MANUFAKTUR OTOMOTIF (1)

Membuat Mobil itu Mudah, Pesan Senin … Jum’at Kelar

0
6
Produksi mobil
Produksi mobil melalui tahapan-tahapan yang konvensional akan segera usang. Garis produksi di masa depan akan jadi fleksibel. (Sumber forto/© :ThyssenKrupp)

Pembeli tidak mendapatkan mobil yang diinginkan, dan dealer pun harus memberikan diskon serta kehilangan sebagian keuntungan. Bagaimana mengatasinya?

Produksi mobil
Produksi mobil melalui tahapan-tahapan yang konvensional akan segera usang. Garis produksi di masa depan akan jadi fleksibel. (Sumber forto/© :ThyssenKrupp)

Personalisasi sangat diminati. Demikian pula untuk mobil. Hingga saat ini, pelanggan masih harus menunggu lama agar dapat memiliki mobil idamannya. Namun, situasi ini akan segera berubah. Sebuah tim peneliti Eropa sedang mengembangkan konsep untuk produksi mobil yang cepat, personal, dan berorientasi pada  kepentingan pelanggan.

Memesan mobil baru memang tidak butuh waktu lama. Tetapi, ketika akan dikirimkan, seringkali muncul masalah. Mobil impian lengkap dengan aksesoris istimewa harus diproduksi di pabrik—bisa selesai dalam berbulan-bulan. Pelanggan yang tidak mau menunggu begitu lama harus menyesuaikan keinginannya dengan mobil yang dipajang di dealer, walaupun tidak bisa persis sesuai dengan yang mereka inginkan.

Advertisement

Solusi ini sangat tidak memuaskan bagi masing-masing pihak. Pembeli tidak mendapatkan yang diinginkan, dan dealernya sendiri harus memberikan diskon serta kehilangan sebagian keuntungannya.

“Model bisnis ini benar-benar kuno,” ungkap Bernd Hellingrath dari Fraunhofer Institute for Material Flow and Logistics IML.

Mobiln  lima hari Uni Eropa

Bersama dengan dua puluh tim peneliti di Eropa, Hellingrath dan rekan-rekannya dari tiga Institut Fraunhofer mengerjakan pengembangan konsep produksi baru untuk industri otomotif yang lebih cepat dan lebih fleksibel bila dibandingkan dengan yang sudah ada.

Perencanaan mobil lima hari ini akan dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para pelanggan, dan dikirimkan dalam seminggu setelah pesanan diterima. Tujuan pembuatan  ‘mobil lima hari Uni Eropa’ tersebut tidak hanya untuk memenuhi persyaratan dari dealer dan pelanggan, tetapi juga untuk memberikan keunggulan kompetitif yang baik bagi industri otomotif Eropa di pasar global.

Baca juga :   Teknik Bawah Air yang Terbaik dan Efisien bagi Produser Polimer
Mobil BMW seri 5
Mobil BMW seri 5. (Sumber foto: http://www.blogcdn.com/www.autoblog.com/)

“Model bisnis yang biasa kita temui di industri otomotif saat ini merupakan percampuran antara produksi massal dan manufaktur yang sesuai untuk kendaraan, sudah semakin tidak bisa berjalan. Industri ini harus menanggung konsekuensi dari kelebihan produksi secara global, pertumbuhan stok dan penurunan profitabilitas yang merupakan penyebab otomatisnya,” jelas René Esser, kepala bagian untuk urusan produk baru di ThyssenKrupp Automotive, salah satu perusahaan suplaier terbesar di dunia dan koordinator dari proyek Uni Eropa bernama ILIPT (Intelligent Logistics for Innovative Product Technologies).

Berdasarkan data defisit yang diperlihatkan oleh perusahaan konsultan McKinsey, produsen mobil di seluruh dunia akan menghabiskan 80 miliar dolar per tahun di dalam membuat mobil yang tidak diinginkan oleh siapapun. Dapatkah sebuah mobil diproduksi hanya dalam lima hari? Sehingga kita dapat memesan mobil pada hari Senen dan terima pada lima hari berikutnya.      (Diolah dari The 5-day car: Ordered on Monday-delivered on Friday tulisan Monika Weiner, Fraunhofer)

Simak artikel terkait dengan topik  MANUFAKTUR OTOMOTIF (2)
P
emanfaatan Optimal Jalur Produksi

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda