Memotong Kaca Dengan Laser Disk: Sebuah Pengembangan Baru

1
328

Dua perusahaan Jerman, H2B Photonics, yang bergerak dalam bidang laser untuk pemrosesan kaca, dan ROFIN, produsen laser, bergabung dan menampilkan sebuah teknologi baru untuk pemotongan kaca dengan laser disk.


Dua perusahaan Jerman: H2B Photonics, perusahaan laser untuk pemrosesan kaca, dan ROFIN, produsen laser, bekerjasama melakukan pengembangan laser. Hasilnya, kedua perusahaan sukses meluncurkan teknologi baru pemotongan kaca dengan laser disk yang disebut MLBA (Multiple Laser Beam Absorption).

Teknologi yang sudah dipatenkan ini menampilkan penyerapan isi radiasi laser di dalam kaca, dan bukan penyerapan permukaan seperti yang biasa digunakan pada radiasi laser CO2. Sistem reflektor yang dikembangkan secara khusus memungkinkan sinar laser untuk lewat beberapa kali sampai menembus kaca. Dengan cara ini, energi laser secara optimal digunakan untuk memotong kaca dengan panas yang menyebabkan tegangan retak dalam satu langkah tunggal.

Advertisement

Dua kontur pelat kaca, dipotong secara simultan dengan teknologi MLBA

Apa manfaatnya bagi customer? Manfaatnya sangat nyata: teknologi MLBA memotong pelat-pelat kaca tunggal dengan tebal 0,2 mm sampai 24 mm, atau bahkan kaca yang berlapis-lapis (kaca pajangan, kaca yang dilaminasi) hanya dalam satu langkah kerja saja. Pecahan yang biasanya ada, sekarang tidak ada lagi dan customer bisa beruntung dari waktu produksi yang pendek hingga 50 persen. Sebuah teknologi yang unik di dunia adalah pemisahan selektif pelat-pelat kaca tunggal dalam suatu tumpukan kaca, maupun kontur pemotongan dalam satu langkah tunggal, yang membuka berbagai peluang yang sepenuhnya baru dalam pemro-sesan kaca.

Teknologi MLBA ini bersih dan bebas kontak, dan dengan cara ini tidak menyebabkan polusi apapun karena aditif [seperti media pendinginan, oli cutting] atau serpihan kaca. Fitur-fitur ini membuat metode MLBA sangat cocok untuk pemrosesan produk-produk kaca yang sensitif atau penyebaran pada lingkungan produksi yang sensitif. Kualitas pinggirannya tinggi, bebas dari setiap kepingan kaca atau pecahan kecil, meningkatkan stabilitas bagian-bagian kaca. Kerugian produksi karena kaca pecah atau kerusakan mekanus part-part kaca yang berkualitas tinggi dikurangi hingga menjadi minimum.

Tubocut: Pemotongan kaca berbentuk pipa Metode Tubocut menggunakan laser YAG memotong kaca berbentuk pipa dan kaca berongga secara efisien dan bebas dari potongan-potongan kaca. Adanya pengaturan sinar laser dan benda kerja secara khusus memungkinkan untuk memanfaatkan energi dengan efisien dan menghasilkan pinggiran-pinggiran yang sama tinggi kualitasnya seperti mutu proses MLBA. Hal ini sangat mengurangi limbah selama pengoperasian panas berikutnya dan memberikan kepada pengguna stabilitas proses yang tinggi.

Membuka berbagai kemungkinan baru untuk aplikasi dengan laser disk Perihal aplikasi lain, laser disk merupakan yang paling menguntungkan untuk pemotongan kaca. Stabilitas kinerja, fitur-fitur dinamis yang istimewa dan terukur dari seri DS ROFIN dengan cakupan daya dari 750 hingga 3000 W memungkinkan solusi berkinerja tinggi dan fleksibel untuk cakupan aplikasi yang luas. Laser YAG memungkinkan penggunaan serat optik, membuat laser menjadi suatu alat yang fleksibel yang dapat diintegrasikan pada hampir semua lingkungan produksi. Dengan merangkai beberapa serat pada satu laser, solusi produksi individu dengan efisiensi yang sangat tinggi dapat diwujudkan, membuat investasi untuk sumber laser dalam kaitan dengan sistem pemotongan, menjadi sebuah perspektif baru. Menyajikan pengembangan teknologi MLBA bersama dengan generasi laser disk yang baru dari ROFIN, memperluas jangkauan aplikasi bahkan untuk kaca-kaca borosilicate mencapai kecepatan pemotongan yang nyata-nyata meningkat.

Baca juga :   Internet Tanpa Kabel Semakin Digemari

Produk-produk untuk solusi sesuai permintaan H2B Photonics mengembangkan solusi pemotongan individual yang sesuai dengan permintaan dengan teknologi MLBATM. Portofolionya terdiri dari reflektor dan kepala pemotongan laser yang secara individual bisa diperlengkapi untuk proses dan kebutuhan produk customer, dan dapat juga dengan mudah diintegrasikan ke dalam lini produksi yang sudah ada.



Teknologi pemotongan baru oleh H2B memotong tabung kaca dengan laser disk

H2B merealisasi solusi pemotongan yang customized yang dilengkapi dengan teknologi pemotongan MLBA yang dibutuhkan dan dapat ditawarkan sebagai sistem yang lengkap. Untuk keperluan selanjutnya dalam pengendalian proses, H2B menawarkan peralatan pengukuran suhu terpadu dan sensor-sensor yang menyediakan pilihan tambahan untuk tugas pemotongan yang lebih kompleks.

Spesialis dari H2B Photonics bersama-sama dengan pakar ROFIN menginstal mesin dan teknologi proses di lokasi customer. Berdasarkan keinginan dari customer, personil bisa dilatih dan dikonsultasikan pada pusat aplikasi H2B Photonics di Garbsen, dekat Hanover, Jerman, atau di tempat customer. Hanya laser industrial berkekuatan tinggi dengan perusahaan partner ROFIN yang menggunakan solusi sistem. Kemampuan dan pengalaman bertahun-tahun maupun kinerja jaringan pelayanan di seluruh dunia menjamin operasi yang stabil dan dapat dipercaya di tempat customer. (Pinancius Limbong)

Incoming search terms:

Advertisement

1 KOMENTAR

Tulis Opini Anda