MANUFAKTUR ADITIF

Ongkos Produksi Lebih Murah, Ini Rahasia Teknologinya

0
4
Dari kiri ke kanan: Hans J. Ihde, Chairman of the Supervisory Board SLM Solutions Group AG dan suasana di ruang produksi SLM yang berlokasi di Lübeck, Jerman. (Sumber foto: SLM Group AG)

Perusahaan SLM Solutions Group (Jerman) mengoperasikan mesin buatan Divergent 3D (Amerika Serikat) dengan peningkatkan kinerja “ibunya mesin”.

Dari kiri ke kanan: Hans J. Ihde, Chairman of the Supervisory Board SLM Solutions Group AG dan suasana di ruang produksi SLM yang berlokasi di Lübeck, Jerman. (Sumber foto: SLM Group AG)
Dari kiri ke kanan: Hans J. Ihde, Chairman of the Supervisory Board SLM Solutions Group AG dan suasana di ruang produksi SLM yang berlokasi di Lübeck, Jerman. (Sumber foto: SLM Group AG)

SLM Solutions Group AG supplier terkemuka di bidang teknologi manufaktur aditif berbasis logam, memperdalam kerja sama dengan Divergent 3D perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat. Dokumen yang disepakati itu dirilis pada Maret 2017.

Kedua perusahan menyepakati pengembangan solusi perangkat keras dan lunak yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi komponen struktural yang berkelanjutan dengan biaya lebih efisien dalam rancang bangun konstruksi industri kendaraan. Kerja sama juga berkaitan dengan peningkatan kinerja tiga buah seri mesin multilaser yang digunakan pada industri otomotif.

Advertisement

Dengan penggunaan platform manufaktur Divergent 3D, memungkinkan para pelaku untuk melakukan manufaktur tambahan parts rakitan yang demikian kompleks pada industri otomotif.

Pada pameran bertajuk Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di Jerman (Januari 2017) dilakukan demo mobil super teregister US highway yang berfungsi penuh–dengan memperlihatkan manfaat operasional manufaktur aditif yang meliputi konstruksi lampu, kebebasan desain, dan penghematan sumber daya dan hasilnya diakui melebihi ekspektasi para ahli otomotif.

Divergent 3D telah mengerjakan pembuatan mesin manufaktur aditif atau ibunya mesin berbasis logam milik  SLM Solutions Group AG yang pabriknya di Lübeck, Jerman, dengan waktu cukup lama. Setelah sukses, SLM Solutions Group AG memesan lagi pembuatan tiga mesin multilaser tambahan yakni 2 unit mesin SLM 500, dan 1 unit mesin SLM 280.

Pada tahun fiskal Seri A yang berakhir tahun 2016 , Divergent 3D mampu mencapai US$23 juta sebagai modal kerja yang diperoleh dari Horizons Venture. Dana itu digunakan untuk mengimplementasikan program dan strategi ekspansi ke depan.

Kerja sama dengan PSA Group

Perjanjian kerja sama dalam waktu jangka panjang, SLM Solutions Group AG berkeinginan untuk meningkatkan solusi perubahaan itu untuk meningkatkan produksi massal.

“Kami sangat terkesan dengan kemajuan yang  dicapai oleh Divergent 3D,” jelas Hans J. Ihde, Chairman of the Supervisory Board SLM Solutions Group AG.

Baca juga :   Perusahaan Kecil Mudah Mendunia, Begini Caranya

Menurut  Hans, sektor otomotif sedang mengalami fase transisi sehingga manufaktur aditif memainkan peranan kunci di dalamnya—sebagai dampak dari kebebasan desain yang baru. Bersama dengan Divergent 3D, pihak SLM Solutions Group ingin mencapai konstruksi kendaraan yang lebih berkelanjutan (dalam produksi missal), lebih fleksibel, dan ongkosnya lebih murah.

Dengan kerja sama itu, kedua perusahaan sepakat mengembangkan solusi perangkat keras dan lunak yang dapat digunakan dalam produksi massal industrial yang hasil lebih lanjut adalah mengurangi waktu penurunan pemasaran. Peningkatan jumlah pelanggan khususnya dari kalangan pemain industri otomotif yang telah menggunakan solusi inovatif buatan Divergent 3D. Misalnya kerja sama dengan PSA Group yang memproduksi kendaran merek Peugeot dan Citroën di Perancis.

Uwe Bögershausen, anggota Management Board SLM Solutions Group Ag, menambahkan, pihaknya  ingin terus bertumbuh dalam basis yang lebih luas lagi dengan melihat dinamika yang kuat dalam industri otomatif, dan ingin membentuknya secara aktif. Kerja sama baru dengan Divergent 3D merupakan langkah lebih jauh dalam jalur untuk penyedia solusi yang terintegrasi.

Bisnis SLM Solutions Group fokus pada pengembangan, perakitan, penjualan mesin, dan menawarkan  solusi kepada para pelanggan di seluruh dunia. Sektor yang menggunakan mesin SLM Solutions digunakan oleh sektor aeronautika, energi, dan perawatan sistem terintegrasi dalam bidang peleburan laser.

SLM Solutions memperkerjakan lebih dari 320 karyawan di Jerman, Amerika Serikat, Singapura, Rusia, India,  dan Tiongkok. Kapan melakukan ekspansi ke Indonesia yang pertumbuhan sektor otomotifnya cukup signifikan? Kita tunggu respons  Hans J. Ihde, Chairman of the Supervisory Board SLM Solutions Group AG.

Advertisement

Tulis Opini Anda