REVOLUSI ELEKTRONIK DIGITAL (1)

Memanjakan Penikmat Hiburan

0
4
Masa depan elektronik rumah tangga digital: teknologi baru memberikan gambar bergerak dan musik dengan kualitas suara terbaik. (Sumber foto/©: gettyimages)

Kita dapat merasa seolah-olah sedang duduk di tengah-tengah sebuah gedung konser. Apa yang kita dengarkan  adalah sebuah  konser bertajuk Berlin Philharmonic—tanpa harus pergi ke Jerman—dengan  kualitas suara di atas tingkat surround sound.

Masa depan elektronik rumah tangga digital: teknologi baru memberikan gambar bergerak dan musik dengan kualitas suara terbaik. (Sumber foto/©: gettyimages)
Masa depan elektronik rumah tangga digital: teknologi baru memberikan gambar bergerak dan musik dengan kualitas suara terbaik. (Sumber foto/©: gettyimages)

TV ponsel, suara ruangan di dalam mobil, audio yang sempurna di ruang tamu, gambar tajam pada layar TV di rumah—dengan teknologi termutakhir dan standar-standar modern telah merevolusi dunia elektronik konsumen, sehingga menimbulkan produk dan layanan baru yang jumlahnya tidak terhitung.

Saat sedang bergerak menjauh dari tepi jalan di dalam perjalanan rutinnya menuju  ke bandara, pengusaha  sebut saja namanya Martin Müller menghidupkan radio mobilnya dan dia merasa seolah-olah sedang duduk di tengah-tengah sebuah gedung konser. Apa yang didengarkannya  adalah sebuah  konser bertajuk Berlin Philharmonic dengan kualitas suara di atas tingkat surround sound.

Advertisement

Bunyi halus biola  didengarkan di bagian kiri depan, disusul suara klarinet dan suara di sebelah kanannya terdengar suara simbal lebih banyak dan lebih jelas. Müller mencapai bandara tepat waktu pukul 17.45, hanya untuk mengetahui bahwa penerbangan ke Munich tertunda. Dia mencabut ponselnya  kemudian bersandar dengan nyaman di kursinya dan menyaksikan berita di televisi.

Musik bagi masyarakat yang mobile

Kemudian dia mengirimkan pesan teks singkat kepada teman-temannya untuk mengonfirmasi rencana mereka yang akan dihadiri pada malam hari. Mereka berencana untuk meresmikan bioskop rumah baru mereka malam itu. Sebuahhigh-definition television (HDTV)besar memberikan gambar yang tajam, dan satu set pengeras suara ramping layar datar memberikan pengalaman audio yang sempurna. Untuk mengatur suasana hati dengan suasana Barat yang baru di rumah teman-temannya itu, dia telah menyusun musik kompilasi pada malam sebelumnya dengan menggunakan Digital Music Finder.

Ragam hiburan yang dapay kita nikmati dari berbagai jenis multimedia. (Sumber foto: http://nweb.kr/)
Ragam hiburan yang dapay kita nikmati dari berbagai jenis multimedia. (Sumber foto: http://nweb.kr/)

Sekarang ini rutinitas sehari-hari kita berlangsung  sama. Apakah di rumah atau di jalan, teknologi baru dan standar yang memberikan video, foto, dan musik dalam kualitas luar biasa. Media digital telah merevolusi elektronik konsumen dalam beberapa tahun terakhir. DVD player, kamera digital, dan MP3 player telah menggantikan perekam video, kamera SLR, dan Discmen yang dimiliki oleh hampir semua rumah tangga saat ini. Perangkat audio portabel khususnya, sedang mengalami permintaan besar.

Baca juga :   Mobil Bermasalah? Solusinya Dikabari dalam 3 Menit

Misalnya di Jerman, jumlah hampir 7,5 juta MP3 player melintasi kasir-kasir toko pada tahun 2005, meningkat 135 persen. Para pemain digital kecil sedang membeludak di seluruh dunia. Sebuah survei yang dilakukan oleh kelompok riset pasar NPD mengungkapkan bahwa pada tahun 2005, untuk pertama kalinya, lebih banyak MP3 playeryang terjual daripada CD player.

Menurut Merdeka.com  Samsung menjual produk sebesar US$150 miliar pada tahun 2010,  meningkat tajam disbanding penjualan tahun  2006 yang nilainya hanya US$63,4 miliar.

Jumlah penjualan diperkirakan meningkat dari tahun kie tahun . oleh karena itu, perusahaan terus melakukan pengembangan disain dan  teknologi  yang diharapkan dapat memuaskan para pengguna (pelanggan). Yang pasti, Samsung dan Appel saling berlomba untuk menanjakan penikmati musik dan hiburan multi media (digital) di Indonesia. (Diolah dari Digital entertainment on every channel tulisanBirgit Niesing, Fraunhofer, Merdeka.com, Kapanlagi.com, dan sebagainya).

Simak artikel terkait dengan topik REVOLUSI  ELEKTRONIK DIGITAL (2)
Ledakan Distribusi Digital

Advertisement

Tulis Opini Anda