Mesin Logam yang Hemat Energi dan Irit Ongkos

0
60
Mesin ini merupakan salah satu solusi yang bermanfaat untuk menghemat biaya yang tidak diperlukan pada fungsi (gambar kiri), dan (gambar kanan), merupakan seri mesin KASTOwin yang digunakan untuk mencapai efisiensi secara optimal. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG

Teknologi konverter mengendalikan semua drive secara cerdas. KASTO memasang konverter frekuensi dengan DC link. Kelebihan energi yang dihasilkan saat menghentikan motor gergaji dapat dialihkan untuk digunakan di bagian lain. Pelaku industri logam membutuhkan mesin logam yang hemat energi dan irit ongkos .

Mesin ini merupakan salah satu solusi yang bermanfaat untuk menghemat biaya yang tidak diperlukan pada fungsi (gambar kiri), dan (gambar kanan), merupakan seri mesin KASTOwin yang digunakan untuk mencapai efisiensi secara optimal. (Sumber foto: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG


Setiap pelaku industri mengingikan efisiensi atau hemat energi dengan menggunakan mesin logam yang hemat energi dan irit ongkos. Contohnya perusahaan pengolahan logam  berusaha  meningkatkan kapasitas  produksi dengan biaya  yang efisien atau hemat agar produknya berdaya saing. Bagaimana caranya?

Logam yang diolah menjadi ragam produk melalui pemotongan dan penggergajian dilakukan dengan mesin gergaji yang hemat energi listrik agar irit ongkos produksi. Untuk melakukan pekerjaan itu dibutuhkan banyak (pasokan) listrik. Kalau penggunaan listrik terlalu besar, terjadi inefisiensi atau pemborosan padahal pelaku industri harus hemat energi.

Advertisement

Daya saing dapat dilakukan adalah pilihan terhadap teknologi penggergajian dengan cara menghemat pemakaian listrik secara maksimal. Pemanfaatan (pasokan) listrik dapat dilakukan dengan efisien sehingga menciptakan irit ongkos atau hemat biaya industri. Alat apa yang lebih tepat digunakan?

Perusahaan KASTO Maschinenbau berhasil mengembangkan  seri KASTOwin yang baru yakni dengan membuat mesin gergaji yang penggunan energy hemat atau   efisien. Dengan demikian operator dapat menghemat listrik secara signifikan dan tetap menjaga kualitas kinerja mesin gergaji ketika memotong bahan-bahan logam. Sehingga menghasilkan mesin logam yang hemat energi dan irit ongkos

Persaingan bisnis di pasar global demikian ketat. Tanpa daya saing yang tinggi, perusahaan  yang ingin menjual  produknya di pasar internasional akan kesulitan. Produk yang dipasarkan harus fleksibel. Bahann dan ukuran mempunyai kualitas yang terbaik misalnya yang berukuran satu batch hingga berseri-seri  produk. Akan tetapi, ongkos (produksi) per unit harus rendah (efisien) dan kompetitif sehingga produk secara ekonomis harus tetap layak. Menggunakan cara produksi yang tepat dan hemat energi dan efisien merupakan keharusan bagi para produsen logam.  Bagaimana cara produsen logam melakukan hemat energi sehingga ongkos produksinya lebih irit atau rendah?

oleh karena teknologi penggergajian terus berkembang dan lebih kompleks, merupakan  syarat mutlak bagi produsen mesin gergaji menghemat energi. Mesin gergaji yang baik secara otomatis harus memenuhi beragam kriteria antara lain,  kinerja mesin pemotongan logam harus tinggi meski beragam jenis aplikasi yang digunakan.

Waktu yang sia-sia harus minim dan kualitas pemotongan logam harus sempurna. Kemudahan penggunaan material harus efektif  karena hal itu dapat meningkat biaya energi sementara periode penggunaan harian yang terus berjalan. Oleh karena itu, hemat energi pada saat produksi harus  efisiensi. Konsumsi daya (energi) untuk mesin penggergajian misalnya satu shift cukup besar terhadap biaya operasi—apa lagi jika mesin gergaji dioperasikan lebih dari dua shift maka penggunaan energi cukup besar. Oleh karena itu, produsen logam harus menggunakan mesin pemotong yang hemat energi.

Baca juga :   Cara Meningkatkan Kinerja Mesin Manufaktur

“Rencana peningkatan efisiensi energi sering mengorbankan kapasitas produksi,” pendapat Matthias Eigbrecht, Kepala Departemen Desain Listrik KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG. Jika mesin KASTOwin digunakan maka produsen logam telah mengembangkan rangkaian produk yang tidak hanya berbasis industri karena aplikasi yang beragam, namun bisa mencapai hemat energi. Produktivitas yakni pemotongan logam yang berkapasitas  tinggi, tetap berpeluang untuk menghemat penggunaan atau konsumsi energi sehingga ongkos produksi lebih rendah atau irit.

“Ketika merancang  seri mesin baru, kami bertujuan untuk mengembangkan solusi agar  hemat biaya untuk energi pada saat produksi dan tetap memenuhi semua persyaratan para pelanggan dengan harga yang sesuai,” Eigbrecht menjelaskan.

Hasil analisis dari semua elemen mesin yang menggunakan energi dan persyaratan daya yang sesuai adalah dasar untuk pekerjaan pengembangan. KASTO mengembangkan serangkaian konsep yang memungkinkan energi disimpan di daerah yang berbeda—tentu saja lebih hemat penggunaan energi.

“Kami mengevaluasi konsep dari sudut pandang komersial dengan mempertimbangkan kenaikan biaya investasi terhadap kemungkinan penghematan energi  saat operasional mesin,” ujar Eigbrecht. “Kami menentukan beberapa tindakan agar lebih bermanfaat.”

Potensi terbesar efisiensi terletak pada sistem hidrolika yang secara proporsional menggunakan energi yang berarti lebih hemat. Sistem hidrolika menguji dan membandingkan peralatan lama yang digunakan oleh Sistem hidrolika, apakah efisien atau mesin mampu menghemat pemakaian enegi? Untuk itu, para insinyur KASTO mengembangkan elektromekanis agar dapat mengetahui hasilnya.

Sistem hidrolika bermanfaat untuk penjepitan benda kerja dan ketegangan pisau pemotong. Alat itu  digerakkan jauh lebih sedikit. “Kami dapat mengurangi konsumsi energi untuk mesin sebesar 30 persen,” tutur Eigbrecht. Untuk motor gergaji, KASTO menggunakan drive yang dikendalikan frekuensi IE3 yang efisien: kecepatan potong 12 sampai 150 meter per menit. Motor penggerak kompak dan  efisien. Drive servo modern juga digunakan untuk material.

Operator bekerja berdasarkan panduan linier dan sekrup bola yang memastikan transmisi tenaga yang efisien dan presisi. Pengguna mendapatkan keuntungan ganda: hasil penggergajian logam sesuai target dan penggunaan energi lebih hemat—artinya ongkos produksi lebih irit.   Selamat mencoba.

Advertisement

Tulis Opini Anda