Mesin-mesin Milling yang Bekerja Hingga Batas

0
30

Bernhard Kuttkat

Kecepatan dan kemampuan memproduksi komponen dengan kualitas yang diinginkan dan harga kompetitif merupakan kunci yang menentukan persaingan. Mesin-mesin milling dan machining center modular dapat menghasilkan produksi yang ekonomis.

Jangka waktu pengiriman yang lebih pendek, jumlah produksi yang lebih kecil dan bentuk-bentuk komponen yang lebih kompleks dengan keanekaragaman yang lebih luas – inilah tren produksi yang berpengaruh terhadap perkembangan lebih lanjut dari mesin-mesin milling dan machining center. Fleksibilitas produksi dengan produktivitas yang tinggi menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh mesin-mesin milling dan machining center. Pergantial tool yang cepat dan sistem otomatisasi yang efisien turut juga membantu meningkatkan produktivitas.

1. Pusat pengerjaan dengan meja putar memungkinkan penyelesaian komplet bagian yang sedang dikerjakan pada 5 sisi.
Advertisement

Desain mesin yang modular memungkinkan pengguna memiliki mesin sebagaimana yang mereka inginkan. Beranjak dari situ, MAG Hüller Hille GmbH mengembangkan vertikal center baru NBV 400 dengan konstruksi kotak, yang memungkinkan untuk berbagai variasi mesin. Tersedia secara keseluruhan 6 pelaksanaan untuk penerimaan benda kerja yang diproses pada mesin bubut sumbu 3-5. Dalam kotak dengan balok-balok terdapat kumparan motor dengan jumlah putaran per menit 10.000, 12.000, 18.000, 24.000 dan 42.000 RPM–1 dengan spektrum momen putaran dari 9,65 hingga 87 Nm pada 100% waktu penyalaan. ”Kerja kumparan yang berbeda dengan spektrum momen putaran ini adalah persyaratan untuk adaptasi optimal pada tugas produksi,” jelas Joachim Krischke, Kepala Pengembangan MAG Hüller. Mesin ini bisa dilengkapi dengan magasin tool untuk tool 40 HSK-63 atau 30 HSK-100. Bagi yang tidak dapat mencapai kapasitas penyimpanan, dapat mengatur magasin dengan tempat perkakas.

2. Poros B di pusat putar frais yang baru NT 1000 digerakkan dengan motor langsung dan konstruksi ram oktagonal memberikan ketegangan ekstrim pada poros Y.

Karena tiga aksis yang linear membawa tool, maka dinamika mesin tidak bergantung pada bobot benda kerja.”Akibatnya tingkat kecepatan lintasan jadi tinggi hingga 60 m/menit dan percepatan hingga 6 m/detik2 sehingga biaya jadi lebih irit,”ujar Kirschke. Selain itu, machining center ini terintegrasi dengan CAM. DerVorteil: program-program CNC untuk part-part baru yang sedang dikerjakan dapat diuji secara online dalam sebuah mesin virtual. ”Dari penelitian, hasil dari simulasi tersebut menghemat waktu dan energi yang sangat besar,” kata Krischke.

3. Machining center vertikal NBV 400 dengan CAM yang terintegrasi. Keuntungannya: Program CNC untuk bagian kerja baru dapat diuji pada mesin virtual.

Kontrol generasi baru Mapp IV dari Mori Seiki juga menawarkan, tergantung pada model, modul CAM yang terintegrasi dari Esprit. Kontrol ini dilengkapi dengan mill turn center NT 1000 yang baru dengan kapasitas bar 52 m untuk produksi komplit dari benda kerja yang kompleks dengan diameter rotasi 370 mm dan panjang 400 mm. Poros B digerakkan oleh sebuah motor langsung dengan konstruksi ram oktagonal yang memberikan ketegangan ekstrim di poros Y. Melalui tindakan-tindakan konstruktif, spindel utama tetap stabil di bagian tengah. Sistem pendinginan oli yang sangat tepat, sensitif terhadap reaksi meminimalisasi perpindahan panas dari spindel. Dengan karakteristik tersebut, NT 1000 mampu melakukan pengerjaan yang sangat presisi terhadap part-part kecil yang kompleks.

4. Dalam perbandingannya dengan model terdahulu, poros X 180 diperbesar menjadi 1100 mm dan Z-Weg 80 ke 900 m pada pusat produksi DMF 260-11 linear dengan NC-Rundtisch yang terintegrasi.

Memenuhi tren pasar terkait dengan komponen-komponen yang lebih besar, Union Werkzeugmaschinen GmbH baru-baru ini mengembangkan machining center kolom traveling yang pertama seri PR200/250 dengan tenaga penggerak 130 kW dan torki hingga 17.000 Nm. Mesin ini mampu mengerjakan benda kerja dengan tinggi hingga 8000 mm dan berat 250  t. demikian diungkapkan manajer pemasaran Thomas Ulrich. ”Kemungkinannya unik, dengan sebuah mesin, pemrosesan akhir yang super teliti. Itu dapat dicapai dengan arahan hidrostatis pada poros X, Y, dan Z. Kekhasan solusi kami terletak pada hidrostatik yang tergantung muatan dan teratur. Hasilnya, ketepatan produksi yang tinggi.” Jelas manajer pemasaran Thomas Ulrich.

Ruang lebih untuk produksi benda kerja besar

Machining center dengan ruang lebih untuk pengerjaan benda-benda kerja yang lebih besar dengan kolom bidang baru yang terintegrasi ditawarkan oleh DMF 260-11, buatan produsen mesin tool Gildemeister. Sebagai perbandingan dengan model terdahulu, poros X 180 diperbesar menjadi 1.100 mm dan Z-Weg 80 menjadi 900 mm. Juga berhubungan dengan kecepatan Eilgang mesin baru telah ditambahkan tempo 80 m/menit. Opsi poros B dan C membuat mesin dalam keadaan fit untuk produksi simultan 5 poros. Spektrum kumparan memberikan varian dengan pengambilan SK-40 dan HSK-A-63 dengan waktu putaran per menit hingga 8000 min–1  dan sebuah momen putar sampai 150 Nm hingga model dengan pengambilan SK-50 dan  HSK-A-100 dengan putaran per menit 10000 min-1 dengan momen putar 288 Nm.

Untuk fleksibilitas produksi komponen besar pada pusat portal vertikal VPZ-Baureihe SSB-Maschinenbau GmbH di Bielefeld menyediakan kumparan ganda, kepala siku untuk produksi horizontal, dan perlengkapan perubahan NC menjadi rotary milling seperti dari segmen bundar dengan radius yang berbeda. Hal itu sama seperti kepala putar opsional yang tidak hanya mengarah pada form milling, melainkan juga memungkinkan produksi lima sisi yang kuat dan bagian penuangan yang besar. ”Cara membangun portal menawarkan kekakuan dan ketepatan yang tinggi pada permukaan milling,” ungkap pemimpin perusahaan Thomas Beyer yang menekankan keuntungan prinsip konstruksi ini. Dua meja kerja mesin tidak hanya memungkinkan produksi bandul rasional, melainkan juga pengerjaan bagian yang panjang dengan ketepatan yang tinggi melalui sinkronisasi kedua poros meja karena meskipun dengan metode kerja besar, penempatan meja tidak mengganggu ketepatan geometri produksi, seperti yang dipastikan Beyer, ”Meskipun pada produksi komponen besar, metode kerja menempuh hingga 6.000 mm, pada hasil akhir akan menghasilkan ketepatan tertinggi hingga wilayah mikrometer. Mesin portal kami menampilkan toleransi seketat ini.” Juga berhubungan dengan hasil pengurangan tegangan, mesin tidak perlu disembunyikan seperti yang ditunjukkan Beyer, ”Daya kerja bor dengan perkakas logam keras pada ST 650 terletak pada diameter 65 mm dan daya kerja frais pada 100 cm3/menit.”

Baca juga :   Investasi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Terus Meningkat
5. Dua meja kerja VPZ 04 memungkinkan tidak hanya pengerjaan bandul rasional, melainkan juga produksi bagian yang panjang melalui sinkronisasi kedua poros meja

Hedelius Maschinenfabrik GmbH di Meppen mengembangkan sebuah machining center poros 5 padat RS 05 yang memproses bagian yang berbentuk kubus yang panjang dan kompleks dengan sebuah selongsong lingkaran hingga 420 mm dengan efisiensi dan ketepatan tinggi. Kekhasan konsep mesin yang baru terletak pada susunan yang smart dari ruang kerja, kata manajer pemasaran Dennis Hempelmann, ”Machining center ini dilengkapi dengan meja rotary yang terintegrasi dengan diameter 420 mm dan satu meja mesin yang berdiri kokoh. Kedua meja terletak pada ketinggian tertentu sehingga long-bed machining benda kerja dapat diproses dengan panjang keseluruhan maksimal 1000 mm.”

