Kamis , 18 September 2014
Facts Ticker
Better promote your products & services in BAHASA
Our ONLINE EXPO promotes you the WHOLE YEAR
McKinsey report: Indonesia today, 16th-largest economy in the world
PT MEDIA MANUFAKTUR INDONESIA (owner of mmINDUSTRI.co.id) does not have any local/foreign affiliations or any representatives except those within the procedure.
You are here: Home » Industrialisasi » Green Business » Limbah Tekstil jadi Produk Ekonomis dan Ramah Lingkungan

INOVASI SUPERBTEX

Limbah Tekstil jadi Produk Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Perusahaan tekstil nonwoven yang komandanani Thomas Tjandrasendjaja dan Yogi —setiap hari mengolah lebih 20 ton limbah padat menjadi bahan baku utama produk ekonomis. Berkat kreativitas dan teknologi inovasi, tercipta green business , penyerapan tenaga kerja, dan pajak daerah. Kapan pemerintah melirik upaya manajemen PT Superbtex. Gunakanlah thermobonded pad yang aman terhadap lingkungan dan mengurangi pemanasan global.

Lebih dari 20 ton limbah padat yang berasal dari 30 perusahaan tekstil di Bandung, Jawa Barat, ditampung oleh PT SUPERBTEX setiap hari. Limbah padat itu kemudian disortir—menurut jenis bahan baku—kemudian diolah menjadi bahan baku utama yang bernilai ekonomis. Foto: Rayendra L. Toruan)

Pemilik dan manajemen 30 perusahaan tekstil tidak perlu pusing memikirkan cara dan tempat pembuangan limbah padat di sekitar Bandung. Limbah-limbah padat itu kemudian diolah dan menghasilkan uang tambahan dari perusahaan penampung yakni PT Superbtex. Melihat peluang rupiah yang dihasilkan limbah padat itu, preman-preman mendatangi perusahaan tekstil agar limbah diberikan kepada mereka yang kemudian menjual kepada perusahaan seperti PT Superbtex.

“Harga limbah padat tekstil jadi lebih mahal jika beli dari preman,” ujar Thomas Tjandrasendjaja ketika ditemui di lokasi pabrik seluas 9000 m 2 di daerah Raya Banjaran di luar kota Bandung yang didampingi oleh anak buahnya Indra Purba , serta Bambang Harijanto dan Totok Teguh Sofianto keduanya dari PT TEXCOMS perusahaan penjual mesin-mesin tekstil—termasuk used machine . “Mestinya pemerintah punya good will untuk mengatur preman-preman itu,” imbau Thomas sambil memperlihatkan beberapa produk yang telah memiliki nilai ekonomi.

Produk-produk ekonomis

Jumlah pabrik tekstil dan garmen di sekitar Bandung mencapai 100 perusahaan. Selain menghasilkan limbah padat, perusahaan tekstil juga menghasilkan limbah cair, dan gas yang seharusnya diolah jika kita menghendaki lingkungan—seperti sungai, pemukiman warga, area-area kosong, udara, dan pinggiran kota/desa—bersih dan nyaman tanpa terkontaminasi limbah beracun.

Limbah—utamanya jenis padat—tidak seharusnya dibuang asalkan kita kreatif, inovatif untuk mengubahnya menjadi sesuatu produk yang bermanfaat—sekaligus menciptakan nilai ekonomi. Manajemen  PT SUPERBTEX mampu mengolah limbah padat dari pabrik-pabrik tekstil menjadi bahan utama yang digunakan sebagai isi bantal, kasur, jok sepeda motor dan roda empat, isi boneka—pengganti  dakron), sarung, penghapus billboard, dan aneka produk yang ekonmomis.  Mesin-mesin buatan Prancis dan Swis—penyortir dan pemotong—bekerja optimal dan kemudian membentuk suatu bahan baku sesuai jenis limbah dan produk yang diinginkan. Lihat Daftar nama mesin produksi dan fungsinya seperti berikut:

Daftar nama mesin dan fungsi masing-masing dengan kapasitas produksi 24.000 per hari

TEARING LINE

Nama mesin

Merk

Negara asal

Fungsi

STARCUT LAROCHE Prancis Memotong majun
SILO/BLENDING BOX LAROCHE Prancis Menampung dan mencampur majun hasil potongan dari starcut
JUMBO LAROCHE Prancis Mencabik dan menyisir majun hingga menjadi fiber ( shoddy )
BALEPRESS KAVURLAR Turki Menekan dan mem- package shoddy dalam bentuk bale
Sumber: PT SUPERBTEX

Sistem produksi ( flow chart line production )

Tearing line : Tearing line merupakan suatu line produksi yang bertujuan untuk membuat dan menghasilkan produk akhir berupa shoddy . Bahan baku utama dalam  pembuatan shoddy adalah majun (kain sisa produksi pakaian), yang terlebih dahulu disortir serta dipisahkan menurut jenisnya dan membersihkan majun itu sendiri dari sampah dan bahan lainnya yang tidak diperlukan untuk proses selanjutnya.

Mesin-mesin pada line produksi tearing antara lain:

  1. Starcut merupakan mesin yang berfungsi untuk memindahkan majun yang telah disortir menuju suatu box (kotak) yang terlebih dahulu melewati metal detector , yang fungsinya mencegah masuknya metal atau logam kedalam blending box. Mesin starcut terdiri dari dua yaitu starcut 1 dan starcut 2.
  2. Blending box (silo) merupakan mesin yang berfungsi untuk menampung majun yang telah meewati mesin starcut 1 , metal detector , dan starcut 2 . Selain itu blending box berfungsi untuk mencampurkan majun-majun untuk kemudian siap diproses ke tahap selajutnya yaitu pemrosesan melalui mesin jumbo.
  3. Jumbo merupakan mesin yang berfungsi untuk menyisir serta mencabik majun yang tersimpan dan tercampur dalam blending box sehingga menjadi serat atau kapas ( shoddy ). Dalam mesin jumbo terdapat 5 silinder yang berfungsi untuk menyisir serta mencabik majun.

    Mesin pemotong bahan (Foto: Rayendra L. Toruan)

    Daftar mesin untuk tekstil nonwoven dengan kapasitas produksi mesin 16.000 kg per hari

    NONWOVEN LINE

    Nama mesin

    Merk

    Negara asal

    Fungsi

    WEIGHING LAROCHE Prancis Penimbang berbagai bahan baku yang digunakan sesuai komposisi pembuatan produk
    HORIZONTAL OPENER LAROCHE Prancis Melakukan pembukaan serat dan proses pencampuran serat yang berbeda
    SPRAY LAROCHE Prancis Memberikan penambahan perlakuan ( treatment ) untuk serat/material yang akan diproses, misalnya penambahan air, anti static, anti api, anti air dan zat silicon
    EXEL LAROCHE Prancis Pencampuran serat yang berbeda, serta melanjutkan serat agar lebih terurai
    METAL DETECTOR LAROCHE Prancis Mendeteksi adanya logam dan memisahkannya agar logam tersebut tidak ikut masuk ke proses selanjutnya
    AIRLAY HOPPER LAROCHE Prancis Menampung dan mencampur bahan campuran yang akan diproses melalui air lay untuk selanjutnya disuapkan ke mesin airlay
    AIRLAY LAROCHE Prancis Untuk membentuk lapisan material dengan cara penyemburan udara sesuai dengan berat yang diinginkan
    OVEN STRAHM Swiss Merekatkan lapisan bahan dengan cara dipanaskan dan mengatur ketinggian produk akhir
    LONGITUDINAL CUTTER STRAHM Swiss Memotong produk kearah vertical
    CROSS CUTTER STRAHM Swiss Memotong produk ke arah horizontal
    WINDER STRAHM Swiss Menggulung produk dalam bentuk rol
    Sumber: PT Superbtex

    Mesin buatan Prancis (Foto: Rayendra L. Toruan)

  4. Bale press merupakan mesin yang berfungsi untuk menekan dan  membungkus hasil shoddy dari mesin jumbo dengan bahan tambahan yaitu karung dan kawat.

Mesin-mesin pada nonwoven line antara lain:

  1. Weighing merupakan mesin yang berfungsi sebagai penimbang berbagai bahan baku yang digunakan sesuai komposisi pembuatan produk.
  2. Horizontal opener merupakan mesin yang fungsinya melakukan pembukaan serat dan proses pencampuran serat yang berbeda.
  3. Spraying merupakan mesin yang berfungsi untuk  memberikan penambahan perlakuan ( treatment ) untuk serat/ material yang akan diproses.
  4. Misalnya penambahan air, anti static, anti api, anti air dan zat silicon.
  5. Exel merupakan mesin yang berfungsi untuk proses pencampuran serat yang berbeda, serta melanjutkan serat agar lebih terurai.
  6. Metal detector merupakan mesin yang berfungsi untuk mendeteksi logam dan memisahkannya dari proses selanjutnya.
  7. Air lay hopper merupakan mesin untuk menampung dan mencampur bahan campuran yang akan diproses melalui air lay untuk selanjutnya disuapkan ke mesin air lay.

    Limbah padat tekstil yang sudah diolah menjadi bahan baku untuk produk ekonomis (Foto: Rayendra L. Toruan)

  8. Air lay merupakan mesin yang berfungsi untuk membentuk lapisan material dengan cara penyemburan udara sesuai dengan berat yang diinginkan.
  9. Oven merupakan mesin yang berfungsi untuk merekatkan lapissan bahan dengan cara dipanaskan dan mengatur hasil ketinggian padding .
  10. Longitudinal cutter berfungsi untuk memotong produk ke arah vertikal.
  11. Cross cutter berfungsi untuk memotong produk ke arah horizontal.
  12. Winder merupakan mesin yang fungsinya menggulung produk dalam bentuk rol.

Perbandingan penggunaan padding nonwoven dengan foam dilihat dari segi lingkungan

Nowoven padding : Bahan yang digunakan adalah PET recycle fiber (berasal dari daur ulang botol kemasan air mineral), shoddy fiber (berasal dari daur ulang limbah kain garmen), coconut fiber (berasal dari sabut kelapa), dengan bahan pengikat menggunakan Polyester low melting fiber . Bahan-bahan tersebut adalah hasil daur ulang yang ramah lingkungan karena bahan-bahan tersebut tidak beracun dan tidak berbau lagi. Dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang seperti ini, maka kita turut serta mengurangi limbah, mengurangi emisi karbon dari pembakaran limbah garmen atau botol kemasan air mineral yang akan mengurangi efek pemanasan global.

Setelah limbah padt tekstil diolah menjadi bahan baku yang kemudian dijadikan sebagai produk-produk yang ekonomis (Foto: Rayendra L. Toruan)

Foam : Bahan yang digunakan adalah campuran bahan-bahan kimia beracun yaitu POLYOL, AIR, KATALIS, BAHAN KIMIA SPESIAL contoh anti api, anti yellow, anti bakteri, dan ISOSIANAT untuk menghasilkan busa yang dimungkinkan dengan penggunaan blowing agent yaitu gas Chloro Flouro Carbon (CFC/Freon). Blowing agent inilah yang seperti kita ketahui sangat berdampak buruk terhadap kerusakan lingkungan. Chloro Fluoro Carbon (CFC) sebagai bahan peniup pada saat proses produksi. Foam merupakan gas yang tidak beracun dan mudah terbakar serta sangat stabil. Begitu stabilnya gas ini sehingga baru akan terurai setelah 65-130 tahun kemudian. Gas ini akan melayang ke udara mencapai lapisan ozon di atmozfer dan akan terjadi reaksi serta akan menjebol lapisan pelindung bumi serta menimbulkan efek rumah kaca.

Jika dibandingkan dari sisi ekonomi, produk-produk yang menggunakan foam akan jauh lebih murah daripada produk-produk nonwoven khususnya thermobonded pad yang diproduksi oleh PT Superbtex. Apalah artinya harga tersebut jika kita dapat menjadikan lingkungan kita bebas polusi dan limbah serta membuat hidup lebih sehat dengan menggunakan produk-produk thermobonded pad yang ramah lingkungan.

Produk benang dari limbah padat tekstil yang diolah menjadi sarug, penghapus papan tulis. Penghapus (dengan merek Mr. Klim) papan tulis ini lebih mudah menyerap tinta sehingga cocok digunakan di kantor instansi pemerintah, pendidikan, perusahaan dan sebagainya (Foto: Rayendra L. Toruan)

Membuat benang shoddy recycle fiber

Bahan shoddy fiber dicampur dengan virgin polyester fiber dimasukan ke mesin blowing untuk dibuka serat-seratnya yang telah dipress. Kemudian dibentuk menjadi lap dengan menggunakan schucher . Shoddy fiber yang sudah menjadi lap dimasukan ke mesin carding , dan mesin ini akan menyisir fiber tersebut hingga menjadi lurus dan rata dan menjadi sliver. Sliver tersebut kemudian diratakan kembali pada mesin drawing . Setelah mendapatkan sliver yang lurus dan rata, kemudian sliver tersebut dimasukan ke mesin open end yang akan melakukan proses pemilinan ( draft ) dan pemuntiran ( spin ) terhadap sliver hinggan berubah bentuk menjadi benang sesuai dengan yang kita inginkan.

Mr. Klin adalah salah satu produk thermobonded pad PT Superbtex yang berbahan dasar shoddy fiber. Kelebihan Mr.Klin: a. Produk yang ramah lingkungan karena berasal dari bahan daur ulang ( shoddy fiber ); dan b.Tidak menimbulkan goresan pada permukaan papan tulis, karena Mr. Klin menggunakan bahan yang halus yang tidak menggunakan pegangan dari kayu atau dari plastik.

Incoming search terms:

30 comments

  1. perlu di dukung oleh pemerintah secepatnya

  2. Tertarik dengan beritanya,sy marketing untk limbah B3.K ami mengumpulkan limbah sesuai aturan AMDAL dan ijin KLH.Limbah B3 memang harus dikelola dengan benar supaya tdk mencemarkan lingkungan.

  3. saya mahasiswa yang berminat mengunjungi pabrik bapak untuk kepentingan tugas kuliah mengenai pengolahan sampah. Apakah diperbolehkan untuk pengambilan gambar? alamat lengkapnya dimana ya?

  4. semakin ingin praktik tugas akhir di superbtex :)
    kegiatan seperti diatas sangat inspiratif, wajib ditiru oleh perusahaan lainnya (terutama textile industry)

  5. wah… sangat menginspirasi. semoga kedepan semakin banyak ahli tekstil yang dapat mengembangkan pengolahan limbah. sehingga industri tekstil tidak lagi lekat dengan image industri penghasil limbah.

  6. bisakah kami pengelola limbah textile di bekasi di ikut sertakan bergabung???? 082122339511

    • saya membeli kain potongan tipisan seperti asahi,tc,kain sepray, katun..asal putih polos/grey.untuk panjang 20-90centian saya beli 3000/kg.untuk panjang 1meteran-up saya beli 9000/kg..NEGO.kontinyu sebulan mencapai 1ton..menibgkat, hub bambang 081282677941…saya mendatangi anda. tq

  7. bekasi cikarang banyak sekali pengolahan limbah textill.
    bsa hub sy di 082122339511 atw pin bb:28f63db6,,,,kebetulan limbah yg sedang sy kontrak kebanyakan sampah textil,majun,dan berbagai macam spon-spon busa peredam sisa industri otomotif dan berbagai macam jenis lem (merek dagang jepang). bisa kiranya sy diberikan kesempatan untuk bergabung dlm usaha yg bapa /ibu pimpin. wasalam

  8. saya berharap bisa ikut gabung di PT Superbtex..salam sejahtera saya selalu punya stock majun kain damatex di salatiga jawa tengah.apakah PT Superbtex masih tertarik majun kain dari luar Bandung ?
    kalau ya kami siap di hubungi .terima kasih.

    • maaf ada no tlp yg bsa saya hbngi..trmksh

    • bambang teguh raharjo

      kank…ada sisa garmen asahi,TC,Toyochin,kain katun…minimal 50cm…warna putih polos.mohon hub..081282677941…ttd bambang konveksi….

    • saya membeli kain potongan tipisan seperti asahi,tc,kain sepray, katun..asal putih polos/grey.untuk panjang 20-90centian saya beli 3000/kg.untuk panjang 1meteran-up saya beli 9000/kg..NEGO.kontinyu sebulan mencapai 1ton..menibgkat, hub bambang 081282677941…saya mendatangi anda. tq

  9. Saya bekerja di pabrik garmen & bag di karawang, kami memiliki limbah garmen (cotton & polyester) bisakah kami bergabung untuk mensuplai limbah ke PT. SUPERBTEX. adakah no. yang bisa saya hubungi? atau menghubungi saya di 085216587766 / febri.nugros11@gmail.com

    • Pak Bambang, terima kasih atas tanggapan. Sabar ya pak kami akan menghubungkan Pak Bambang nanti dengan perusahaan yang kami wawancarai. Kebetulan, media kita http://www.mmindustri.co.id ikut 4 pameran November dan Desember 2013, menyita waktu sedikit. Mohon sebarkan ke teman-teman pelaku industri tekstil, nanti kita akan bentuk semacam forum/komunitas yang akan dikelola oleh redaksi mmINDUSTRI. Salam

  10. saya bambang konveksi seragam dan pengepul majun dari pekalongan…perca kain kattun batik trima harga berapa pak? sistem kontrak kuota dan harga atau bagaimana pak? pembayaran cash apa giro?…081282677941…mohon infonya via email….tq

  11. saya sangat mendukung program pemerintah,tentang penanganan limbah yang bisa mencemari lingkungan tempat kita tinggal.apalagi limbah B3,DAN SAYA SANGAT BANGGA KEPADA BAPAK THOMAS,yang bisa daur ulang sampah menjadi barng yang bermanpaat bagi kehidupan kita semu.bisa menciptakan lapangan kerja yang baru buat masyarakat sekitar tempat bapak punya usaha.tapi mohon maaf ada kata dari bapak thomas yang kurang pas,yaitu:beli limbah dari preman bisa lebih mahal,kalo menurut saya tidak.kami pemegang DO sampah dari pabrik tektil atau garment , bukan lah preman.tapi kami pemegang amanah dari program pemerintah,adanya otonomi daerah sehingga menggerakkan para karang taruna untuk aktip dan produktif.

  12. Sy trtarik dan ingin brgabung dg perusahaan yg bpk pimpim tuk pengelolaan limbahnya,kebtulan sy dpt limbah pabrik textil,berupa bhn kain putihan ;saten, asahi,tuk didaur ulang,bolehkah sy memnta no tlp, bs hub sy di : 081297333540. Trima ksh.

  13. Ibu Leni Isroqini, terima kasih atas email ibu. Apa jenis limbah kain yang ibu butuhkan? Berapa ton tiap minggu/bulan? Jawaban ibu perlu bagi kami untuk meneruskannya ke pihak pabrik. Salam

  14. saya punya limba kain twil dan spandek.apakah bsa saya bergabung dg perusahaan yag bpk/ibu pimpin saya bisa men suply 5 ton per hari.klo bsa ada no yang bsa saya hubungin g pak?atau bsa hubungin saya.085714039298 tank`s

    • Mas Aryeza,

      terima kasih atas tanggapan Anda. Sabar, kami akan hubungkan Anda nanti dengan perusahaan pengolah limbah tekstil. Namun, media kita mmINDUSTRI masih ada gawe nih di Kamyoran pada 4-7 Desember 2013, Manufacturing Indonesia expo. Mampir dan ajak teman-teman ya di booth mmINDUSTRI/MEDIA MANUFAKTUR INDONESIA F-2112. Salam redaksi

  15. Jika di antara pembaca punya usaha dan limbah yang kemudian diiolah menjadi produk ekonomis, kami siap menuliskannya untuk kita muat di media ini. Silakan layangkan email Anda ke: editorial@mmindustri.co.id

  16. kami mempunyai limbah kain industri garment yang siap diolah hubungi kami by email : sejatimanunggallestari@gmail.com

    • Terima kasih tanggapannya mas. Apa bisa dijelaskan secara rinci lokasi pabrik, jenis limbah, dan volume rata-rata per bulan. Saya akan teruskan kepada pihak terkait. Silakan daftarkan email mas di NewsLetter untuk mendapatkan up date info terbaru mmINDUSTRI. salam redaksi

    • Dear Bu Ririn, terima kasih atas email dan kunjungan ke online media kita, http://www.mmindustri.co.id.Pesan ibu sudah saya teruskan ke perusahaan pengolah limbah.
      Ikuti dan sebarluarkan online media kita ya dengan menambahkan/menuliskan alamat email pada News Letter di web kita agar mendapatkan info-info terbaru secara gratis. Salam, redaksi

  17. No : 185/SP_WS/JPP/VIII/11
    Hal : Surat Perkenalan dan Penawaran Produk
    Lamp :

    Kepada Yth,
    Relasi
    Di tempat

    Up : Bapak/Ibu pimpinan perusahaan

    Salam Hangat,
    Kami PT WONG SEMAR adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Pelayanan dan Perdagangan yang akan membantu perusahaan Bapak/Ibu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan oprasional harian maupun kebutuhan yang lain untuk menunjang tercapainya hasil yang diinginkan dan tentunya lebih efesien, efektif, serta low cost.
    Divisi Produk-Produk Kami meliputi :

    WONG SEMAR JASA PELAYANAN DAN PERDAGANGAN
    “PROMOTION OF A PRODUCT”

    - Menerima Kerja Sama :
    1. Promosi & Pemasaran Produk Barang dan Jasa

    WONG SEMAR TOKO PRANATA
    “DISTRIBUTOR DAN PRODUKSI”

    - Produksi :
    1. Kain Lap Majun Berbagai Jenis + Bahan
    2. Masker Kain Berbagai Jenis + Bahan
    3. Keset Berbagai Jenis + Bahan
    - Distributor :
    1. Sarung Tangan Berbagai Jenis
    2. Masker Hijau
    3. Tali Rafiah
    4. Tali Tampar
    5. Terpal
    6. Isolasi
    7. Kebutuhan Menjahit

    WONG SEMAR TOKO CIK NI
    “SUPPLIER”

    - Menyediakan :
    1. Alat-alat listrik
    2. Alat Tulis
    3. Bahan Sembakau
    4. Kebutuhan Rumah Tangga

    WONG SEMAR CATHERAN
    “JASA DELIVERY DAN RENTAL”

    - Untuk Keperluan :
    1. Pengiriman Barang
    2. Pindahan
    3. Antar Jemput
    4. Pulang Kampung
    5. Rekreasi
    6. Dan Kebutuhan Transportasi Lainnya

    Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dan menjadi rekanan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang sudah Bapak/Ibu berikan. Demikian surat perkenalan dan penawaran produk ini kami sampaikan, sekian dan terima kasih.

    Salam Sejaterah,
    PT WONG SEMAR

    IBU RIRIN
    Jl.Raya Babatan UNESA GG VI / No. 16 Kel.Babatan Kec.Wiyung, Surabaya 60227
    031 – 28811585 , 031 – 71990965 , Fax 031 – 7520205
    Email : semarwong@gmail.com , pt.wongsemar1@gmail.com
    Blog : wongsemar.blogspot.com , tokopranata.blogspot.com
    LinkedIn : PT WONG SEMAR – INDONESIA

  18. assallammungalaiku. ana dari cirebon kami butu spandek jersiy motif polaan dan palaan trimakasih

  19. sy punya majun lingking 3-5ton / 2minggu 65% polyester .081809029333

    • Bung Ikhsan,

      terima kasih atas email bung. Info yang bung tulis sudah saya online-kan di mmindustri.co.id …smeoga para pelaku industri bisa memberikan masukan. Kami sedang memikirkan suatu konsep agar para pelaku industri yang mempunyai limbah bisa saling berkomunikasi. Salam, Redaksi mmINDUSTRI

Komentar Anda

Scroll To Top