TEKNOLOGI InventAIRy (3)

Memasuki Teknologi Industri 4.0

0
16
Ukuran dan besar gudang bergantung pada jenis industri. (Sumber foto/@: http://www.hec.edu/Knowledge/)

InventAIRy dapat pula memfasilitasi inventarisasi otomatis pada mobil, suku cadang, baja, dan sektor ekspedisi muatan.

Ukuran dan besar gudang bergantung pada jenis industri. (Sumber foto/@: http://www.hec.edu/Knowledge/)

Hasil sementara tim cukup menjanjikan. “Dimulai pada pertengahan tahun  2015, kami berencana untuk meluncurkan penerbangan semi otomatis di mana robot dilengkapi dengan teknologi identifikasi–tetap pada satu posisi dan menghindari tubrukan dengan benda lain,” penjelasan pimpinan proyek.

Di tengah-tengah segala euforia, para ilmuwan masih harus menguasai beberapa tantangan sebelum teknologi yang mereka dapatkan  benar-benar mengudara. Situasi hukum terhadap penggunaan komersial robot terbang di gudang atau ruangan pabrik belum cukup jelas.

Advertisement

Meski demikian, dalam kasus sistem aerial tak berawak, belum jelas bagaimana regulasi aviasi, termasuk aviasi by-laws, diaplikasikan dalam konteks industri 4.0, terutama ketika sampai pada hal yang perlu dilakukan dengan penerbangan otonom di area luar.

Freund tidak terlalu memperhatikan. “German Federal Ministry for Economic Affairs and Energy (BMWi) telah mengenali kebutuhan ini dan mengintegrasikan penelitian pendamping yang tepat tentang tantangan hukum pada proyek.”

Menyediakan ahli hukum

Mari menuimak peristiwa tahun 2010, sekolah hukum pada University of Würzburg membuat Research Centre Robot Law dengan fokus pada persyaratan hukum untuk inovasi teknis. Apa yang terjadi dengan InventAIRy akan menyediakan ahli hukum dengan preseden untuk petunjuk hukum yang tepat dan prosedur operasi standar, semenjak aplikasi praktik yang memfasilitasi elaborasi kerangka hukum masih kurang.

Baca juga :   Robot Terbang Menghitung Kotak

Tim InventAIRy ingin mengatasi tantangan-tantangan khusus dengan solusi: mereka diintimidasi oleh struktur gudang heterogen maupun operasi kombinasi robot lain di dalam dan luar ruangan.

Lembaga Federal Ministry for Economic Affairs and Energy mendukung proyek penelitian ini sebagai bagian dari AUTONOMIK untuk program teknologi Industri 4.0. Ketika ini selesai, InventAIRy dapat pula memfasilitasi inventarisasi otomatis pada mobil, suku cadang, baja dan sektor ekspedisi muatan.

Ahli logistik Freund meyakinkan. “Setelah ditetapkan, inventarisasi otomatis dengan robot otonom dapat digunakan untuk jangka panjang yang sangat dapat diandalkan dan efisien biaya.” (Bahan diolah dari Inventory takes flight tulisan Franziska Kopold, Fraunhofer 2/2015)

Simak artikel selanjutnya dengan topik Teknologi InventAIRy (1)
Robot Terbang Menghitung Kotak

Advertisement

Tulis Opini Anda