Ruang kerja poros 3 dan 5 dikombinasikan dalam satu mesin

Dengan kombinasi mesin lima aksis dan tiga aksis pada sebuah mesin, seluruh enan sisi benda kerja dapat dikerjakan dengan sangat ekonomis, jelas Hempelmann mengenai keuntungan konsep ini. ”Pada ruang kerja basis kiri dengan NC tiga aksis data dikerjakan bagian permukan dan pada ruang kerja kanan dengan pengerjaan lima aksis, benda kerja dapat diselesaikan. Dalam hubungan dengan paket formingstar, mesin juga sangat cocok dengan produksi simultan lima aksis, HSC,” kata Hempelmann.

Tenaga penggerak digital poros linear dan dorongan langsung dengan torsi motor yang didinginkan dengan air dalam kesatuan meja putar mengurus kombinasi dengan CNCiTNC 530 dari Heidenhain untuk dinamika dan ketepatan pusat produksi yang tinggi.

Pengaruh waktu tambahan dan produktivitas memberikan juga waktu penggantian alat/perkakas. ”Oleh karena itu, ini tidak hanya tentang mengganti tool dengan cepat, melainkan juga menyiapkan tool yang sesuai dalam waktu yang singkat. Ditambah lagi sistem penggantian tool yang tidak menunjukkan solusi tertentu, jelas Herbert Miksch, pemimpin perusahaan Miksch GmbH. Sebaliknya, seri produk menjadi soal yang membiarkan modular beradaptasi pada usaha yang sedang dilakukan. ”Seluruh tuntutan ini mengisi magasin rantai kami, MCS 040, yang unik dengan waktu penggantian tool di bawah 0,5 detik. Dan dengan kecepatan rantai hingga 100m/menit,” ungkap Miksch. Yang juga unik, yaitu sistem fleksibilitas karena usaha dengan pembukaan tool yang berbeda seperti SK 40 dan seluruh sisi kerucut yang dapat dibandingkan, dapat dipasang tanpa masalah. Untuk itu, hanya tang penjepit dan tempat anak panah yang harus diganti.

6. Otomatisasi sistem produksi Micro Makino Machining Complex terdiri dari sebuah robot, alat penjepit khusu, stasiun tegangan, dan satu sistem palet tambahan.

Mengenai produktivitasnya, peningkatan otomatisasi menjadi soal sehingga Work Holding Pallet System (WHP-System) memaksimalkan produktivitas pada produksi seri kecil dengan cara mengkombinasikan fungsi peralatan pembukaan dan palet. Seperti yang dijelaskan Makino, sistem produksi (yang disebut Micro Makino Machining Complex (μMMC)) terdiri dari sebuah sel produksi dengan banyak palet dan memungkinkan produksi yang efisien, ekonomis, dan menguntungkan dari bagian seri kecil. Sistem otomatisasi terdiri dari sebuah robot, alat penjepit khusus, stasiun tegangan dan sistem palet tambahan. Robotenam aksis ukuran standar memungkinkan pemosisian WHP dalam setiap sudut yang diinginkan, horizontal, diagonal dan vertikal. Yang dibutuhkan hanya sebuah tangan robot karena hanya palet tambahan eksternal yang digunakan, juga ketika benda-benda kerja memperlihatkan bentuk yang berbeda.

Yang relatif mudah adalah solusi untuk Teilehandling pada pusat produksi bagian kecil dari Langtechnik GmbH di Neuhasen. Magasin sistem otomatisasi Eco Compact mengambil 10 palet. ”Sistem yang baru adalah cara yang paling mudah untuk mengotomatisasi mesin perkakas,” kata pemimpin perusahaan Gunter Lang. Selain itu, susunan selesai dengan  cepat. Pemasangan dan mulai produksi selesai dalam waktu satu hari. (MM)

Advertisement

Tulis Opini Anda