process, material transport, safety integrated, integrated field devices, integrated MCC & drives, integrated switchgear, integrated package unit, information management, dan life cycle & remote services. (Sumber foto: SIEMENS)
Dengan menggunakan software SIMATIC PCS 7, suatu pabrik yang dioperasionalkan dalam proses produksi suatu jenis barang seperti semen, mengendalikan berbagai fungsi dan pekerjaan meliputi: integrated engineering, plan asset management, APC optimization, energy management, batch process, material transport, safety integrated, integrated field devices, integrated MCC & drives, integrated switchgear, integrated package unit, information management, dan life cycle & remote services. (Sumber foto: SIEMENS)

Perusahaan SIEMENS—kantor pertama di Surabaya, Indonesia pada 1909 dan tahun 1973 berdiri PT Siemens Indonesia—selalu berorientasi berdasarkan kepentingan bisnis dan  permintaan-permintaan para pelanggan—harus mampu memenuhi permintaan  pasar di seluruh dunia.  Oleh karena itu, SIEMENS berusaha dan terus mengoptimalisasikan produk-produk dan jasa  pelayanan-pelayanannya untuk membantu dan  mengamankan daya saing para pelanggan—umumnya para pelaku industri manufaktur. Salah satu caranya, SIEMENS melakukan pengembangan jangka panjang yang sistematis agar dapat memberikan  permintaan para pelanggan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu.

Salah satu bentuk pemenuhan itu melalui otomatisasi produks yang berlaku di pabrik—ketika terjadi proses produksi—tentu saja menggunakan energi (listrik, air, waktu, pengendalian proses, dan sebagainya) yang harus diongkosi (biaya produksi). Akan tetapi, besaran ongkos kadang membentur pemenuhan target penjualan produksi. Daya saing pun sulit ditembus jika ongkos produksi terus membengkak. Bagaimana menghemat ongkos atau biaya  produksi, sementara kinerja pabrik mampu meningkat yang berdampak teradap peningkatan kinerja pabrik secara keseluruhan?

Advertisement

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan tantangan bagi para pakar di SIEMENS. Tim pakar yang bekerja bertahun-tahun berusaha mengetahui proses kerja mesin dan alat industri sehingga solusi terhadap masalah yang dihadapi para pelaku manufaktur/industri  merupakan dukungan yang signifikan. Jika semua mesin dan alat produksi—termasuk sistem teknologi—dapat bekerja secara optimal maka dengan demikian sistem itu justru mengoptisasikan kinerja pabrik-pabrik  dalam hitungan hari.

Konsep-konsep otomatisasi dan pelayanan yang cerdas berkontribusi secara meyakinkan bagi penambahan nilai-nilai yang lain. Konsep-konsep ini meningkatkan kemampuan pabrik, kemampuan untuk mendapatkan keuntungan, dan keamanan produksi serta bangunan, di mana konsep-konsep itu dirancang secara khusus agar mampu melindungi investasi-investasi dan mempertajam daya saing perusahaan (pelaku manufaktur).

Implementasi manajemen produksi suatu industri—yang mengoperasikan pabrik dengan berbagai mesin dan alat produksi untuk semua jenis dan ukuran—bukanlah pekerjaan mudah. Para operator dan manajer produksi di lingkunganpabrik haruslah memiliki pengetahuan yang standar. Mereka harus  mendapatkan pelatihan secara istimewa sehingga proses pengimplementasian otomasi yang bekerja  cepat dan efisien.

Budaya inovatif perusahaan yang dicapai dari penelitian yang luas dan peningkatan hasil pekerjaan yang optimal dicapai berkat sistem  otomatisasi seperti yang ditawarkan oleh SIEMENS. Penggerak inovasi bertujuan untuk pengembangan industri produksi lebih jauh.

Secara konsisten berorientasi pada kepentingan pelanggan, daya inovasi yang tinggi, serta portofolio produk dan layanan yang komprehensif, SIEMENS membangun suatu dasar bagi hubungan-hubungan bisnis terpercaya sehingga para pelaku industri  dapat mencapai peningkatan produksi secara optimal disertai penurunan ongkos produksi (efisiensi).

Mengefektifkan biaya dalam pengoperasian pabrik

SIMATIC PCS 7 adalah salah satu dari sekian sistem pengendali produksi yang digunakan di berbagai sektor industri di dunia. Salah satu persyaratan penting untuk posisi yang terdepan ini adalah pencapaian kinerja pabrik-pabrik. Para pelaku manufaktur selalu mencari gagasan-gagasan, sistem produksi, dan solusi-solusi atas permasalahan yang sering terjadi di lingkunghan parik itu sendiri.

Di lingkungan pabrik produksi, sistem pengendali proses adalah titik awal bagi tambahan nilai yang optimal—semua  prosedur dan proses bisa dioperasikan, dipantau, dan dipengaruhi dengan sistem pengendali proses. Sistem pengendalian produksi adalah proses yang saling berhadapan, harus mampu menghasilkan proses yang aman dan pengendalian pabrik serta pada saat yang sama berperan sebagai pusat basis data—dari mana potensi optimalisasi lebih jauh bisa disalurkan.

Jika sistem pengendalian prosesnya semakin kuat, maka potensi ini bisa digunakan secara lebih efektif. Oleh karena itu, penggunaan SIMATIC PCS 7 akan mencapai skalabilitas, fleksibilitas, dan integrasi di lingkungan pabrik. Berawal dengan perencanaan dan permesinan, lalu sistem pengendali proses tersebut menawarkan peralatan-peralatan, manfaat dan fitur-fitur untuk mengefektifkan biaya dan mengoperasikan pabrik yang efisien melalui seluruh fase dari siklus hidup di suatu  pabrik.

Kinerja yang terintegrasi

Integrasi merupakan salah satu dari kekuatan khusus SIMATIC PCS 7 yang dibuktikan berdasarkan beberapa aspek  meliputi, antara lain:

  • Integrasi horisontal ke dalam TIA (telecommunication industry association).
  • Integrasi vertikal ke dalam komunikasi hierarkis.
  • Peralatan-peralatan yang terintegrasi dengan sistem untuk tugas-tugas permesinan.
  • Fungsi-fungsi yang terintegrasi, misalnya untuk otomatisasi proses yang beriringan, keamanan proses, manajemen energi, tugas-tugas atau fungsi mesin/alat produksi  yang dikendalikan dari jarak jauh, dan sebaginya.
  • Integrasi dari level dasar termasuk penentu arah (drives), gir penyelaras (switchgear), dan sebagainya
Pakar SIEMENS berdiskusi di ruang konrtrol  suatu industri manufaktur yang menggunakan beragam mesin dan teknologi. (Sumber foto: SIEMENS)
Pakar SIEMENS berdiskusi di ruang konrtrol suatu industri manufaktur yang menggunakan beragam mesin dan teknologi. (Sumber foto: SIEMENS)

Suatu sistem untuk otomatisasi dari keseluruhan rantai proses, mulai dari proses penyortiran bahan-bahan mentah yang digunakan hingga menjadi barang-barang (produk)  yang dihasilkan—merupakan hasil pencapaian optimal berkat integrasi yang tidak pernah terputus dari SIMATIC PCS 7 di dalam totally integrated automation.

Sistem pengendali proses tersebut berfungsi mengotomatisasikan proses-proses utama. Sistem ini dapat melakukan lebih banyak tugas seperti pengendalian infrastruktur elektrik di dalam membentuk gir penyelaras yang bertegangan rendah atau bertegangan sedang, sehingga bisa diintegrasikan ke dalam sistem.

Integrasi dari komponen-komponen standar SIMATIC seperti sistem-sistem otomatisasi, komputer-komputer industri, komponen-komponen jaringan, atau unit-unit I/O yang terdistribusi, ke dalam sistem pengendali proses, menjamin interaksi yang optimal dari komponen-komponen, menjamin keuntungan-keuntungan seperti pemilihan yang sederhana, dan  mengurangi penyimpanan barang-barang persediaan.

Baca juga :   Teknologi Pembangunan Kabel Bawah Laut

Komunikasi hierarkis dari sebuah perusahaan mencakup pada level dasar, level pengendali, dan level proses, yang bergantung pada manajemen dan perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning atau ERP). Mekanisme yang terstandarisasi berdasarkan pada standar-standar industri internasional untuk mekanisme-mekanisme internal, yaitu SIMATIC PCS 7 yang bisa memberikan data proses bagi analisis, perencanaan, koordinasi, dan optimalisasi dari alur pabrik atau proses-proses produksi dan bisnis, yang di dalam waktu sekarang dan pada berbagai lokasi di dalam perusahaan.

Pusat permesinan

SIMATIC PCS 7 dapat mengetahui perbedaan fungsional yang berjenjang, filosofi pengendalian operator yang konsisten, permesinan, dan peralatan-peralatan manajemen yang terstruktur secara seragam. Suatu pusat sistem permesinan dengan suatu cakupan peralatan yang terkoordinasi bagi sistem permesinan yang terintegrasi dan penyusunan otomatisasi perangkat, fungsi-fungsi yang aman, transportasi material atau sistem-sistem pengendalian jarak jauh menciptakan tambahan nilai di atas keseluruhan siklus hidup. Pengurangan-pengurangan di dalam penyusunan dan pelatihan menghasilkan biaya-biaya yang minimal dari total biaya kepemilikan (total cost of ownership atau TCO).

