Kemasan Cerdas (2)

Nikmatnya Moo Suara Botol

0
7
Kemasan kotak dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen. (Sumber foto: foto http://www.foodproductiondaily.com/)

Inovasi dan teknologi yang baik menjadikan suatu kemasan lebih berkualitas dan efisien. Pelanggan atau konsumen merasa nyaman sehingga penjualan produk meningkat.

Kemasan kotak dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen. (Sumber foto: foto http://www.foodproductiondaily.com/)
Kemasan kotak dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen. (Sumber foto: foto http://www.foodproductiondaily.com/)

Dengan intelligent packaging ditambahkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna produk. Informasi dalam kemasan ini  didapatkan dengan sensor elektronik.

Penggunaan teknologi canggih pada kemasan memudahkan proses pekerjaan  lebih cepat, biaya lebih murah dan efisien, dan hal itu berdampak terhadap tingkat daya saing serta berpengaruh terhadap lingkungan.

Advertisement

Para pakar dan stake holder tetap konsisten untuk meningkatkan kualitas kemasan sehingga pengguna puas dan masyarakat konsumen nyaman dan aman menggunakannya. Salah satu cara meningkatkan kualitas kemasan dengan melakukan kompetisi atau lomba disain kemasan, lomba pembuatan teknologi kemasan, dan sebagainya.

Tajuk Find the moo adalah salah satu kompetisi baru yang diselenggarakan oleh sebuah produsen susu di negara bagian Bavaria, Jerman. Kompetisi itu bertujuan untuk menarik lebih banyak pelanggan susu.

Perusahaan menambahkan efek suara khusus ke dalam beberapa botol susu. Efek suara  dalam botol itu akan terdengar dengan bunyi moo yang bernada enak didengarkan saat tutup botol dibuka. Kompetisi itu merupakan semacam promosi dan ternyata cukup sukses karena banyak  pelanggan yang tertarik. Hal itu  berdampak terhadap peningkatkan pendapatan (omset) penyelenggara kompetisi yakni produsen susu.

Bentuk kemasan lain yang disukai oleh pelanggan adalah kotak yang dapat menyala—segera setelah seseorang mengambil kotak yang mengandung senyawa tertentu, kemudian, beberapa area pada kotak memancarkan cahaya warna biru.

Contoh kedua di atas memperlihstkan bagaimana disain dan bentuk kemasan yang dapat berfungsi bukan sekadar melindungi sebuah produk. Akan tetapi, sebagaimana kita tahu, botol yang dapat bersuara moo dan kotak yang dapat memancarkan cahaya jarang kita jumpai di rak supermarket. Artinya, kemasan jenis ini belum meluas di pasar dunia.

Baca juga :   Seru … Komponen Mikro Berlapis Kaca

Perlindungan nilai tambah

“Apa yang dicari oleh industri pengemasan dan percetakan adalah cara untuk membuat kemasan yang menawarkan nilai tambah,” kata ahli fisika Gerhard Klink ketika berdiskusi dengan peneliti dari  Polytronics Technologies Group di Fraunhofer Research Institution for Modular Solid State Technologies EMFT di Munich, Jerman.

Menurut Klink, terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, melibatkan kemasan spesial sejenis kotak yang menyala atau botol “berbicara”, yang didisain untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk. Kedua,  melangkah lebih jauh lagi, dengan kemasan yang digunakan untuk memberi informasi tambahan tentang produk yang bermanfaat bagi konsumen. Ini bisa termasuk suhu dan layar penawaran spesial atau bahkan label interaktif.

Kedua strategi itu membutuhkan teknologi baru dan ini—di mana keahlian para peneliti Fraunhofer masuk. Mereka sibuk mengembangkan komponen ultra tipis seperti sensor, sirkuit terintegrasi, dan layar yang kemudian dikombinasikan dengan perbandingan sel surya, LED atau baterai untuk membentuk sistem film lengkap.

Apa yang Anda dapatkan adalah komponen dan sistem elektronik lentur yang dapat dengan mudah diaplikasikan walau pada permukaan melengkung. Hal ini membuka seluruh kemungkinan baru untuk industri kemasan dan percetakan. (Bahan diolah dari Smart Packaging tulisan  Katja Lüers, Fraunhofer 2.2015, www.fraunhofer.de/en/press/audio.html, dan http://www.foodproductiondaily.com/)

Simak  artikel selanjutnya dengan topic Kemasan Cerdas (3)
Integrasi Sensor Libas Skandal Pangan

Advertisement

Tulis Opini Anda