REVOLUSI ELEKTRONIK DIGITAL (3)

Mendownload Musik ke Ponsel Kita

0
1
Kecanggihan perangkat lunak memungkin kita mudah mendapatkan hiburan dengan sistem digital. (Sumber foto: http://www.mobiletvelite.com/)

Ensonido menciptakan ilusi surround sound hampir sempurna, yang hanya dinyatakan dicapai dengan lima speaker. Bagaimana konsep ‘Potato System’ mendukung sirkulasi hukum dari file musik?

Kecanggihan perangkat lunak memungkin kita mudah mendapatkan hiburan dengan sistem digital. (Sumber foto: http://www.mobiletvelite.com/)
Kecanggihan perangkat lunak memungkin kita mudah mendapatkan hiburan dengan sistem digital. (Sumber foto: http://www.mobiletvelite.com/)

Bukan hanya label rekaman besar yang menjual musik melalui Internet, tetapi juga label yang kurang dikenal seperti seniman perorangan. Fraunhofer Institute for Digital Media Technology IDMT telah mengembangkan dua model penjualan yang melindungi hak cipta sambil tetap melayani kebutuhan konsumennya.

Konsep ‘Potato System’ tersebut mendukung sirkulasi hukum dari file musik melalui pembayaran komisi. ‘Freebies’ memungkinkan pengguna untuk berbagi file promosi melalui ponsel atau situs web dan untuk membeli rekaman dengan kualitas yang penuh di toko online, jika dijual juga dengan metode seperti itu.

Advertisement

Bahkan tidak hanya untuk file berkualitas MP3, metode MPEG-4 Advanced Audio Coding (AAC) juga menjadi bagian yang juga dikembangkan di IIS. Hal ini memungkinkan untuk kompres file musik dengan faktor 16, dalam kualitas luar biasa. Dan para insinyur di IIS masih memperbaiki serta meningkatkan metode coding audio. MP3 surround dikompres ke dalam enam saluran surround sound 5.1, sehingga data yang dihasilkan menjadi efektif karena hanya mengambil memori sepuluh persen lebih banyak dari file MP3 konvensional. “Ini berarti bahwa surround sound sekarang dapat pindah ke daerah di mana ia belum pernah digunakan karena file terlalu besar, di dalam aplikasi mobile misalnya,” tandas Georg Dietrich dari IIS.

Ingin menggunakan headphone Anda?

Bagaimana jika Anda ingin menggunakan headphone? Tidak masalah. Ensonido memungkinkan perangkat itu digunakan. Melalui filter khusus yangdisesuaikan dengan karakteristik kepala manusia dan telinga, teknologi ini memodifikasi sinyal akustik sehingga pendengar dengan headphone konvensional dapat membedakan suara tidak hanya di sisi kiri dan kanan, tetapi depan dan belakang juga. Ensonido menciptakan ilusi surround sound hampir sempurna, yang hanya dinyatakan dicapai dengan lima speaker.

Mendengarkan musik, berselancar di internet, menonton TV - ponsel akan segera menjadi terminal multifungsi. (Sumber foto/©: gettyimages)
Mendengarkan musik, berselancar di internet, menonton TV – ponsel akan segera menjadi terminal multifungsi. (Sumber foto/©: gettyimages)

Dengan tracker kepala, sistem register gerakan kepala akan berpengaruh untuk memberikan pengalaman spasial yang sempurna. Sama seperti di konser nyata, sumber-sumber akustiknya tinggal dimasukkan ketika headphone dihidupkan. Jan Plogsties, salah seorang pengembang terkemuka Ensonido di IIS, juga mengawasi kompetisi yang ada dengan mengatakan,

Baca juga :   Berharap Perlindungan Lebih Banyak, Begini Perencanaannya

“Meskipun sejumlah sistem yang ada akan bermain surround sound melalui headphone, kualitas suara sering jauh dari ideal.” Bagi Harald Popp, yang mengepalai departemen Multimedia Realtime Systems di IIS, “Ensonido menyediakan kunci yang membawa surround sound untuk perangkat elektronik portabel seperti ponsel atau PDA.”

Surround sound yang sempurna akan segera tersedia untuk radio mobil juga, berkat  DAB surround. Format baru ini merupakan sintesis dari lapisan audio coding MPEG-2 yang digunakan di dalam Digital Audio Broadcasting dan teknologi surround MPEG yang baru. Hal ini memungkinkan surround sound pada tingkat transmisi data yang hanya 5 kbit/s lebih besar daripada suara stereo. Jika mobil tidak dilengkapi dengan sistem surround, tidaklah menjadi masalah. Surround DAB juga dapat diterima pada perangkat konvensional stereo atau mono.

Ponsel memberikan musik kualitas unggul. S75 dan SL75, model-model terbaru dari BenQ Mobile, dilengkapi dengan software kompresi audio MPEG-4 HE-AAC v2 (High Efficiency Advanced Audio Codec Versi 2) yang dikembangkan oleh IIS. Hal ini memungkinkan pelanggan BenQ Mobile untuk mengkompres bagian musik favorit mereka untuk sebagian kecil dari ukuran aslinya dan mendengarkan mereka pada ponsel.

Skema kompresi adalah bagian dari DVB-H (Digital Video Broadcasting-Handheld) standar dan spesifikasi 3GPP, sehingga semakin menemukan jalan ke perangkat mobile, terutama untuk radio dan TV. Hal ini juga sedang dalam proses untuk ditetapkan sebagai standar teknologi yang baru untuk men-download musik ke ponsel. (Diolah dari Digital entertainment on every channel tulisan Birgit Niesing, Fraunhofer, Merdeka.com, Kapanlagi.com, dan sebagainya)

Simak artikel terkait dengan topik REVOLUSI  ELEKTRONIK DIGITAL (4)
Dunia di Genggaman Kita

Advertisement

Tulis Opini Anda