Menciptakan Masa tahun 2050

0
21

130723-01a

Era  minyak (bahan bakar fosil) sedang menuju  tetes akhir. Kebutuhan energi  justru meningkat berlipat-lipat. Pasokan sumber dasar energi terbarukan harus kita gali—kalau kita tidak ingin menderita pada masa mendatang.  Tahun 2050,  jumlah warga di perkotaan hampir sebesar keseluruhan populasi dunia pada hari ini. Jumlah warga kota  senior lebih banyajk dari jumlah anak-anak dan orang-orang muda.

Para peneliti,  penemu, dan  insinyur harus lebih kreatif menghadapi tahun 2050. Komputer-komputer harus mampu membantu pengobatan. Robot-robot sebagai pembantu rumah tangga, juga berfungsi sebagai organ-organ sensorik untuk mobil listrik, gedung-gedung untuk perdagangan energi, pertanian di pencakar langit, langit-langit yang terbuat dari sinar, pembangkit-pembangkit listrik di gurun-gurun dan di tengah samudera. Komputer-komputer super seukuran kacang, universitas-universitas maya, pabrik-pabrik online—semuanya bermunculan bukanlah visi semata melainkan hampir merupakan realitas yang nyata di laboratorium-laboratorium di seluruh dunia.

Advertisement

Dalam 10 tahun terakhir majalah, Pictures of the Future menjelajahi dunia masa depan. Di dalam 29 isu yang terdiri dari 2.000 halaman, Pictures of the Future menginvestigasi tren-tren masa depan dan mengidentifikasi teknologi-teknologi yang akan membentuk kehidupan kita pada dekade-dekade mendatang. Ulrich Eberl pemimpin redaksi Pictures of the Future, menuliskan ringkasan yang benar-benar merangkum secara tepat tentang perkembangan kunci yang akan menentukan bagaimana kita hidup pada dekade-dekade mendatang. Pertimbangkanlah tren-tren di dalam masyarakat, bisnis dan politik, bahwa perkembangan ini merupakan titik kemajuan ketika kita berpesiar ke masa depan.

Baca juga :   Kerja Sama Petani dengan Petani

Generasi muda memelajari pembuatan inovasi, bagaimana ragam perkembangan saling memengaruhi, profesi-profesi apa saja yang dibutuhkan, dan bagaimana anak muda  membantu menciptakan dunia masa depan. Hasil penelitian  dan perusahaan-perusahaan industri berpengaruh bagi semua orang—termasuk anak sekolah,  mahasiswa, dan penelit senior i, profesor,  manajer, dan para politisi. Life in 2050  menerawang ke dalam laboratorium-laboratorium tempat orang-orang membuat masa depan dan hal-hal yang menarik dari dunia masa depan. Buku tersebut menjelaskan bahwa tantangan abad ke-21 dapat kita kuasai asalkan  kita menjaga pikiran dan tetap terbuka terhadap solusi-solusi potensial dan berani untuk bertindak. (Sumber: Siemens)

Advertisement

Tulis Opini Anda