MANUFAKTUR OTOMOTIF (3)

Memerlukan Koordinasi Lintas Perusahaan

0
6
Manufakturisasi mobil Audi
Manufakturisasi mobil Audi di sebuah pabrik di Amerika Utara. (Sumber foto: http://o.aolcdn.com/)

Mobil-mobil yang berbeda merek seperti BMW Seri 5, dan Mercedes C-class, atau VW Golf dan Audi A4 dapat diproduksi pada waktu yang bersamaan.

Manufakturisasi mobil Audi
Manufakturisasi mobil Audi di sebuah pabrik di Amerika Utara. (Sumber foto: http://o.aolcdn.com/)

Hambatan kedua adalah kurangnya koordinasi antara produsen dan pemasok. Rincian order dan informasi teknis sering disampaikan terlambat dan berbelit-belit sampai dapat diterima dan dilaksanakan. Hal ini menyebabkan kemacetan yang dapat melumpuhkan seluruh sistem, yang di dalam skenario terburuknya, satu komponen saja hilang akan dapat berpengaruh kepada seluruh lini produksi macet.

“Diperlukan adanya pengkoordinasian pengendalian proses secara lintas-perusahaan dengan melibatkan semua pemasok untuk berpartisipasi. Misalnya saja dengan menggunakan proses standar dan sistem Teknologi Informasi  di seluruh jaringan produsen dan penyedia layanan,” jelas Hellingrath.

Advertisement

Hambatan ketiga bagi penerapan mobil lima hari adalah struktur jaringan yang sudah ketinggalan zaman. “Para produsen dan pemasok menggunakan struktur yang telah berevolusi selama jangka waktu yang panjang dan seringkali tidak fleksibel,” jelas Nayabi.

Waktu dan uang dapat dihemat dengan solusi logistik yang baru, yaitu dengan membentuk komunitas pemasok, di mana pemasok yang berbeda berkumpul bersama-sama dan dapat berbagi penggunaan fasilitas gudang dan armada transportasi.

Tim Bernd Hellingrath di IML telah mengembangkan sebuah program software baru yang mensimulasikan informasi dan aliran material seluruh proses mulai dari penerimaan hingga pengiriman. Hal ini memungkinkan digabungkannya jaringan, produk dan struktur proses yang berbeda, serta disimulasikan dan dinilai.

 

Kokpit modular
Kokpit modular memungkinkan para pembuat mobil untuk merespon dengan cepat keinginan para
pelanggan perorangan. (Sumber foto/©: Siemens)

Program ini menata masalah yang ada untuk mewujudkan mobil lima hari dan menunjukkan bagaimana perencanaan dan pengendalian proses harus diselenggarakan dalam rangka memotong biaya transportasi dan pergudangan.

Pada saat proyek Uni Eropa itu selesai pada tahun 2008, para peneliti bermaksud mengembangkan sebuah konsep yang akan membuat struktur produk yang lebih fleksibel di dalam manufaktur mobil, mengintegrasikan perencanaan dan pengendalian proses serta mengoptimalkan jaringan. Tujuan utama mereka adalah untuk mencapai pemanfaatan penuh kapasitas dari fasilitas manufaktur di dalam menyesuaikan dengan perintah “100 persen dibuat berdasarkan pesanan” sebagai isitlah yang sering digunakan oleh para insinyur.

Baca juga :   Berapa Ton Emas Kita Buang Tiap Tahun?

“Untuk membuat sesuai dengan pesanan, Anda perlu kondisi produksi yang sangat fleksibel, seperti produk modular, proses tiap tahapan yang terintegrasi dan jaringan yang fleksibel,” jelas Nayabi.

“Tetapi, jika Anda membuat standar tertentu dan komponen yang telah terencana, sangat mungkin untuk mengatur jalur produksi di mana mobil dari merek yang berbeda dapat diproduksi pada waktu yang sama, misalnya BMW Seri 3 dan Mercedes C-class, atau VW Golf dan Audi A3.”

Perkembangan ini bisa berarti awal dari sebuah era baru dalam manufaktur mobil. Produsen akan memiliki kesempatan untuk meng-outsource setidaknya sebagian dari kegiatan produksi mereka ke perusahaan-perusahaan yang fleksibel, yang mengkhususkan diri dalam perakitan mobil. Kelompok industri otomotif sendiri kemudian bisa lebih berkonsentrasi pada desain, pengembangan dan pemasaran.

“Saya mengetahui bahwa ide tersebut sudah bisa digunakan,” aku Nayabi, “meskipun perusahaan-perusahaan sudah mulai berpikir untuk menerapkannya. Mereka menunjukkan minat terhadap perkembangan proyek ILIPT (Intelligent Logistics for Innovative Product Technologies).” . (Diolah dari The 5-day car: Ordered on Monday-delivered on Friday tulisan Monika Weiner, Fraunhofer)

Advertisement

Tulis Opini Anda