Memantau Keadaan Anak di Luar Rumah, Lewat Jam Tangan Sensor

0
80
Alat bernama doori BAND buatan ewideplus perusahaan digital agencies di Korea Selatan menawarkan arloji tangan berisikan lima sensor yang dapat memantau keadaan anak di dalam dan luar rumah sehingga orangtua merasa nyaman. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Selain piawai membuat pesawat tempur canggih, produk Korea Selatan seperti smart phone, mobil, mesin telah memasuki pasar global. Bahkan alat memantau keadaan anak di luar rumah pun dapat dilakukan lewat jam tangan sensor.

Alat bernama doori BAND buatan ewideplus perusahaan digital agencies di Korea Selatan menawarkan arloji tangan berisikan lima sensor yang dapat memantau keadaan anak di dalam dan luar rumah sehingga orangtua merasa nyaman. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Kenapa orang Korea Selatan hebat-hebat? Bekerja keras, disiplin, jujur, bertanggung jawab, konsisten, dan punya passion untuk lebih baik pada hari esok—seperti itulah gambaran singkat orang Korea Selatan. Meski semenanjung Korea tidak sampai seluas Sumatera—terdiri dari dua negara lagi yakni Korea Utara dan Korea Selatan—kita harus mengakui bahwa Korea Selatan lebih kaya.

Contoh sederhana, kebanyakan rumah, apartemen, dan perkantoran tidak mempunyai kunci lagi—digantikan oleh sistem digital dengan password saat membuka dan menurup pintu. Kita bayangkan jumlah bahan baku untuk anak kunci dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan benda lainnya misalnya komponen otomotif atau mesin.

Advertisement

Korea Selatan menguasai teknologi sensor diaplikasikan dalam pelbagai sektor  industri seperti otomatisasi, inovasi, pabrikasi, dan sebagainya—semua menghasilkan penghematan energi tanpa mengurangi kapasitas produksi. Bahkan untuk memantau keadaan anak di luar rumah, dapat dilakukan lewat jam tangan sensor. Ah, di Indonesia alat itu sudah ada, namun kita hanya membeli buatan Korea Selatan dan Negara lain.

Contoh lain, saat masuk ke dalam rumah atau kantor, orang di Korea Selatan tidak repot menyalakan lampu di dalam ruangan. Sensor bekerja otomatis begitu menangkap gerakan tubuh pemiliknya. Lampu bersensor itu biasanya ditempatkan dekat pintu. Mana kala penghuninya bergerak ke ruangan lain, secara otomatis pula lampu pertama akan mati (redup) dan cahaya digantikan oleh lampu di ruangan di mana penghuninya berada.  Penggunaan lampu sensor itu tentu menambah penghematan biaya.

Baca juga :   Chinese Firm Still Keen to Join Pelindo’s Kalibaru Plan

Satu lagi layanan yang membuat warga Korea Selatan hidup lebih nyaman. Menurut lapotan sebuah laman, internet di Korea Selatan paling cepat di dunia dengan biaya rendah. Hampir seluruh warga leluasa mengakses data melalui internet dengan fasilitas Wi-Fi tanpa menggunakan password.

Sarana publik seperti stasiun  kereta api, taman kota, dan sebagainya—memiliki fasilitas Wi-Fi. Yang sulit kita cari adalah ruang publik tanpa fasilitas Wi-Fi. Dengan fasilitas yang lengkap, maka orangtua mudah  memantau keadaan anak di luar rumah yang dapat dilakukan lewat jam tangan sensor.

Mari kita simak cara ewideplus salah satu Digital Agencies terkemuka di Korea Selatan. Perusahaan ini, menurut pendiri dan CEO ewideplus, Hyouk Jun Jang, perusahaannya telah mengadopsi teknologi ITC agar kualitas pelayanan kepada pelanggan lebih berkualitas dan baik.

Kini, warga di Korea Selatan tidak perlu lagi datang ke bank saat melakukan segala jenis transaksi. eWideplus  dinilai sebagai salah satu digital agencies terbaik di Korea Selatan. ewideplus  mampu melayani kebutuhan masyarakat dan telah mulai berekspansi ke Indonesia melalui kerja sama dengan Indosat dan bank milik perusahaan dari Korea Selatan.

Hyouk Jun Jang menyatakan, bahwa pihaknya bukanlah pengembang sumber daya teknologi secara langsung, namun perusahaannya adalah terbaik dalam penggunaan teknologi sehingga bisnis pelanggannya pada masa depan akan didefenisikan ulang (the future, redefined) oleh ewideplus.

Selain melayani perbankan, ewideplus juga membuat aplikasi  layanan mobile, marketing, system integration, online marketing, dan promosi dengan menggunakan aplikasi yang mendukung multiplatform dengan metode pembayaran mobile dan solusi periklanan.

Bagaimana memantau keadaan anak di luar rumah? Salah satu produk andalannya yakni meliputi pelayanan anak melalui doori BAND yang bukan sekadar health care tracker, namun eWideplus   menggunakan sensor terbaru dan jaringan 3G dan IoT—sehingga orangtua dapat memantau keadaan anak di luar atau di dalam rumah secara real time.

Alat yang dinamai doori BAND itu digunakan sebagai alat memantau keadaan anak ketika berada di luar rumah. Melalui sensor yang diselipkan dalam arloji tangan—disainnya disesuaikan dengan bentuk atau gambar yang disukai anak-anak—yang memberikan informasi tentang keadaan kesehatan anak.

Baca juga :   Apa Kunci Rahasia Korea Selatan Menjadi Negara Kaya? Ini Jawabannya

Alat doori BAND dapat memberikan informasi tentang, antara lain, denyut jantung anak, emosi (melalui sensor GSR), petunjuk swa-diagnosis, suhu tubuh dan suhu udara, notifiasi status abnormal secara real time, dan pelacak kondisi kesehatan si anak. Dalam doori BAND terdapat lima sensor.

Bagaimana alat ini bekerja sehingga mampu memantau keadaan anak?  Alat yang disebut thermometer built-in PPG, akselerometer, dan sensor GSR menghimpun informasi kesehatan dan aktivitas pengguna yakni anak. Melalui jaringan selular 3G atau IoT, data kesehatan anak dikirim langsung ke server—di mana pun data itu akan dihimpun dan dianalisis.

Business Development ewideplus, minseok Kim menjelaskan bahwa visualisasi data kuantitatif ditampilkan melalui aplikasi mobile atau Web Service. Orangtua akan menerima notifikasi berupa SMS (pesan singkat) secara real time di layar ponsel—jika terindikasi  gejala yang abnormal tentang kondisi kesehatan anaknya.

Simak Unggul di Bidang Teknologi, Korea Selatan Samai Amerika 

Advertisement

Tulis Opini Anda