Memproses Citra Industri Dengan Laser

0
7

Selama lebih dari 20 tahun, perusahaan Z-Laser Optoelektronik GmbH, telah membuat modul-modul laser dan sistem laser untuk aplikasi industri. Dan, pengolahan gambar industri merupakan sebuah bidang aplikasi penting dengan potensi yang besar.  Dengan laser garis yang sangat eksak dari perusahaan yang berbasis di Freiburg, Jerman ini, garis-garis bisa diproyeksikan di bawah sudut tertentu pada obyek yang harus diukur. Sebuah konverter gambar elektronik, biasanya kamera CCD atau CMOS, akan mencatat proyeksi tersebut.

Dengan mengetahui arah sinar dan jarak antara kamera dan laser, profil ketinggian sepanjang garis di atas obyek dapat dihitung secara tepat. Metode ini disebut proses triangulasi karena koneksi antara kamera dan sumber cahaya laser bersama-sama dengan berkas dari dan ke obyek membentuk sebuah segi tiga. Dengan metode ini, pengukuran yang sangat tepat dari profil permukaan maupun jarak pengukuran tanpa harus menyentuh obyek bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak biaya.

Advertisement

Prosedur klasik dalam menen-tukan profil didasarkan pada pencatat-an struktur permukaan dengan garis-garis. Hal ini disebut prosedur seksi cahaya laser, yang memungkinkan mengukur profil ketinggian sepanjang garis laser yang diproyeksikan. Jika garis pengukuran bergerak melintasi obyek terus menerus, struktur permukaan bisa ditentukan dengan tingkat kepresisi-an yang tinggi. Dalam prosedur ini gambar kamera mencatat pergerakan atau penyimpangan garis laser karena struktur permukaan obyek dan menghitung koordinat 3-D secara berurutan. Jika sinar laser bergerak di sepanjang obyek yang akan diukur serata mungkin, anda bisa melihat per-ubahan dalam ketinggian karena penyimpangan garis laser. Resolusi pengukuran dapat ditingkatkan dengan mengurangi bidang ketinggian  pengukuran. Karena itu anda bisa mengukur dengan resolusi tinggi tetapi area pengukuran kecil (sudut besar, misalnya 60°) atau dengan resolusi yang dikurangi dan area pengukuran  lebih besar (sudut terkecil, misalnya 30°).

Untuk memperjelas obyek anda bisa memakai titik-titik laser atau garis-garis maupun matriks titik. Dengan mengguna-kan multiproyeksi yang demikian, maka pada waktu yang bersamaan memung-kinkan untuk mengevaluasi informasi mengeni jarak dari pola yang diproyek-sikan dari citra kamera.

Baca juga :   Cara Memberdayakan Sektor Industri

Pemrosesan gambar industri mem-butuhkan persyaratan fitur-fitur garis laser yang sangat tinggi. Sebuah homogenitas yang baik dari intensitas cahaya dan bahkan distribusi sinar non-gaussian, maupun kelebaran garis yang konstan dan ketajaman yang tinggi dari lini laser benar-benar sangat diperlukan.

Di samping itu, kelurusan dari garis mutlak harus dijamin. Pengolahan gambar dengan struktur laser yang diproyeksikan memerlukan laser yang handal dengan panjang gelombang yang stabil dan power output.

Kriteria-kriteria tersebut telah dimasukkan pada seri laser vision baru dari Z-Laser dan tersedia dalam tiga model laser yang berbeda. Pada saat bersamaan Z-Laser juga mempererat kerjasamanya dengan perusahaan yang sudah terkenal, Stemmer Imaging, guna memperkuat kemitraan di bidang Machine Vision untuk Z-Laser.

Pemakaian pengolahan gambar industri sangat nyata, karena teknik pengukuran laser ini mencakup obyek dalam 3D dan memeriksa penyim-pangan, kesalahan dan ketidak-teraturan.

Pengendalian kualitas jenis ini yang presisi hingga ke milimeter memungkinkan menarik kesimpulan atas stabilitas produksi, mencegah pengiriman produk yang cacat dan memiliki pengaruh yang positif terhadap optimalisasi proses produksi. Dalam contoh aplikasi ini adalah pemeriksaan konektor-konektor komponen elektronik. Karena ketidaksejajaran dari kemiringan garis laser yang diproyeksikan di atas tanah dan titik-titik sinar-sinar pada konektor, anda bahkan bisa mendeteksi dengan sangat mudah pembengkokan atau ”kaki” yang hilang, dan karenanya meng-identifikasikan komponen-komponen cacat.

Advertisement

Tulis Opini Anda