OLEDs Bersinar Lebih Terang

0
1
microdisplays
Gambar microdisplays hampir tidak lebih besar dari mata manusia (Foto / @: Fraunhofer COMEDD)

Tidak seperti tampilan kristal cair yang lazim digunakan sekarang, Organic Light Emitting Diodes (OLEDs) mengeluarkan cahayanya sendiri, yang berarti tidak membutuhkan pencahayaan sebagai latar belakangnya.

microdisplays
Gambar microdisplays hampir tidak lebih besar dari mata manusia (Foto / @: Fraunhofer COMEDD)

Harga OLEDs masih sangat mahal sehingga layar-layar televisi OLED belum tersedia secara komersial. Sampai sekarang, OLEDs hanya digunakan untuk layar-layar yang sangat kecil dengan ukuran yang tidak lebih dari pada beberapa senti meter persegi, seperti pada layar telepon seluler, layar-layar pada kamera digital, dan juga pada layar-layar kecil kebutuhan kaca mata data.

Para peneliti di Fraunhofer Research Institution for Organics, Materials and Electronic Devices COMEDD di Dresden telah berusaha untuk memajukan pengembangan teknologi OLED dengan satu langkah penting ke depan.

Advertisement

Tim ahli bekerja dengan para penelitidari VON ARDENNE Anlagentechnik GmbH, sebuah industri manufaktur untuk perlengkapan pembungkusan di Jerman, untuk mengembangkan teknologi yang menghasilkan layar-layar OLED kecil tanpa penyaring warna. Penyaring selalu dibutuhkan karena sebelumnya tidak mungkin untuk menggunakan piksel-piksel kecil dari merah, hijau, dan biru yang dibutuhkan untuk menampilkan gambar-gambar warna secara langsung kepada elektroda tersebut.

Para ilmuwan telah merancang ulang proses produksi untuk keseluruhan yang memperbolehkan penerapan langsung penggunaan piksel-piksel warna dari merah, hijau dan biru. Hasilnya adalah bahwa penyaring-penyaring warna telah menjadi berkembang, OLEDs bersinar lebih terang dan biaya-biaya manufakturnya menjadi berkurang. (Sumber: Fraunhofer.de/magazine)

Baca juga :   Cara Mudah Membuat Kapal

 

Advertisement

Tulis Opini Anda