Mutlak, Pengembangan Model Bisnis Berbasis Informasi

0
27
Data bisa dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan bisnis yang potensial asalkan sesuai dengan peraturan dan undang-undang di tiap negara. (Sumber foto: https://www.mcc.gov/news-and-events/feature/open-data-challenge)

Jika data publik digunakan secara tepat, potensi bisnis dunia mencapai 3 triliun dolar. Data statistik, lalu lintas, iklim, hukum, dan kependudukan sangat penting didatakan.

Data bisa dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan bisnis yang potensial asalkan sesuai dengan peraturan dan undang-undang di tiap negara. (Sumber foto: https://www.mcc.gov/news-and-events/feature/open-data-challenge)

Sebuah tipe mata-mata berupa elektronik yang mencari anggota portal data negara pada interval reguler untuk material data publik yang baru. Data ini kemudian diterjemahkan ke sebuah kesatuan format deskriptif sesuai kebutuhan, yang mengizinkan informasi dari berbagai sumber diintegrasikan ke platform data terbuka dalam mode otomatis.

Satu masalah fundamentalnya adalah banyaknya format data yang berbeda, seperti rekaman data dan deskripsi data yang berbeda. “Menyediakan rekaman data dalam sebuah mesin modern–format yang dapat diterjemahkan masih merupakan hal baru bagi banyak pemerintah,” kata Prof. Ina Schieferdecker, direktur institut di FOKUS.

Advertisement

Untuk alasan itu, objek kuncinya adalah untuk mengubah pengelompokkan terpisah dari data tersebut menjadi sesuatu yang lebih terorganisir dan sistematis. Untuk mencapai tujuan itu, para peneliti merencanakan petunjuk induk yang menyediakan akses terpusat ke data dari banyak sistem informasi Eropa.

Pembentukan pusat data ini adalah sebuah investasi yang harus dibayar pada masa depan. Dengan Open Data Portal dan  European Commision berharap dapat membantu mengungkit potensi ekonomi yang belum dieksploitasi sebelumnya.

Uni Eropa memperkirakan bahwa negara anggota dengan data publik akan melihat keuntungan ekonomis sekitar Euro 40 miliar tiap tahun—disebabkan sektor bisnis baru diciptakan sebagai hasil dari peningkatan ketersediaan informasi, penawaran pendidikan yang lebih baik, atau administrasi institusional yang lebih efisien.

Dalam satu studi, konsultan manajemen di McKinsey meramalkan pertumbuhan ekonomi sebesar US$3 triliun di dunia jika seluruh potensi data publik digunakan. Beberapa penggunaan praktis dari geodata publik yaitu termasuk perkembangan aplikasi navigasi bergerak berbiaya rendah, layanan visualisasi data jurnalistik, dan penilaian resiko menggunakan data cuaca.

Satu kasus khusus dari Paris, Perancis,  menunjukkan bagaimana menariknya tawaran layanan dapat dibuat dengan simpanan data dari instansi pemerintah. Dengan menggunakan data yang tampak membosankan dari registrasi  di Paris, satu perusahaan mengembangkan sebuah aplikasi untuk membantu penderita alergi yang sedang mencari rumah.

Pengalaman ekstensif dalam desain

Aplikasi perusahaan bertukar referensi informasi ketersediaan rumah dari website real estate dengan lokasi dan waktu mekar pohon yang terletak di dekar properti yang ditanyakan. Dengan cara ini, penderita alergi dapat menentukan dengan cepat, apakah properti tersebut cocok dengan kebutuhannya?

“Aplikasi ini mendemonstrasikan bagaimana tawaran pelayanan dapat dibuat menggunakan data pemerintah,” kata Klessmann. Pemerintah kota mungkin tidak akan pernah bisa mengimplementasikan hal seperti ini dengan sendirinya.

Pengembangan model bisnis berbasis informasi seperti ini bukan menjadi bagian dari deskripsi kerja mereka. Oleh karena itu, paling penting adalah membuat data ini tersedia bagi pengembang, startup inovatif, dan penduduk yang termotivasi.

Baca juga :   Begini Cara Mengurai Kepadatan Lalu Lintas

“Informasi makin bertambah dilihat tak hanya sebagai sebuah komoditas ekonomi, tapi juga sebagai barang publik. Seringkali, nilai tambah terbentuk sesaat setelah data dari banyak sumber saling bertaut,” kata Schieferdecker.

Dalam hal tersebut dia berkata berdasar pengalaman, sebagaimana FOKUS telah menginisiasi strategi atau platform data terbuka untuk kota Berlin, Hamburg, Cologne, Frankfurt, Main dan Amsterdam, serta juga mengembangkan GovData.de yaitu portal data bagi Jerman.

Di portal data terbuka di Berlin terdapat lebih dari 800 set data dalam 22 kategori, yang  beberapa aplikasi telah dibuat. Contohnya termasuk aplikasi Low Emission Zone, yang membuat pengendara dapat dengan cepat melihat jalan yang bisa mereka lalui. Aplikasi  Ozon Sonar  menunjukkan level ozon terkini, atau Wann (bahasa Jerman untuk “kapan”),  memberitahu kepada pengguna secara real time kapan dan di mana mereka dapat menemukan bus atau angkutan umum selanjutnya.

Partisipasi aktif dari penduduk dapat menyediakan saran bagi aplikasi, atau membuat set data mereka sendiri untuk diintegrasikan. Dengan cara ini, agensi pemerintah dapat meningkatkan kualitas data, khususnya ketika mereka menyadari akan error atau gap dalam data.

Pada website data terbuka di Berlin, seseorang juga dapat menemukan statistik ramah pengguna dalam perkembangan populasi dan pengangguran, transkrip dan resolusi politik, perencanaan anggaran serta penawaran publik.

“Di daten.berlin.de, data yang berasal dari pemerintah kota dan distrik Berlin dibuat mudah diakses dengan tatanan yang terpusat, terstruktur, terbaca oleh mesin, dan berlisensi terbuka,” jelas Klessmann. Portal GovData menyediakannya dalam skala yang lebih besar.

Pemerintah lokal, kota, dan federal menyuplai lebih dari 10.000 set data, termasuk statistik lalu lintas data iklim, gambaran anggaran serta peraturan hukum dan pengadilan. FOKUS mengembnagkan platform dan menyiapkan versi beta. “Digital lost-andfound for public data” beroperasi secata reguler pada musim. Dapatkah kita mengupload karya musik ciptaan orang lain tanpa batasan hak cipta? (Bahan diolah dari Open for everyone tulisan  Chris Löwer, Fraunhofer)

Simak DATA Publik (3)

Perlukah Izin untuk Menggunakan Data? Ini Kata Bank Dunia

Advertisement

Tulis Opini Anda