Memaksimalkan Capaian Profit Dengan Sistem Otomasi Terintegrasi

0
6

B&R Automation Studio City. Arsitektur software yang terintegrasi untuk otomasi yang ekonomis.

 

Advertisement

Otomatisasi mesin secara menyeluruh dengan menggunakan satu perangkat yang cerdas untuk menjalankan keseluruhan sistem otomatisasi. Inilah yang sudah lama menjadi filosofi para spesialis otomatisasi Austria di B&R, sebuah perusahaan otomatisasi yang berbasis di Austria. B&R sejak dini sudah menyadari bahwa pasar tidak hanya mencari komponen-komponen seperti kontroller, perlengkapan-perlengkapan visualisasi, PC industrial dan sistem drive, melainkan menghendaki sebuah perangkat software yang terintegral yang mencakup keseluruhan tugas-tugas otomatisasi. Solusi total memberikan peluang penghematan yang besar, yang diakui oleh banyak pabrikan mesin sebagai suatu keunggulan kompetitif yang sangat penting.

Pada saat tekanan biaya terus berlanjut, bagi para pabrikan sistem dan mesin sungguh-sungguh penting berkonsentrasi pada area utama keahlian mereka. Dengan menggunakan satu perangkat yang komprehensif, para produsen mesin tidak lagi harus menghabiskan sejumlah besar uang untuk menjalankan interface di antara aplikasi visualisasi, drive dan kontroller. Pada umumnya, pabrikan yang inovatif berinvestasi lebih besar pada pengembangan, pemeliharaan, dan pembaharuan software aplikasi. Untuk mengamankan investasi tersebut dalam jangka panjang, maka karakteristik seperti modularitas, skalabilitas, dan kemampuan pemakaian kembali modul-modul software dan fungsinya, menjadi semakin penting.

Tidak hanya itu, software juga harus lebih fleksibel saat dipakai mengkonfigurasikan mesin dan pilihan-pilihan. Penyambungan sistem ERP, perkakas E-CAD dan perangkat otomatisasi memungkinkan pembuatan software mesin tersendiri berbasis pada proses yang diotomatisasi. Dengan Automation Studio, B&R menyediakan satu lingkungan pengembangan untuk kontrol, visualisasi, kendali gerakan, dan tugas-tugas komunikasi – atau singkatnya, semua hal yang harus dilakukan terkait dengan otomatisasi.

Semua editor IEC distandardisasi, debugger dan kompiler ANSI C yang seluruhnya terintegrasi, konfigurasi grafis untuk aksis dan titik-titik I/O, dan konfigurasi sistem visual-isasi mesin yang terintegrasi akan mendampingi para customer dari tahap-tahap pemrograman dan pengawasan selama produksi dan service. Banyak fungsi-fungsi canggih untuk kendali suhu, teknologi drive dan komunikasi fieldbus telah tercakup dalam paket Automation Studio standar. Para pengguna Automation Studio sekarang bisa mengembangkan proyek otomatisasi mereka dengan lebih cepat dan memeliharanya lebih handal, dan desain software yang terbuka menghasilkan sistem yang dapat diintegrasikan tanpa kelim ke dalam proses yang sudah ada.

Selain perangkat software, diperlukan juga sistem komunikasi real-time dengan jaringan luas. Dengan POWERLINK, selama lima tahun terakhir ini B&R telah menawarkan komunikasi real-time berbasis Ethernet. Dan sekarang teknologi ini sudah menancapkan kukunya di pasar. Sementara itu, lebih dari 40.000 seri mesin produksi telah dibuat dan sedang digunakan di berbagai industri. Selain B&R, banyak pabrikan otomatisasi terkemuka mengandalkan teknologi yang pertama dan terbuka ini.

Baca juga :   Membuat Protein dan Enzim Menjadi Tinta

Daya ukur dari software ini dilengkapi dengan modularitas perangkat keras. I/O IP 20 dan IP 67, yang bisa diukur dengan menggunakan pilah-pilah kecil atau blok-blok ringkas dan dapat dihubungkan dengan kontroller dengan memakai sambungan fieldbus atau dipasangkan secara langsung, menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Banyak pilihan visualisasi proses-proses mesin yang tersedia bagi para customer, mulai dari Power Panel yang kompak hingga PC industrial berkinerja tinggi dengan Soft PLC. Tentu saja, memungkinkan untuk menjalankan semua variasi operasi dan display standar dengan menggunakan keypad dan layar sentuh. Dan, atas permintaan, panel-panel sistem visualisasi dapat juga disesuaikan dengan desain korporasi dari pabrikan mesin.

Pemakaian drive-drive servo yang sangat dinamis digabungkan secara sinkron dengan motor-motor linear atau torki akan menghasilkan dasar teknologi drive yang inovatif. Fungsi-fungsi software yang kuat untuk gerakan yang terkoordinasi (profil-profil cam, line shaft), aplikasi CNC dan fungsi robotik melengkapi paket gerakan, sehingga memungkinkan solusi drive yang benar-benar efisien. Struktur-struktur kontrol yang terbuka dan fungsi-fungsi teknologi yang terintegrasi menjamin bahwa mesin benar-benar dinamis dan presisi.

Sisanya benar-benar terhadap prinsip pemandu ”Kesempurnaan dalam Otomatisasi,” B&R menawarkan solusi total yang secara teknologi canggih untuk hardware dan software maupun dukungan yang berorientasi pelanggan dalam semua bidng otomatisasi. Total solusi yang ditawarkan oleh satu sumber tunggal menghasilkan  potensi penghematan yang patut dipertimbangkan bagi customer di seluruh masa pakai mesin dan sistem.

Seperti diungkapkan Hans Wimmer, Managing Director B&R mengenai tren teknologi otomatisasi, ”Ada kecenderungan yang jelas ke arah perangkat berkinerja tinggi untuk otomatisasi yang lengkap. Saat ini, para customer kami perlu membuat mesin dan sistem mereka lebih cepat dan dengan lebih banyak koordinasi, meningkatkan efisiensi biaya di seluruh lini. Product range yang luas dari B&R dan tool software Automation Studio memberikan kepada pelanggan peningkatan produktivitas di semua bidang pengembangan. Pengurangan biaya dan waktu di area aplikasi software, dukungan after sales, dan pemeliharaan merupakan manfaat-manfaat yang juga sangat besar.”

Advertisement

Tulis Opini Anda