MANUFACTURING SURABAYA (2)

Mesin Pemanen Padi dan Pemotong Baja

0
30
Mesin pemanen padi ini dibuat oleh para pelajar SMK PGRI 1 Gresik. (Foto/@: PT PANDULIMA JAYATEKNIK)

Mesin pemanen padi buatan murid-murid SMK PGRI Gresik, Jawa Timur, siap bersaing dengan mesin buatan Jepang. Apa kelebihan mesin gergaji buatan Arntz GmbH + Co.KG?

Gergaji pemotong baja buatan Arntz GmbH + Co.KG. (Foto/@: Arntz GmbH + Co.KG)
Gergaji pemotong baja buatan Arntz GmbH + Co.KG. (Foto/@: Arntz GmbH + Co.KG)

Menyaksikan suatu pameran—seperti pada Manufacturing Surabaya 2015 yang diselenmggarakan PT Pamerindo Indonesia—para peserta menyeguhkan temuan-temuan baru atau produk lama (mesin, alat produksi)—dengan inovasi teknologi baru.

Kita amati misalnya mesin atau traktor yang digunakan oleh petani untuk memanen padi. Mesin bermerek ZAAGA produksi buatan PT JOGJA INOVASI TEKNOLOGI adalah hasil pekerjaan sejumlah pelajar SMK (Sekolah Menegah Kejuruan) PGRI 1 Gresik, Jawa Timur. Seesuai dengan kerja sama PT JOGJA INOVASI TEKNOLOGI mendidik dan melatih sejumlah murid SMK PGRI 1 Gresik.

Advertisement

Kerjaa sama itu menghasilkan mesin-mesin pemanen padi yang dipasarkan melalui pameran. Panjang mesin 270 cm, lebar 140 cm, tinggi 135 cm, berat 335 kg. Menggunakan mesin diesel berkekautan 8,5 hp slinder tunggal (setara dengan mesin buatan Jepang), mampu bekerja selama 12 jam per hektar. Sedangkan lebar pemotong 120 cm dengan 16 buah pisau pemotong dan jumlah penmyisir 4 ruas. Meski masih menggunakan kopling tangan, persnelingnya bisa membuat traktor maju-mundur sesuai dengan keinginan operator.

Sementara itu, PT HARINDAH KARYA ADIDAYA bekerja sama dengan CHIAN CHANG MQCHINE.,LTD menjual special tool, C-frame single crank precision power presses (25=260 ton). Juga C-frame double crank precision power presses, H-frame double crank precision presses.

Sedangkan PT PANDULIMA JAYATEKNIK menawarkan hydrolik dan komponen pneumatic dengan brand Sang-A, Chelic, Samho, Yuken, Galtech, dan Pister. Berbeda dengan Autonics justru menawarkan teknologi dan alat yang meliputi bidang sensor, kontrol, motion devices, dan measuring instruments.

Produk caster wheel dengan ukuran 200 mm, 125 mm, 150 mm dan sebagainya—berfungsi untuk tempat (roda) tempat tidur RS, pallet lift truck, pallet mesh, wheel barrow, dan roda alat angkut di gudang—merupakan unggulan PT RODA HAMMERINDO JAYA.

Menggunakan power tools

Sedangkan perusahaan Abadi Baru menawarkan solusi industri dengan menggunakan power tools, magnetric drill machine, light borer machines, magnetic drill machines, concrete core drill machines, hydraulic puncher machines, eletro handy punchers, flexible arm tapping machines, welding & cutting machines, torches & gas regulators, dan CNC flame/plasma cutting machines.

Salah satu boiler buatan Miura. (Foto/@: PT MIURA INDONESIA)
Salah satu boiler buatan Miura. (Foto/@: PT MIURA INDONESIA)

Berbeda dengan PT MIURA INDONESIA yang memanufakurisasi dan menjual boiler, water heat boilers, alat produksi makanan, sterilizers, alat penyaring air, Miura menyediakan produk dengan teknologi yang memanfaatkan energi panas dan solusi terhadap lingkungan yang ditangani berdasarkan keahlian yang diperoleh dari pasar terdepan di Jepang untuk once-through boilers. Miura mengklaim sebagai produsen terdepan yang digunakan di bidang panas, air dan lingkungan.

Baca juga :   Pengunjung Sepi, Peserta Kecewa

Sementara itu, PT BEST SUN menjual produk buatan FUSHENG seperti kompresor. Pabrik otomasi FUSHENG berdiri pada 1978 yang menggabungkan Sistem Informasi Pengelolaan, Sistem Informasi Mesin, dan Sistem Pabrik yang Fleksibel. Semua bagian dan casing compressor berputar dengan tepat di bawah kelembaban dan temperatur ruang kontrol dan mesin pengukur yang rumit. Baling-baling kompresor seimbang sebelum dipasang. Di bawah sistem kontrol yang berkualitas kelas dunia.

Udara pengap dan bedebu harus dikeluargakan dari ruang pabrik (industri) agar para pekerja lebih nyaman. Untuk itulah PT KOLOWA VENTILATION menawarkan kipas-kipas buatan Taikwan. Kipas berguna untuk pendingin dan pembuang udara kotor dari ruang suatu industri. Dengan kipas maka akan diperoleh manfaat meliputi, kontrol lingkungan dan hemat energi, perlindungan bagi para pekerja terhadap udara kotor, bekerja lebih efisien, lingkungan kerja jadi segar, mengurangi suara bising, membuangan debu. Dimensi kipas mulai dari 40 m x 60 m x 4m = 9,600 m3. PT Fine Level Indonesia menawarkan instrument merek Autrol.

Sebagai distributor utama CNC Machine Tools, First Machinery Co, yang sudah 35 tahun beroperasi di Indonesia berusaha membuat kualitas produknya prima—termasuk pelayanan purna jual agar para pengguna/pelanggan produk puas. Perusahaan ini menawarkan machining center, CNC turning center, wire cut EDM machine, fiber laser cutting dengan merek dagang HARTFORD, LEADERWELL, CHEMER, PENTA LASER, dan SPDOCK.

Sedangkan PT INDO KOMPRESIGMA yang memasarkan kompresor merek KAESER buatan Jerman. Demikian juga PT Kawan Lama yang produknya terdiri dari metal cutting machine, sheet metal cutting machine, cleaning equipment, c painting equipment, c warehouse solution. PT Krisbow Indonesia

Mesin pemanen padi ini dibuat oleh para pelajar SMK PGRI 1 Gresik. (Foto/@: PT PANDULIMA JAYATEKNIK)
Mesin pemanen padi ini dibuat oleh para pelajar SMK PGRI 1 Gresik. (Foto/@: PT PANDULIMA JAYATEKNIK)

Arntz GmbH + Co.KG yang bermarkas di Remscheidf, Jerman, adalah produsen tools yang paling tua karena usianya sudah mencapai 220 tahun. Mesin gergaji dan pemotong metal (logam seperti baja) dengan merek Arnit termasuk produk yang terkenal di dunia. Hingga saat ini, orang nomor 1 di Arntz GmbH + Co.KG adalah Jan Wilhelm Arntz.

Simak artikel selanjutnya dengan topik MANUFACTURING SURABAYA (1)
Kompresor Angin dan Pekerjaan di Bandara

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda