Mendeteksi Surat Kiriman

0
0
Seleksi Surat
Menyeleksi surat-surat. (Sumber foto: Deutschw Post)

Apakah fungsi surat masih dapat bertahan? Hingga akhir tahun 2007, orang masih senang menggunakan kantor pos untuk saling berkomunikasi. Oleh karena itu, jutaan orang mengirimkan ucapan dan informasi dengan menggunakan surat waktu itu. Sebuah perangko dilekatkan dan suratnya pun dikirimkan melalui kantor pos.

Seleksi Surat
Menyeleksi surat-surat. (Sumber foto: Deutschw Post)

Suatu sistem logistik yang sangat rumit memastikan agar pengirimannya cepat. Surat-surat dipisahkan, antara yang dibatalkan dan yang didistribusikan, yang kemudian untuk menangani surat itu semua, belasan juta transportasi pengangkut berada di perjalanan untuk mengantarkan surat-surat yang berlabel kertas dan berbar code.

Bar code tersebut telah digantikan dengan suatu kombinasi yang baru dengan menggunakan suatu label RFID dan sebuah media yang bisa ditulis ulang. Metode ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain, pembawa informasi yang menjadi lebih kecil, lebih fleksibel, serta lebih praktis, dan posisi pengangkut surat-surat  bisa diketahui keberadaanya dengan lebih mudah. Energi yang dibutuhkan disuplai oleh gelombang elektromagnetis pada setiap stasiun tulis dan baca.

Advertisement

Sebuah konsorsium beberapa perusahaan industri (Deutsche Post AG, INVERA GmbH, Spree Hybrid & Kommunikationstechnik GmbH, Vossloh IT) dan lembaga-lembaga penelitian (Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration IZM, University of Paderborn) telah  mengembangkan suatu sistem RFID yang baru, bernama DRFID.

Selanjutnya, label-label RFID tersebut bisa digunakan sebagai tiket, untuk pemesanan tempat duduk, pada jaringan pendingin, di dalam aplikasi mesin-mesin untuk kedokteran dan pada industri otomotif. Proyek berjangka waktu tiga tahun tersebut disponsori oleh Kementerian Pendidikan dan Penelitian Jerman. (Fraunhofer)

Baca juga :   Mengobati Radang Kronis

 

Advertisement

Tulis Opini Anda