Mudah Mengecek Bahan Peledak di Tumit orang

0
2

Setiap calon penumpang pesawat dicek secara ketat. Proses pengecekan yang dilakukan oleh para petugas imigrasi kadang menjadikan calon penumpang pesawat kurang nyaman. Bahkan orang yang dicek ketakutan terhadap anjing pelacak.

150211-16a
Seekor anjing pelacak mampu mencium bahan yang mencurigakan yang disembunyikan di kaki. (Sumber foto: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/).

 

Setiap kita mau naik pesawat atau masuk gedung-gedung vital, kita tidak luput dari pengecekan yang dilakukan oleh petugas sekuriti. Calon penumpang pesawat atau orang yang mau masuk ke sebuah gedung diperiksa—termasuk tas bawaan dan tubuh kita—jangan-jangan membawa (menyembunyikan) bahan peledak di tumit sepatu atau di selangkang. Petugas sekuriti bahkan meminta calon penumpang pesawat melepas sepatu di tempat pemeriksaan keamanan di bandara. Sepatu para calon penumpang di x-ray oleh petugas keamanan.

Advertisement

Cara itu—dengan melepas sepatu untuk di x-ray tentu butuh waktu—sehingga para ilmuwan di Fraunhofer Institute of Applied Solid State Physics IAF di Freiburg, Jerman, telah menghasilkan suatu sistem sehingga prosedur yang tidak nyaman bagi calon penumpang pesawat dan butuh waktu lama itu ditiadakan.

Sistem itu adalah solusi berupa gelombang elektromagnet di frekuensi beberapa ratus gigahertz. Gelombang elektromagnet ini dapat menembus bahan seperti karet tanpa menyebabkan bahaya bagi manusia. Para peneliti sekarang telah mengembangkan sirkuit terintegrasi untuk mengirimkan dan menerima sehingga dapat bekerja dengan frekuensi yang sangat tinggi ini. (Sumber: Fraunhofer).

Baca juga :   Sarung Tangan Anti Bahaya
Advertisement

Tulis Opini Anda