Berdasarkan pada proses otomatisasi tipikal atau persyaratan-persyaratan yang biasa, SIMATIC PCS 7 bisa diperluas secara fungsional untuk contoh-contoh sebagai berikut :

  • Otomatisasi kumpulan proses (SIMATIC BATCH).
  • Keamanan fungsional dan fungsi-fungsi perlindungan (safety integrated for process automation).
  • Pengendalian rute untuk transportasi material (SIMATIC Route Control).
  • Unit-unit sistem pengendali jarak jauh (SIMATIC PCS 7 TeleControl)
  • Otomatisasi dari gir-gir penyelaras elektrik.

Fungsi-fungsi tambahan lebih jauh yang juga terintegrasi, atau bisa diintegrasikan, tidak terpisah di dalam sistem pengendalian membuat optimalisasi dari proses-proses dan reduksi-reduksi di dalam mengoperasikan biaya-biaya yang mungkin. Sebagai contoh, SIMATIC PCS 7  mempunyai peralatan-peralatan bagi manajemen energi dan aset, dan memilki fungsi-fungsi pengendali yang berkualitas dan menggunakan piringan tertutup—merupakan solusi dan rujukan bagi otomatisasi khusus hanya bagi para pelaku industri.

Para pengguna SIMATIC PCS 7 mengambil keuntungan yang besar dari program sistem yang teratur berdasarkan pada komponen-komponen SIMATIC yang standar. Penyeragamannya memungkinkan terciptnya skala yang fleksibel untuk perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), sehingga menciptakan interaksi yang maksimal dengan sistemnya, yang juga menciptakan interaksi yang maksimal untuk melampaui batas-batas yang ada pada sistem tersebut.

Skalabilitas sistem pengendalian proses SIMATIC PCS 7.
Skalabilitas sistem pengendalian proses SIMATIC PCS 7.

Arsitektur dari sistem pengendali proses SIMATIC PCS 7 dirancang sedemikian rupa agar instrumen dan kendalinya bisa diatur berdasarkan kebutuhan-kebutuhan pelanggan dan secara optimal sesuai dengan dimensi-dimensi di lingkungan  pabrik. Sistem pengendali tersebut kemudian bisa diperluas atau diatur ulang kapan saja jika terjadi suatu peningkatan di dalam kapasitas atau terjadi suatu modifikasi dalam hal teknologi. Ketika suatu pabrik berkembang, maka SIMATIC PCS 7 juga serta-merta ikut berkembang mengikutinya, tanpa harus menyadangkan kapasitas-kapasitas yang biayanya mahal itu.

Skalabilitas ini berlaku bagi semua level pada sistem tersebut. Hanya saja level pengendaliannya sendiri memiliki sistem-sistem otomatisasi yang sesuai dengan beragam fungsi dan mengikuti rasio harga berbanding kinerja yang berjenjang sesuai dengan tingkat kelayakan penggunanya seperti berikut:

  • SIMATIC S7 AS mEC RTX teratur yang melekat pada pengendali di dalam rancangan S7-300 dengan sistem pengoperasian Windows yang siap dijalankan setelah penginstalan sehingga merupakan suatu sistem otomatisasi berbiaya rendah.
  • Sistem otomatisasi SIMATIC PCS 7 AS RTX Microbox yang padat.
  • Sistem-sistem otomatisasi teratur dari seri S7-400 sebagai sistem yang standar, mudah dipahami, dan mengutamakan keselamatan.

Kinerja otomatisasi bisa disesuaikan secara optimal pada kebutuhan-kebutuhan dari suatu unit atau pabrik. Dengan demikian, kapasitas tambahan yang mahal bisa dihindari.

Kinerja di dalam mesin

Dengan memerhatikan perencanaan dan permesinan, maka waktu dan biaya kinerja bisa diminimalisir. SIMATIC PCS 7 menawarkan suatu pendekatan yang unik berhubungan dengan penambahan COMOS, yaitu bagan alir perencanaan yang terintegrasi mulai dari deskripsi prosesnya hingga kepada program otomatisasi.

Sebuah mekanisme sistem yang terstandarisasi, bekerja dengan menyasar objek secara langsung, dan manajemen data yang terpusat menghasilkan konsistensi data setelah mengalami seluruh langkah perencanaan termasuk dokumentasi sistem yang diperbaharui secara otomatis.

Dengan kemasan pilihan advanced engineering (AdvES), SIMATIC PCS 7 juga menangani permesinan dengan peralatan-peralatan perencanaan yang lain yang mempunyai tingkat efisiensi karena data pabrik bisa diimpor tanpa menimbulkan persoalan-persoalan atau masalah terhadap fungsi peralatan CAD/CAE.

AdvES juga memanfaatkan generasi otomatis dari konfigurasi AS yang merupakan sumbangan dari penggandaan sederhana terhadap jenis-jenis pelabelan proses dan solusi-solusi pemodelan yang merupakan pemroses parameter. (Bahan diolah dari The SIMATIC PCS 7 Process Control System/SIEMENS)

 

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda