EXXONMOBIL

Melindungi Mesin dan Peralatan yang Hemat Energi

0
14
Manufaktur yang menggunakan mobiliIndustrial lubricants diformulasikan oleh para ahli untuk mengoptimalkan kinerja dan mendapatkan pernyataan resmi dari ExxonMobil untuk efisiensi energ. (Foto: ExxonMobil Corporation)

Apa keistimewan pelumas ExxonMobil dan sektor industri apa  saja yang menggunakannya? Bagaimana cara Perhimpunan  Distributor, Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI)  menciptakan industri ramah lingkungan?

Manufaktur yang menggunakan mobiliIndustrial lubricants diformulasikan oleh para ahli untuk mengoptimalkan kinerja dan mendapatkan pernyataan  resmi dari ExxonMobil untuk efisiensi energ. (Foto: ExxonMobil Corporation)
Manufaktur yang menggunakan mobiliIndustrial lubricants diformulasikan oleh para ahli untuk mengoptimalkan kinerja dan mendapatkan pernyataan resmi dari ExxonMobil untuk efisiensi energ. (Foto: ExxonMobil Corporation)

Hati-hati memilih pelumas untuk mesin dan alat produksi di pabrik. Makin banyak jenis pelumas yang ditawarkan, namun beberapa dari antara lebih 7.421 jenis pelumas yang ditawarkan di pasar Indonesia adalah aspal atau asli tapi palsu. Apabila terlanjur menggunakan pelumas aspal, segeralah menggantikannya—agar mesin-mesin dan atau manufaktur yang menggunakan alat produksi tidak mudah keropos atau rusak.

Memalsukan pelumas dilakukan dengan menggunakan merek/bran milik perusahaan yang sah. Pelumas aspal  itu dipasarkan 15 persen lebih murah ketimbang produk asli.  Untuk mengatasi tindakan para pemalsu, produsen-produsen pelumas (asli) membuat perubahan tutup/kemasan botol secara periodik agar tidak bisa ditiru oleh pemalsu.

Advertisement

Konsumen pun sebaiknya memerhatikan warna dan bau pelumas yang akan dibeli. Pelumas asli tampak berwarna bening, tidak bau sengit, dan jika diteteskan pada bahan tisu maka pelumas asli tidak meninggalkan gumpalan. Para pemalsu pelumas tertarik atas pertumbuhan manufaktur, otomotif, dan industri yang menggunakan alat produksi (mesin)—termasuk alat-alat berat—cukup signifikan di Indonesia.

Salah satu produsen pelumas yang telah berbisnis di Indonesia lebih seabad menjamin kualitas produknya. Dengan menerapkan  inovasi teknologi, penyediaan bahan (pelumas) yang terkendali (kualitas) dan berintegritas, maka pelumas ExxonMobil terjaga, demikian Shankar Karnik pejabat AP Mobil SHC Brand Manger & Energy Advisor khusus kawasan Asia Pasifik  yang berkedudukan di Pakistan. Ia menjelaskan keandalan beberapa produk pelumas ExxonMobil bersama Osman Durrani Direktur Pemasaran PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Layanan equipment builder

Shankar menjelaskan, produk pelumas dirancang dan diuji  secara ketat, dan jika ditemukan suatu kesalahan, maka tim pakar yang bertugas segera melakukan perbaikan kualitas.

Pelumas ExxonMobil  meningkatkan produktivitas dan lebih efisien. (Sumber foto: ExxonMobil Corporation)
Pelumas ExxonMobil meningkatkan produktivitas dan lebih efisien. (Sumber foto: ExxonMobil Corporation)

Sejak 1914, Shankar menjelaskan, ExxonMobil berkolaborasi secara dekat dengan para equipment builder terkemuka dunia—dikenal sebagai Penghasil Equipment Orisinil. Kolaborasi itu bertujuan untuk:

  • Memahami tren equipment terkait dengan permintaan atas pelumas saat ini dan pada masa mendatang.
  • Berkonsultasi tentang rancangan sistem pelumas.
  • Membantu memecahkan atas masalah-masalah dan gangguan atas kualitas pelumas.
  • Memperkenalkan produk-produk dan teknologi baru dalam proses produksi.

Para insinyur ExxonMobil bekerja secara dekat dengan para equipment  builder. Kerja sama itu merupakan faktor dari formulasi-formulasi yang menentukan kualitas  produk pelumas. Di pusat ExxonMobil terdapat jaringan para insinyur secara global yang memiliki keahlian dan keunggulan di bidang teknologi pelumas.

Dengan beragam teknologi yang digunakan dalam  proses kimia, tribiologi, dan teknik mesin, para insinyur ExxonMobil mempunyai pengetahuan teknis dan visi kreatif untuk membantu mengoptimalisasikan kinerja peralatan  sektor industri yang menggunakan pelumas. Hubungan baik ExxonMobil dengan para pelanggan menghasilkan inovasi-inovasi di dalam teknologi pelumas, sehingga memungkinkan bagi para equipment builder untuk menjadikan alat produksi/mesin  lebih produktif, efisien, dan wajar.

Kualitas pelumas ExxonMobil menjamin efisiensi alat mesin untuk semua jenis industri (Sumber Foto: ExxonMobil Cooporation)
Kualitas pelumas ExxonMobil menjamin efisiensi alat mesin untuk semua jenis industri (Sumber Foto: ExxonMobil Cooporation)

Shankar menambahkan para insinyur equipment builder ExxonMobil merupakan para penjaga bagi lingkaran bisnis pengguna pelumas. ExxonMobil berusaha   menjadi rekan teknologi strategis yang baik bagi para pelenggan dengan

  • Mengadapatasikan dan merekomendasikan pelumas dan sistem pelumas bagi alat industri.
  • Menspesifikasikan pelumas-pelumas yang optimal bagi kebutuhan pabrik, pengujian, pemrosesan, dan perlindungan bagi penyimpanan, serta memfasilitasi bantuan teknik bagi mesin yang baru di mana pun lokasi pelanggan equipment builder.
  • Mendukung pemasaran MobilTM  dengan suatu program branding pelumas bagi para equipment builder, penjual, dan pusat layanan.
  • Membangun konsistensi global di dalam kinerja produk yang membantu pelanggan untuk mendapatkan nilai baru yang sebelumnya telah seringkali  menggunakan produk buatan pesaing yang sudah mapan.
  • Merawat dukungan teknis dan kepekaan dengan kualitas tinggi, kapan pun dan sesuai lokasi para equipment builder.
  • Memberikan tanda, label, grafik, dan pengumuman pelumas yang layak.
  • Menawarkan pelatihan tentang pelumas yang berkelanjutan sehingga para peserta dapat memastikan secara konstan pemilihan yang tepat dan penggunaan pelumas untuk mesin dan alat industri.

Untuk membuat kualitas pelumas bagus, perusahaan mempekerjakan para ahli rancangan yang terdiri dari kelompok peneliti dan teknisi—bertugas untuk mengutamakan inovasi-inovasi di dalam rancangan dan penggunaan bahan-bahan yang berfungsi untuk  equipment manufaktur.

Bagian-bagian teknik berkolaborasi dengan  laboratorium-laboratorium pengujian untuk mengetahui bagaimana mesin baru berfungsi dan berusaha mengenali kesulitan-kesulitan yang mungkin menghalangi kinerja dan efisiensi yang optimal.

  • Bagian MobilTM Investigative Analysis Laboratory menerima equipment para pelanggan untuk mendiagnosa dan memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan pelumas.
  • Dengan Program Mobil SignumTM Oil Analysis memungkinkan para pelanggan untuk mengawasi indikator-indikator kritis dari minyak yang digunakan, memberikan peringatan lanjutan tentang kondisi-kondisi yang tidak wajar sehingga mampu berkontribusi pada degradasi minyak dan alat produksi.
  • LoobleSM pemilih produk industri secara online yang dibangun dengan masukan dari equipment builder yang memungkinkan para pelanggan dapat memperoleh secara mudah rekomendasi-rekomendasi produk khusus pada persyaratan-persyaratan kinerja dan kondisi-kondisi pengoperasian terhadap aplikasi.

Produsen ExxonMobil bekerjasama dengan bagian-bagian layanan dan para pemasok untuk menindak lanjuti kinerja dan daya tahan nyata dari equipment dan MobilTM—merupakan merek pelumas industri hasil pengembangan terhadap layanan.

Kemapanan gerak

Peningkatan para equipment builder  dan industri manufaktur menggambarkan komitmen tentang kemapanan di pasar dunia. Pihak produsen berkomit untuk menyediakan produk-produk dan layanan pelumas yang inovatif sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi yang seimbang, pengembangan masyarakat, dan perlindungan lingkungan dengan memerhatikan:

  • Perusahaan merekomendasikan pelumas dengan menentukan standar-standar yang paling tinggi agar berkinerja keamanan dan ramah lingkungan.
  • Perusahaan telah mengembangkan produk-produk tertentu untuk membantu menghemat energi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi limbah.

Produk SignumSM  merupakan sumber daya yang unggul dan berkinerja secara optimal, dan merupakan nyawa bisnis para pelanggan. Kenapa? Contohnya seorang yang merasa sakit berobat kepada seorang dokter yang memeriksa kesehatan dibantu oleh seorang perawat yang mengambil sampel  darah untuk mengetahui masalah kesehatan orang yang membutuhkan pengobatan itu. Darah yang diambil itu memberikan banyak informasi tentang kesehatan pasien. Informasi dari darah itu  menunjukkan persoalan yang potensial sesaat sebelum gangguan kesehatannya berkembang lebih jauh.

Dengan cara yang sama, pelumas merupakan nyawa peralatan operasional suatu industri.  Analisis atas perminyakan yang terpadu demikian penting untuk mendiagnosis kesehatan pekerjaan mesin atau alat industri. Contoh minyak yang dianalisis itu mengungkapkan informasi penting yang membantu untuk:

  • Meningkatkan produktivitas.
  • Mengurangi penurunan yang tidak terjadwal.
  • Meningkatkan daya tahan peralatan.
  • Mengurangi konsumsi pelumas.

Hasil atau nilai analisis minyak adalah baku. Ketika pengguna pelumas memilih suatu layanan yang baik maka hasil itu didapatkan dari proses teknologi yang paling mutakhir yang didapatkan selama bertahun-tahun agar dapat dipastikan keakuratanya dan merupakan data yang benar. Pengguna pelumas menginginkan program berdasarkan pengetahuan pakar yang diimplemenytasikan pada MobilTM pelanggan—baik produk-produk mau pun hasil temuan para ahli yang berpengetahuan mendalam tentang mesin atau alat manufaktur.

Signum memberikan perlindungan dan akan mudah untuk mengetahui sebabnya. TIdak ada cara yang bisa menawarkan pengetahuan yang mendalam tentang produk-produk bermerek Mobil kepada para pelanggan. Produsen peumas ini juga mengumpulkan semua  pengetahuan tentang aplikasi dan peralatan melalui kerja sama yang dekat dengan para Produsen Peralatan Orisinil (Original Equipment Manufacturers–OEM).

Dengan menggambarkan produk yang banyak pilihan serta pakar peralatan ini, produsen pelumas bisa memberikan hasil analisis dan penjelasan rinci, yang merupakan rekomendasi yang aktual. Dari proses analisis minyak akan dapat menghemat biaya, meningkatkan produktivitas dan membuat pikiran menjadi tenang.

Analisis yang mutakhir

Shankar menjanjikan bantuan agar alat produksi lebih lama, lebih produktif, dan membantu perusahaan-perusahaan untuk lebih menyadari kepedulian lingkungan. Dengan mengambil sebuah tindakan proaktif, pendekatan yang prediktif untuk perawatan dengan menggunakan SignumSM Oil Analysis, pelanggam dapat mencegah pemborosan biaya produksi dan kegagalan-kegagalan peralatan, dan melindungi para pekerja dari bahaya lingkungan hidup yang tercemar. Oleh karena para teknisi di lapangan bekerja secara langsung dengan para penasihat teknis produk untuk memastikan keakuratan data dan rekomendasi.

Baca juga :   Alam Sebagai Pabrik Kimia Tanpa Mesin?

Dengan dukungan yang penuh dan kedisiplinan secara teknis dari tim formulator, peneliti, dan para insinyur ExxonMobil, program Signum menggunakan logika interpretasi yang paling canggih dan kumpulan data batas-batas analisis yang paling sering digunakan sehingga menjadikannya sebagai sebuah spektrum analisis yang pasti di dalam meyakinkan keakuratannya.

Dengan menerapkan batas-batas tren dan algoritma perbandingan yang rumit, para teknisi Signum dapat memperbaiki pembiasan dari suatu kewajaran, dengan memberikan wawasan yang lebih memadai.

Sumber daya yang unggulan ini juga memberikan suatu kombinasi makna yang teknis dan mendalam, serta merupakan analisis tepat. Berdasarkan pada hasil-hasil analisis, rekomendasi-rekomendasi dan panduan-panduan tindakan Signum membantu perusahaan untuk meningkatkan:

  •  Keamanan melalui penambahan interval pengeringan minyak dan pengurangan penurunan perlengkapan, sehingga mengurangi kebutuhan interaksi antara orang dan peralatan.
  •  Kepedulian lingkungan dengan mengurangi limbah minyak berdasarkan interval pengeringan yang panjang.
  •  Produktivitas melalui peningkatan perencanaan perawatan yang bisa membantu menghindari penurunan peralatan yang tidak terduga

Apa itu SignumSM Oil Analysis

Sejak diperkenalkan pada tahun 2003, Signum telah membangun suatu reputasi kelas dunia bagi produktivitas yang lebih tinggi sepanjang waktu, yang menjadikannya sebagai analisis minyak terpadu yang akurat. Program tersebut dirancang untuk memonitor indikator-indikator penting berdasarkan pada standar-standar internasional dan spesifikasi-spesifikasi dari para produsen peralatan terkemuka.

Peserta program Signum Oil Analysis akan mendapatkan:

Fleksibilitas

  • Untuk mengatur dan memperbaharui registrasi peralatan secara online
  • Untuk memilih analisis khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Untuk menciptakan dan menata alur-alur contoh yang unik

Kepakaran

  • Untuk menggunakan batas-batas kendali pengujian kelayakan yang dibuat bagi peralatan.
  • Untuk mengenali masalah-masalah, menemukan penyebabnya, dan merekomendasikan tindakan solusi.

Jaminan kualitas

  • Menggunakan tindakan-tindakan dan metode-metode yang diaudit secara teratur.
  • Memberikan analisis yang akurat secara konsisten.

Program-program analisis minyak kelihatannya hampir sama semuanya, tetapi bila dilihat lebih dekat akan tampak perbedaan-perbedaan yang jelas. Signum secara sederhana memberikan informasi yang mendasar. Sebagai contoh, banyak program yang menawarkan hanya satutes yang diakui untuk contoh-contoh hasil meskipun belum pengujian itu sesuai dengan aplikasi pelanggan. Signum menawarkan 12 pengujian aplikasi spesifik yang diakui untuk memastikan bahwa masing-masing contoh hasil sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan spesifik industri.

Rekomendasi terperinci

Berdasarkan hasil analisis minyak yang digunakan,  jelas Osman,  para tehnisi Signum merekomendasi tindakan terarah dan spesifik. Laporan-laporan para tehnisi secara online meliputi:

  • Evaluasi analisis untuk membantu mengatur langkah-langkah dan tindakan pengguna pelumas.
  • Grafik-grafik tren untuk menggambarkan tolak ukur kinerja.
  • Data contoh dengan informasi yang menyertakan panduan interpretasi.
  • Data pelumas yang menyatakan kandungan-kandungan cairan fisika dan kimia.
  • Analisis logam untuk mengenali tingkat-tingkat penggunaan, pencemaran, dan bahan tambahan.

ExxonMobil Fuels & Lubricants sebuah divisi Exxon Mobil Corporation mengembangkan lini produk pelumas industrial yang memiliki klaim energi efisiensi melalui produk unggulan yang  antara lain:

  • Seri Mobil SHC 600: generasi terbaru pelumas sirkulasi sintetik berkinerja tinggi yang direkomendasikan untuk penggunaan pada  1.800 aplikasi dan ideal untuk digunakan pada aplikasi industri yang beragam.
  • Seri Mobil SHC Gear: rangkaian pelumas gear sintetik dengan kinerja optimal untuk industri yang telah dikualifikasi oleh pembuat peralatan orisinal (original equipment manufacturers – OEM).
  • Mobil SHC Cibus Series: pelumas sintetik kinerja tinggi, energi lebih efisien, dan perusahaan penguna dapat  mengembangkan faktor keselamatan produk dan kinerja operasional.
  • Mobil DTE 10 Excel: pelumas hidrolik dengan fitur anti aus yang memiliki kinerja optimal dan memenuhi kebutuhan sistem hidrolik industri mau pun sistem hidrolik bergerak yang modern dan bertekanan tinggi.

Shankar Karnik menmbahkan, fitur teknologi terbaru Mobil SHC dilengkapi dengan minyak dasar sintetik dan sistem aditif sehingga seri Mobil SHC 600 dapat memberikan umur pelumasan sampai dengan enam kali lebih panjang dibanding pelumas mineral gear dan bearing lainnya.

Dengan menggunakan seri Mobil SHC 600, para profesional di bidang perawatan mesin dapat mengurangi limbah, meminimalisir biaya pembuangan pelumas, dan memperpanjang jadwal produksi. Seri Mobil SHC 600 juga memberikan keuntungan yang signifikan, di antaranya:

  • Tingkat keenceran luar biasa pada suhu rendah yang dapat mempermudah start-up dan operasional pada suhu rendah; dan
  • Resistensi maksimal terhadap karat dan korosi untuk perlindungan peralatan.

