PROSES MANUFAKTUR (2)

Menggantikan Metode Permesinan Konvensional

0
5

Proses-proses ini memindahkan dan membentuk material tanpa menghasilkan limbah apa pun. Komponen yang dibuat dengan cara ini bisa diproduksi lebih cepat.

efficient manufacturing 1 edit
Data dari seluruh sumber yang dibutuhkan mengalir bersama dalam pusat kontrol glass-sided untuk membentuk gambar level pabrik. Hal ini termasuk udara terkompresi, air , dan statistik tenaga listrik serta mesin dan data proses. (Sumber foto/© Fraunhofer IWU)

Pada kehidupan sehari-hari, mengatur ulang keseluruhan rangkaian produksi sangatlah sulit. Melakukan hal tersebut akan menginterupsi beberapa seri produksi-pabrik akan berhenti bekerja, mesin akan digantikan dan proses diubah.

Seperti waktu istirahat yang secara dramatis direduksi dengan menggunakan dijalankannya uji skala industri—mengapa kustomer industrial internasional mendekati IWU ketika mencari solusi untuk pabrikasi komponen.

Advertisement

Salah satu area penelitian IWU menaruh perhatian penuh pada manufaktur gear shaft dan penggunaan roda gigi dalam kendaraan dan turbin angin. Hellfritzsch melanjutkan untuk menggambarkan berbagai langkah pabrikasi yang terlibat

“Satu dari tujuan kami adalah untuk menggantikan metode permesinan konvensional dengan membentuk proses – proses sebanyak mungkin, sebagai contoh dengan proses rolling roda gigi yang digunakan di sini, atau dengan ekstruksi berputar.

Proses-proses ini memindahkan dan membentuk material tanpa menghasilkan limbah apapun. Komponen yang dibuat dengan cara ini bisa diproduksi lebih cepat. Mereka lebih tahan lama, lebih kuat, dan minim kegaduhan sejak pertama mereka dipasang dalam kendaraan.”

Akan tetapi, tidak setiap metode cocok untuk tiap jenis komponen. Itulah sebabnya mengapa para ilmuwan memulai simulasi berbasis komputer untuk mengkalkulasi bagaimana pengaturan teknologi akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses.

Swaging, gear-rolling, pengerasan, dan penggerindaan

Setelah memulai pengujian yang dijalankan pada lingkungan produksi virtual mereka, mereka kemudian dapat membangun jalur produksi nyata yang baru. Hellfritzsch menggambarkan langkah yang terlibat.

Baca juga :   Sistem Pemanas Ruangan dengan Menggunakan Energi Gas Buang

“Untuk membuat hollow shafts menggunakan teknologi pembentukan logam, kami mengambil komponen tempaan dan membentuknya dengan memakai mesin ekstruksi berputar BDM2000 yang dikembangkan di IWU. Ini memproduksi komponen mesin yang berlubang – dan dengan demikian lebih ringan – tetapi meski begitu sangat kuat. Tahap ini kemudian diikuti oleh swaging, gear-rolling, pengerasan dan penggerindaan.”

“Rangkaian proses yang telah kami kembangkan lebib pendek dan menggunakan energi dan material sekitar 30 persen lebih sedikit dibanding metode yang telah ada untuk produksi hollow gear shaft.

Bergantung pada komponen geometri, kecepatan produksi dapat meningkat 30 sampai 40 persen. Metode ini mengeliminasi pembuangan limbah logam, yang dapat merusak lingkungan. Kekuatan material juga meningkat 10 hingga 25 persen.”

Sistem produksi virtual dan nyata semakin saling terhubung. Staf bisa menggunakan monito bergerak untuk mengakses seluruh data digital untuk semua bangunan. Informasi seperti arus konsumsi energi tiap mesin disediakan dalam format ramah pengguna yang dibuat untuk orang yang membutuhkan data tersebut. (Bahan diolah dari Efficient manufacturing processes tulisan Marion Horn, Fraunhofer 1/15)

Simak artikel selanjutnya dengan topik PROSES MANUFAKTUR (3)
Menyediakan Platform bagi Partner Bisnis

Advertisement

Tulis Opini Anda