PERAN ROBOT (2)

Memungut Komponen Mobil dan Memotong Baja

0
8
Mesin pemotong baja dengan sistem CNC adalah buaan perusahaan Liebherr-Verzahntechnik di Jerman yang digerakkan robot canggih. (Sumber foto: http: www.metalloobrabotka.german-pavilion.com)

Robot dapat memungut sampah, merapikan barang, memungut dan memasang komponen serta merakit mobil, dan mampu bekerja sama dengan manusia saat memotong baja tebal dengan bantuan CNC (computer numerical control).

Mesin pemotong baja dengan sistem CNC adalah buaan perusahaan   Liebherr-Verzahntechnik  di Jerman yang digerakkan robot canggih. (Sumber foto: http: www.metalloobrabotka.german-pavilion.com)
Mesin pemotong baja dengan sistem CNC adalah buaan perusahaan Liebherr-Verzahntechnik di Jerman yang digerakkan robot canggih. (Sumber foto: http: www.metalloobrabotka.german-pavilion.com)

Banyak perusahaan yang masih memindahkan benda-benda melalui pangkalan proses manual—di mana peti-peti dibongkar oleh para pekerja menggunakan tangan. Tentu saja cara kerja manual seperti itu memberikan beban fisik kepada pegawai yang pada akhirnya dapat mengarah ke masalah kesehatan.

Oleh karena itu, robot dan sistem penggegaman bukan hanya melepaskan beban manusia. Robot juga membantu mengurangi biaya. “Otomatisasi sangatlah penting terutama untuk negara seperti Jerman karena membantu manufaktur dalam negeri,” tutur Alexander Spiller, kolega Spenrath.

Advertisement

Software bp3

Software bp3 dikembangkan sebagai bagian dari proyek penelitian Eropa yang diberi nama SME robot (The European Robot Initiative for Strengthening the Competitiveness of SMEs in Manufacturing). Para peneliti di Fraunhofer IPA terlibat sejak tahun 2014 sampai sekarang dan menyumbangkan bermacam pengembangan dalam proyek tersebut.

“Salah satu proyek yang kami kerjakan adalah mengambil sampah,” ingat Spiller. Sebuah alat demonstrasi yang ditampilkan dalam pameran perdangangan Automatica 2010 menarik perhatian perusahaan penyedia otomotif, Takata AG.

Sebuah proyek kerja sama diluncurkan yang terdiri dari software dan robotik dinaikkan skalanya menjadi standar manufaktur–sistem yang digunakan masih berjalan dengan baik di pabrik Takata Ascheffenburg sampai hari ini.

Para ahli dari departemen IPA Robot and Assistive System telah bekerja sama sejak musim semi 2011 dengan Liebherr-Verzahntechnik GmbH, pembuah mesin pemotong CNC gear dan spesialis sistem automatisasi. Mereka bekerja sama supaya sistem tersebut menjadi satu paket lengkap dan mengembangkan solusi yang tepat untuk penerapan di industri.

Baca juga :   Begini Cara Merakit Sayap Pesawat Terbang

“Kami berhasil menyatukan penelitian dan penerapan praktis sehingga berjalan dengan baik,” menurut Thomas Mattern, pimpinan sistem automatisasi di Liebherr.

“Kami membeli izin software dari Fraunhofer, dan menawarkan solusi all-in-one yang terdiri dari robot dan penggenggam, sumbu tambahan, dan strategi penting dalam pengenalan dan proses pengambilan barang-barang kepada pelanggan kami.”

Para ahli di markas di Kempten, Jerman, juga memberikan pelatihan bagi karyawan dan perawatan apa pun yang diperlukan. Sejak saat itu Liebherr dan IPA bekerja sama untuk memberikan dan memasang beberapa sistem untuk perusahaan manufaktur mesin bangunan di Amerika.

Robot tidak hanya mampu bekerja untuk mengatur barang di dalam peti. Robot mampu melakukan pekerjaan rumit, kompleks seperti memungut komponen-komponen kecil kendaraan yang sedang dirakit, atau memotong baja tebal dengan bantuan CNC. (Diolah dari RELIABLE BIN PICKING tulisan Isolde Rötzer, Fraunhofer magazine, dan sumber lain).

Simak artikel terkait dengan topik PERAN ROBOT (1)
Rajin Bekerja dan tidak Rewel

Advertisement

Tulis Opini Anda