Industri yang telah menggunakan ExxonMobil di Indonesia meliputi sektor manufaktur, otomotif, tambang, minyak dan gas, pengolahan makanan, dan sebagainya. Toriq menolak menjelaskan volue penjualan pelumas ExxonMobil sejak di bawah manajemen Osman Durrani.

Sementara itu, pengurus Organisasi PERDIPPI (Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia) bertekad agar pelumas yang dipasarkan di Indonesia harus ramah lingkungan. PengurusPERDIPPI memerjuangkan agar industri pelumas termasuk salah satu sektor industri yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Kapan anggota PERDIPPI dapat merealisasikan penggunaan pelumas dari bahan biopelumas dari pohon jarak yang mudah tumbuh di sembarang area—termasuk di pekarangan rumah?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof.Dr. Edward Suhardomo ahli peneliti ahli utama bidang kimia industri Lemigas, potensi bahan baku untuk biopelumas demikian besar di Indonesia. Jika produsen pelumas mampu menciptakan deversikasi penggunaan bahan baku—dari fosil ke bahan baku lainnya seperti jarak—maka lingkungan industri akan semakin green.

Menggumuli Bisnis Pelumas

Osman Durrani dan Shankar Karnik sukses menggumuli bisnis pelumas sehingga manajemen ExxonMobil Coorporation Inc. yang bermarkas di Amerika Serikat memercayakan kedua pria ini menjabat posisi strategis.

Osman Durrani Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia

[caption id="attachment_4031" align="aligncenter" width="660"](Kiri-kanan) Andhina Sofiarman (field marketing advisor ExxonMobil), Osman Durrani (Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia,  Shankar Karnik (Asia Pacific Mobil SHC Brand Manager & Energy Advisor ExxonMobil Lubricants Private Limited), dan  M. Thoriq Husein (Konsultan ExxonMobil Lubricants Indonesia.(Foto: Dwin Gideon) (Kiri-kanan) Andhina Sofiarman (field marketing advisor ExxonMobil), Osman Durrani (Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Shankar Karnik (Asia Pacific Mobil SHC Brand Manager & Energy Advisor ExxonMobil Lubricants Private Limited), dan M. Thoriq Husein (Konsultan ExxonMobil Lubricants Indonesia.(Foto: Dwin Gideon)[/caption]

Osman Durrani menempati jabatannya di Jakarta sebagai Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia sejak April 2013. Ia bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memperluas jaringan distribusi, memperkuat produk ExxonMobil.

Osman memulai kariernya di ExxonMobil Pakistan tahun1997 sebagai finance manager dan menjabat berbagai posisi pada divisi Lubricants dan fungsi pendukung lainnya sebelum ditunjuk sebagai country manager di Pakistan pada tahun1995. Ia pernah memimpin divestasi Mobil pada saat joint venture. Pada April 2009, ia ditunjuk sebagai business manager untuk distributor served markets.

Osman menerima gelar BA ilmu ekonomi pada tahun 1989, dan meraih gelar chartered accoutancy di Pakistan tahun1995 dan gelar MBA bisnis internasional dari Southern Queensland University. Osman dan istrinya Huma dikarunia tiga anak laki-laki.

Shankar Karnik, Asia Pacific Mobil SHC Brand Manager & Energy Advisor ExxonMobil Lubricants Private Limited

Shankar menjabat Asia Pacific Mobil SHC Brand Manager & Energy Advisor untuk bisnis ExxonMobil Fuels & Lubricants di Gurgaon, India. Ia bergabung bersama Indo Mobil Private Limited, usaha patungan Mobil Oil Corporation (India) sebagai territory manager pada tahun 1998.

Setelah penggabungan itu, Shankar diangkat sebagai business development Manager – Power untuk mengembangkan bisnis pelumas industri sektor pembangkit listrik di India. Pada 2006, ia dipercaya sebagai regional manager yang memimpin bisnis di wilayah Selatan dan Barat India. Pada 2007, ia peluang bisnis di wilayah Utara dan Barat India. Setelah sukses, ia bekerja selama satu tahun pada proyek khusus sebelum diangkat menjadi Asia Pacific Industrial Marketing Advisor untuk sektor energi, yang kemudian dipercaya sebagai Asia Pacific Mobil SHC Brand Advisor.

Lulusan National Institute of Technolgy, Calcuta—bergelar Bachelor of Technology untuk Production Engineering dan Management. Shankar dan Naina yang memberinya satu anak berdomisili di Gurgaon, Haryana, India.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda